Sunday, September 28, 2014

Luasnya Bandara klia2 Kuala Lumpur

Dreamland Traveller Moment


Luasnya Bandara klia2 Kuala Lumpur
            Kalau ada bandara yang sanggup membuat kita kita gempor karena saking jauh dan luasnya, bisa jadi bandara klia2 di Kuala Lumpur salah satunya. Sebagai bandara baru yang menggantikan markas AirAsia di LCCT, bandara klia2 memang mempunyai fasilitas dan bangunan yang jauh lebih megah dibandingkan dengan LCCT. Berbagai restoran, produk branded, dan toko lainnya ikut meramaikan suasana bandara klia2 yang baru saja dioperasikan bulan Mei 2014 lalu.
            Begitu Dreamland mendarat di Kuala Lumpur setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 2 jam, Dreamland sangat terpukau melihat kemegahan bandara klia2 ini. Kita tidak lagi berjalan kaki untuk mencapai bangunan terminal bandara, tetapi menggunakan garbatara. Selain itu, ada juga water fountain yang bisa kita gunakan untuk minum secara gratis. Sayangnya, jarak antara tempat parkir pesawat dengan terminal kedatangan itu jauhnya bukan main. 
            Dreamland harus berjalan kurang lebih 15 menit sebelum akhirnya bisa mencapai konter imigrasi. Itu pun harus melewati lorong yang sangat panjang dan naik turun eskalator. Berbeda dengan LCCT yang jauh lebih praktis karena langsung terhubung dengan imigrasi begitu memasuki terminal bandara. Sesampainya di imigrasi, tentu kaki Dreamland jadi sangat pegal karena jaraknya yang jauh.
            Begitu keluar imigrasi, Dreamland langsung disambut dengan konter duty free dan tempat baggage claim yang modern. Tak lupa ada pemeriksaan bagasi terlebih dahulu, sebelum akhirnya keluar menuju mal gateway@klia2. Mal bandara yang terbilang baru ini boleh dikatakan tidak pernah sepi oleh pengunjung. Penumpang yang menunggu keberangkatan tak jarang menghabiskan waktunya dengan menikmati kuliner atau duduk santai di mal. Pokoknya bandara klia2 ini super komplit dan modern.
            Saking luas dan besarnya bandara klia2, kita pun harus punya manajemen waktu yang baik karena risiko ketinggalan pesawat pun semakin besar. Jika kita datang mepet, kita harus berlari dari mal gateway@klia2 menuju konter keberangkatan. Setelah itu, kita harus menuju konter verifikasi dokumen, baru kita bisa melewati imigrasi dan pemeriksaan bagasi kabin tahap 1. 
            Nah perjalanan menuju pintu keberangkatan pesawat inilah yang memakan waktu hingga 10 menit karena kita harus berjalan 800 m menuju ruang satelit. Setelah itu, kita harus belok ke kiri atau kanan tergantung di mana letak pintu keberangkatan pesawat kita. Kita pun masih harus berjalan dan melewati pemeriksaan bagasi kabin tahap ke-2 sebelum akhirnya mencari ruangan yang dituju. Pokoknya semua proses ini bisa memakan waktu 1 – 1,5 jam kalau kondisi bandara ramai.




           Jangan sampai karena tergoda lihat toko belanja dan oleh-oleh, kita malah terlena dan lupa jam keberangkatan. Apalagi bandara klia2 sangat sibuk karena penerbangan AirAsia yang padat dan jam keberangkatan antar destinasi saling berdekatan waktunya satu sama lain. Satu hal yang pasti, meskipun bandara klia2 jauh lebih bagus, mewah, dan megah, tapi Dreamland merindukan LCCT yang simpel dan cepat dalam proses imigrasi dan segala sesuatunya agar tidak menghabiskan banyak waktu liburan berharga di bandara.

~ oOo ~

2 comments:

  1. bermanfaat sekali nih utk perjalananku bulan okt ini, makasih ya postingannya

    ReplyDelete
  2. @bu tik : Sama-sama. Semoga membantu perjalanan bu tik di Kuala Lumpur.

    ReplyDelete

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.