Saturday, May 28, 2016

Melihat Pabrik China Lebih Dekat

Dreamland Traveller Moment




Melihat Pabrik China Lebih Dekat


            Sebagai mahasiswa MBA, salah satu keuntungan yang bisa didapatkan adalah adanya kegiatan kunjungan perusahaan. Bukan hanya sekadar presentasi atau menjelaskan keunggulan produk, melainkan juga melihat langsung proses kerja pabrik. Hal ini Dreamland dapatkan saat berkunjung ke pabrik Daqo yang ada di kota Zhenjiang, China pada 23 April 2016. Bersama rombongan mahasiswa MBA, baik mahasiswa lokal maupun internasional, kami menggunakan bus untuk menuju ke lokasi pabrik.

            Perjalanan sendiri memakan waktu 40 menit. Sesampainya di lokasi acara, kami langsung disambut oleh staf pabrik, juga penerjemah yang mampu berbahasa Inggris dengan sangat baik. Maklum cewek yang bekerja sebagai penerjemah ini pernah kuliah 4 tahun di Melbourne, Australia. Seperti biasa, kami diminta untuk menyimak produk-produk yang dihasilkan, presentasi singkat, serta melihat galeri produk yang ditampilkan. Ada satu produk prototype yang tidak boleh difoto karena masih dalam proses pengembangan.

            Setelah itu, barulah kami diajak berjalan-jalan mengelilingi pabrik. Pabrik pertama, kami diajak untuk melihat bagaimana pekerja pabrik melakukan aktivitasnya sehari-hari. Mereka duduk dan melakukan proses perakitan produk dengan sangat cermat. Penataan meja, kursi, dan alat-alat pun dilakukan secara teratur. Sebagai pengunjung, kami harus berjalan di garis kuning yang disediakan.

            Selanjutnya, kami diajak mengelilingi pabrik lainnya dengan produk metal dan baja yang sangat kokoh. Metal dan baja ini digunakan untuk merakit mesin energi yang sedang dikembangkan Daqo. Dreamland melihat peralatan yang digunakan untuk memindahkan satu barang ke tempat lain sangatlah canggih dengan robot yang terotomatisasi. Selain itu, pekerja yang ada di pabrik pun bisa dihitung hanya belasan hingga puluhan orang. Sungguh sangat efisien.

            Terakhir, kami dibawa ke sebuah pabrik besar, di mana proses finalisasi produk terjadi sebelum akhirnya dikemas. Sebelum masuk, kami dibagikan penutup kuping untuk mencegah kebisingan. Alat penutup kupingnya pun sangat menarik, seperti alat yang otomatis mengeluarkan sabun pencuci tangan. Memasuki pabrik, kami melihat aktivitas yang lebih luas dan suara bising mesin pun mulai terdengar. Satu hal yang Dreamland salut dari pabrik ini adalah pola kerjanya yang sangat teratur, terarah, serta bersih. Tidak ada sampah berceceran di lantai. Selain itu, ada juga kafetaria, ruang santai, dan klinik darurat di dalam lokasi pabrik. Sungguh tata letak pabrik yang sangat menarik.

            Memang ada beberapa area atau lokasi pabrik yang rahasia atau tidak boleh dikunjungi karena merupakan pusat pengembangan teknologi pabrik yang bersangkutan, tapi setidaknya kunjungan perusahaan ini membuka mata Dreamland tentang aktivitas bisnis, kegiatan pabrik, serta berbagai aspek mendasar dalam produksi, seperti efisiensi, efektivitas, dan produktivitas. Sungguh kunjungan perusahaan yang sangat menarik dan berkesan!



~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.