Monday, June 20, 2016

Wisuda Efisien ala China

Dreamland Traveller Moment




Wisuda Efisien ala China


            Wisuda dan kelulusan. Keduanya merupakan titik akhir dari perjalanan kehidupan kita dalam menempuh studi. Tak heran jika momen wisuda menjadi momen yang membahagiakan bagi siapapun yang mengalaminya. Tentu untuk mendapatkan momen sekali seumur hidup ini harus dibayar dengan studi selama bertahun-tahun, baik itu di jenjang sarjana, master, ataupun doktoral.

            Pada Sabtu, 11 Juni 2016, Dreamland berkesempatan menghadiri sidang tesis yang diikuti oleh 2 senior Dreamland di program MBA. Sidang sendiri dimulai pukul 11.00. Diawali dengan kata sambutan, kehadiran dari 1 dosen penguji yang berasal dari luar universitas, serta total 5 dosen penguji, acara sidang tesis MBA pun dimulai. Sidang ini sendiri bersifat terbuka dan dapat dihadiri oleh teman yang berminat menyaksikan.

            Sidang tesis sendiri dibagi dalam 2 fase, yakni presentasi dan tanya jawab. Waktu presentasi yang diberikan adalah 10 menit untuk menjelaskan isi tesis yang diteliti. Selanjutnya, penguji secara bergiliran memberikan pertanyaan kepada kandidat MBA seputar metode penelitian, serta berbagai perbaikan yang harus dilakukan. Uniknya, sesi pertanyaan ini terpisah dengan sesi menjawab.

            Selanjutnya, presentasi orang kedua dimulai, sementara orang pertama mempersiapkan jawaban dari berbagai pertanyaan yang diberikan penguji. Presentasi pun dilakukan selama 10 menit dan pertanyaan pun diberikan dari 5 orang penguji. Entah karena keterbatasan bahasa atau bagaimana, kok sepertinya pengujinya cepat puas dengan jawaban yang diberikan. Selain itu, penguji memberikan pujian pada presenter telah menyelesaikan presentasi dengan baik.

            Singkat kata, seusai sesi presentasi dan tanya jawab, 5 orang penguji berunding dan kita diminta menunggu di luar. Eh hanya dalam waktu kurang dari 1 menit, kita dipanggil masuk lagi. 2 orang senior Dreamland pun dinyatakan lulus dan berhak menyandang gelar MBA. Dreamland sendiri sampai bingung kok yudisiumnya kilat seperti ini. Sesudah itu, 2 orang senior yang merupakan mahasiswa internasional ini pun dibawa ke upacara wisuda yang digelar pada hari yang bersamaan!

            Diawali dengan musik kebangsaan China, para dekan dan pimpinan Sekolah Manajemen pun memberikan kata sambutan dan apresiasi para wisudawan yang telah menyelesaikan pendidikan di MBA Jiangsu University. Selanjutnya, acara pun dilanjutkan dengan berbagai pepatah dan wejengan untuk berkarier lebih baik seusai menerima gelar MBA. Upacara wisuda ini diikuti oleh mahasiswa lokal dan 2 orang senior yang merupakan mahasiswa asing.

            Sehabis sambutan, barulah penyerahan sertifikat dilakukan. Satu hal yang membuat Dreamland terkejut adalah 5 orang guru besar di depan menyerahkan sertifikat pada 5 orang wisudawan secara bersamaan. Alhasil, penyerahan pun menjadi sangat cepat dan kilat. Setelah berjabat tangan dengan hanya 1 orang, 5 orang wisudawan secara langsung difoto dan diminta kembali ke tempat duduk. Acara penyerahan sertifikat ini tak memakan waktu sampai 10 menit pun.

            Selanjutnya, penyerahan simbolis mahasiswa terbaik yang diwakili dengan sertifikat. Sesi ini cukup membuat Dreamland terkejut karena mahasiswa yang mendapat penghargaan ini berjalan ke depan layaknya berebutan BLT jadi tidak terkesan istimewa dan malah jadi terlihat barbar. Setelah itu, acara pun dilanjutkan lagi dengan penutupan dan semua wisudawan pun diminta turun ke lantai 1 untuk berfoto di depan bangunan Sanjiang.

            Dreamland pun ikut turun dan melihat semua wisudawan dengan gembira memakai toga untuk berfoto bersama. Semua berbaris rapi dan terlihat sumringah dengan hasil jerih lelah mereka. Meskipun hari sangat terik, mereka berpose dan berfoto sambil melemparkan topi wisuda ke atas. Sesudah itu, acara pun bubar dan semua wisudawan diminta untuk mengembalikan toga yang dikenakan pada panitia! Tidak ada sesi ramah tamah dengan makan bersama yang dilakukan sama sekali.

            Semua wisudawan pun naik lagi ke atas untuk mengembalikan toga sesudah sibuk berfoto ria dan akhirnya acara pun selesai. Dalam satu hari, sidang tesis, yudisium, dan wisuda bisa dilakukan secara bersamaan. Baik proses sidang, penyerahan ijazah, dan akhir dari studi seolah hanya sekejap saja. Sangat berbeda dengan di Indonesia, di mana waktu sidang dan wisuda mempunyai tenggang waktu tertentu yang tidak berdekatan.

            Jangankan memakai sanggul atau berdandan sebelum wisuda, para wisudawan di China ini dengan wajah yang berkeringat akibat cuaca yang panas dan pikiran yang masih berkecamuk karena baru selesai melalui sidang tesis langsung saja menghadiri upacara wisuda dan perjalanan studi mereka pun berakhir. Sungguh unik rasanya melihat prosesi wisuda yang sangat efisien ala China ini.

NB: Rupanya terdapat perayaan wisuda yang dilakukan secara besar-besaran layaknya universitas di Indonesia pada 22 Juni 2016 di Gymnasium.



~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.