Wednesday, June 22, 2016

Melihat Dapur Baosteel Lebih Dekat

Dreamland Traveller Moment




Melihat Dapur Baosteel Lebih Dekat


            Salah satu program yang paling menarik dan berkesan selama menempuh studi di China adalah banyaknya kunjungan perusahaan yang menambah wawasan, serta memperlihatkan berbagai peluang yang ada di China. Hal ini Dreamland dapatkan saat pergi bersama-sama rombongan MBA, baik internasional maupun lokal ketika berkunjung ke Shanghai. Kunjungan perusahaan kali ini boleh dikatakan spesial karena dilakukan selama 2 hari dan mahasiswa MBA internasional disediakan akomodasi gratis.

            Perjalanan menuju Shanghai ditempuh dalam waktu 3 jam 45 menit dengan menggunakan bus. Selama perjalanan, bus berhenti 2 kali untuk istirahat buang air kecil dan membeli makanan ringan. Sesudah itu, kami semua berhenti untuk makan siang di restoran dengan menu ala Chinese Food. Kebanyakan dari teman-teman Dreamland yang berasal dari Afrika merasa tidak cocok dengan cita rasa makanan China, sehingga memilih untuk keluar lebih cepat. Teman-teman Dreamland yang beragama Muslim pun memilih menunggu di luar karena menjalankan ibadah puasa.

            Sesudah makan siang, Dreamland dan rombongan pun langsung diantar menuju kunjungan pabrik pertama, yakni Baosteel. Pabrik peleburan baja di Shanghai ini boleh dikatakan sangat luas dan besar. Sebelum masuk, staf administrasi MBA diminta turun untuk menunjukkan bukti perjanjian kunjungan. Setelah itu, barulah 2 bus yang memuat rombongan yang berjumlah 70 orang diperkenankan masuk.

            Begitu memasuki kawasan pabrik, hal pertama yang terlihat adalah banyaknya pipa-pipa besar yang saling sambung menyambung. Selain itu, banyak sekali mesin, peralatan, dan bangunan yang berukuran raksasa untuk mengolah baja. Rombongan semua dibawa menuju tempat peleburan baja. Sebelumnya kami semua diminta untuk memakai helm berwarna merah. Sungguh unik. Dreamland dan teman-teman pun berfoto dengan berbagai gaya, tentunya dengan memakai helm merah.

            Dreamland dan teman-teman pun masuk ke kawasan peleburan baja. Hal pertama yang sangat terasa di pabrik ini adalah hawa panas yang sangat membara. Dreamland melihat bagaimana sebuah mesin peleburan membakar baja hingga terlihat berwarna sangat merah. Setelah itu, besi baja itu diantar ke mesin lain untuk dibentuk melingkar, kemudian mesin lain untuk mendinginkan. Semua terlihat begitu teratur, sistematis, dan canggih.

            Dreamland sendiri sangat terpukau melihat bagaimana mesin-mesin bekerja dengan begitu cepat, efisien, dan efektif dalam mengolah setiap produk baja yang dihasilkan dengan kualitas yang prima. Dalam ukuran pabrik, Dreamland sendiri melihat orang yang bekerja di pabrik Baosteel ini tidak banyak. Entah karena otomatisasi mesin atau teknologi yang mumpuni, sehingga peran manusia tidak terlalu diperlukan atau bagaimana.

            Setelah melihat bagaimana baja dilebur sedemikian rupa, kami pun diajak foto bersama di sebuah tugu yang melambangkan besi baja. Setelah itu, kami semua diminta naik ke bus untuk diajak menuju ke sebuah area yang terbatas untuk berfoto dengan gedung berlambang Baosteel. Kunjungan pabrik pertama pun usai dan kami semua diantar menuju hotel setelah kunjungan pabrik Baosteel ini.

            Sungguh unik, menarik, dan tentunya membuka wawasan, bagaimana Dreamland dan teman-teman bisa mempelajari proses kerja pabrik dan hal-hal operasional apa saja yang ada didalamnya.



~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.