Wednesday, May 25, 2016

Serunya Festival Budaya di Kampus

Dreamland Traveller Moment




Serunya Festival Budaya di Kampus


            Sebagai mahasiswa asing di negeri Tirai Bambu, tentunya menjadi sebuah pengalaman tersendiri untuk dapat berpartisipasi dan terlibat dalam festival budaya di kampus. Apalagi jumlah mahasiswa Indonesia di Jiangsu University hanya 7 orang, tentu peran aktif setiap orang sangat diperlukan untuk membawa nama baik Indonesia. Maka dari itu, Dreamland pun ikut serta dalam International Culture Festival ke-6 yang diadakan Jiangsu University pada 14 Mei 2016.

            Dreamland dan teman-teman sebangsa dan setanah air pun mempersiapkan diri sejak 2 minggu sebelum hari H tiba. Kami mulai mendiskusikan tentang konsep penampilan, serta aneka masakan yang akan dijual di tenda. Tak hanya itu, kostum dan aneka macam pernak-pernik berbau Indonesia, seperti wayang, patung, batik, dan lain sebagainya pun diperhatikan agar memperkuat kesan Indonesia.

            Tentu di tengah aktivitas yang sangat sibuk, mempersiapkan penampilan bukanlah hal yang mudah. Apalagi Dreamland tidak bisa dansa sama sekali. Selain itu, tuntutan untuk membawa nama baik Indonesia pun menjadi taruhannya dengan penampilan yang disajikan. Sebelum hari H tiba, kami diharuskan melakukan gladi bersih pada tanggal 11 Mei 2016 untuk memperkirakan skenario yang akan dilakukan di panggung.

            Saat gladi bersih, kami melihat penampilan-penampilan yang dilakukan mahasiswa dari berbagai negara. Tarian khas India menjadi penampilan yang paling memikat. Tak ketinggalan tarian-tarian dari Afrika. Tentu Dreamland dan teman-teman Indonesia pun tak mau kalah dengan menampilkan nyanyian “Bubuy Bulan” dan melakukan tarian Caesar. Sungguh sebuah kesempatan yang sangat berharga dapat menampilkan sesuatu untuk mewakili negara.

            Saat hari H, antusiasme dan euforia budaya pun sangat Dreamland rasakan. Semua perwakilan negara menghiasi tenda yang disediakan dengan properti budaya yang dimiliki. Banyak mahasiswa lokal yang tertarik untuk berpartisipasi dan menyemarakkan acara yang digelar tahunan ini dengan mencicipi makanan yang disediakan, melakukan cap paspor-pasporan dengan nama negara, serta mengecat wajah mereka dengan bendera negara. Semua terlihat senang, bahagia, dan antusias melihat berbagai penampilan yang diberikan.

            Meskipun matahari sangat panas terik, tapi melihat orang dari berbagai negara berseliweran dengan pakaian adat masing-masing benar-benar membawa kesan tersendiri bagi Dreamland. Dreamland pun sangat bangga memakai batik yang sudah diakui UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia yang harus dipertahankan dan tentunya dibanggakan oleh orang Indonesia. Ditambah masakan nasi kuning, perkedel kentang, perkedel tahu, dan pisang goreng yang dipersiapkan ludes terjual dalam waktu kurang dari 1 jam.

            Sungguh sebuah pengalaman yang sangat langka, berkesan, dan pastinya tidak terlupakan karena dapat membawa nama Indonesia sebagai mahasiswa asing di China.



~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.