Monday, June 13, 2016

Saldo Minus ala China Unicom

Dreamland Traveller Moment




Saldo Minus ala China Unicom


            Selama berada di China, Dreamland menggunakan operator China Unicom untuk berkomunikasi dengan teman, guru, dan keluarga yang ada di Indonesia. Dreamland sendiri memilih operator ini karena melihat promo yang ditawarkan, yakni 36 CNY per bulan, di mana sudah termasuk paket data, 200 jam Wi-Fi gratis per bulan, dan kredit telepon. Selain itu, banyak teman-teman Dreamland juga yang menggunakan operator ini. Jadilah Dreamland membeli nomor kartu dari China Unicom.

            Setiap bulan, Dreamland harus membayar 36 yuan untuk paket telepon agar semua fitur dalam smartphone dapat berfungsi. Nah uniknya pembayaran paket telepon ini dilakukan setiap awal bulan dan langsung dipotong kredit. Setiap tanggal 2 atau 3 setiap bulannya, tiba-tiba smartphones Dreamland tidak bisa berfungsi dan pemakaian paket data diputus akibat kredit yang dimiliki tidak mencukupi. Saat Dreamland mendatangi konter China Unicom, rupanya kredit Dreamland bukan hanya 0 CNY, melainkan -15 CNY. Teman Dreamland bahkan sampai -32 CNY karena terlalu sering dipakai telepon.

            Dreamland pun sempat heran mengapa paket datanya tidak diputus saja sekalian daripada kreditnya sampai minus berlipat ganda. Entah strategi pendapatannya demikian atau bagaimana, Dreamland pun tidak mengerti. Belum lagi saat Dreamland tanya saat nanti pulang ke Indonesia bagaimana dengan nasib SIM Card ini. Staf China Unicomnya mengatakan kalau Dreamland tetap harus membayar 36 CNY, meskipun tidak digunakan! Kalau sudah begini, Dreamland hanya bisa bilang ooooohhhhh.



~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.