Saturday, June 4, 2016

Chinese Food ala China

Dreamland Traveller Moment




Chinese Food ala China

            Chinese food adalah jenis masakan yang paling mudah ditemui di seluruh dunia. Dengan karakteristik dan cita rasa yang serupa, tentu Chinese food menjadi pilihan makanan yang aman bagi orang Asia pada umumnya. Mengingat Chinese food berasal dari China Daratan, tentu Dreamland penasaran bagaimana rasa masakan Chinese food di rumahnya sendiri. Dreamland pun beberapa kali mencicipi masakan Chinese food dalam beberapa kunjungan yang diadakan kampus.

            Begitu Dreamland melihat masakan Chinese food yang tersaji, alangkah terkejutnya Dreamland dengan jumlah masakan yang sangat melimpah. Sayangnya meskipun melimpah, rasanya umumnya serupa dan sangat berminyak. Kebanyakan masakan yang dihidangkan adalah sayur hijau dengan berbagai metode memasak, ikan yang ditim, daging yang dilumuri dengan bumbu tertentu, dan masih banyak lainnya. Meskipun masakannya bervariasi, tapi rasanya kok seperti kurang asin dan kurang berbumbu.

            Penyajian masakan Chinese food sendiri cukup unik, yakni masakan satu per satu didatangkan ke meja. Kemudian penyaji meletakkan masakan tersebut di meja berputar. Nah Dreamland dan teman-teman asing yang sudah kelaparan pun langsung saja melahap masakan yang tersaji di meja. Akhirnya masakan yang tersaji pun satu per satu habis disantap. Konyolnya, nasi malah datang belakangan saat semua sayur sudah habis dilahap. Jadi nasi putihnya mubazir karena tidak bisa dimakan dengan sayur lain.

            Jika biasanya Chinese food identik disajikan dengan teh panas khas oriental, di negaranya sendiri justru malah disajikan dengan air putih panas saja. Belum lagi pelayannya judes dan asal taruh piring saja di meja. Tidak seperti di Indonesia atau negara lain, di mana pelayan membagikan atau memotong sayur agar mudah dibagikan pada orang yang menikmati. Jika minta air putih pun malah diberikan termos agar menuangkan air sendiri.

            Entah karena rempah-rempah di China terbatas atau ada pantangan bumbu tertentu, sehingga rasa masakannya mengambang atau memang budayanya demikian. Tapi yang jelas, Dreamland sih lebih menyukai Chinese food ala Indonesia dibandingkan Chinese food di negaranya sendiri.



~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.