Monday, May 16, 2016

Pemandian Umum ala China

Dreamland Traveller Moment




Pemandian Umum ala China


            Kamar mandi biasanya menjadi tempat yang paling privat bagi semua orang untuk membersihkan dan menyegarkan badan dari aktivitas sepanjang hari. Tak heran jika toilet biasanya dibuat sangat tertutup agar setiap orang dapat menikmati waktu pribadinya secara utuh. Sayangnya, hal tersebut tidak berlaku bagi mahasiswa lokal yang kuliah di China.

            Mahasiswa lokal di China tidak memiliki kamar mandi pribadi di kamar layaknya mahasiswa asing. Jika mereka ingin mandi, mereka harus pergi ke kamar mandi umum yang letaknya cukup jauh dari asrama tempat mereka menginap. Tak heran setiap sore Dreamland selalu saja berpapasan dengan mahasiswa lokal yang membawa ember, baskom, dan wadah peralatan mandi.

            Dreamland pun mengecek seperti apa kamar mandi umum ala mahasiswa lokal. Ternyata kamar mandi umum yang disediakan sangatlah barbar layaknya bangsal penjara. Begitu masuk ke bangunan pemandian umum, laki-laki dan perempuan dipisahkan dengan lantai yang berbeda. Umumnya laki-laki berada di lantai dasar, perempuan berada di lantai atas. Memasuki ruang ganti, rupanya semua pakaian harus ditanggalkan di ruangan ini.

            Tak heran jika kita akan melihat semua orang berseliweran tanpa sehelai benangpun di ruangan ini. Setelah masuk ke ruang ganti, ruangan selanjutnya adalah ruangan shower. Begitu melihat showernya, alangkah terkejutnya Dreamland melihat pipa air diatur sedemikian rupa dengan berjejer dan pipanya dibuat seolah-olah shower. Belum lagi ada mesin tap kartu yang mengaktifkan air untuk mandi. Setiap kali gesek kartu, akan dipotong 2 yuan dari uang yang ada di kartu.

            Sungguh sebuah perjuangan yang berat untuk mandi saja ya. Sebenarnya di asrama tersedia shower, hanya saja airnya dingin dan lagi-lagi tidak ada sekat penutup sama sekali. Apalagi toilet dan shower berada di satu tempat. Jadi siapapun yang mandi pastilah dilintasi oleh orang yang akan menggunakan toilet. Wajar dong kalau mahasiswa lokal terlihat jarang mandi dan mempunyai banyak ketombe karena mandi saja harus membayar dan tempat mandinya pun sangat mengenaskan.



~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.