Friday, June 17, 2016

Studyaholic ala Mahasiswa China

Dreamland Traveller Moment




Studyaholic ala Mahasiswa China


           Belajar biasanya menjadi hal yang paling sulit dilakukan. Apalagi jika kita diminta untuk membaca buku atau mengerjakan tugas, sebagai mahasiswa Indonesia biasanya kita akan mengerjakan hal tersebut sehari sebelum atau bahkan saat hari H akan dikumpulkan. Belajar, dalam hal ini menghafal materi, biasanya pun akan dilakukan menjelang ujian. Jika tidak ujian, maka belajar menjadi sebuah hal yang berat untuk dilakukan.

           Hal yang sangat berbeda justru Dreamland temukan saat melihat pola belajar mahasiswa China. Saat hari libur Qing Ming Festival dan Dragon Boat Festival sedang berlangsung, Dreamland sengaja melihat ruang kelas. Dreamland sangat terkejut melihat banyak sekali mahasiswa yang sibuk belajar di kelas, meskipun tidak ada guru. Masing-masing terlihat serius membaca buku. Entah karena tidak punya kegiatan untuk dilakukan atau bagaimana, eh semua malah serius di kelas.

           Belum lagi ketika Dreamland berkunjung ke perpustakaan. Meskipun bukan hari ujian, perpustakaan selalu ramai oleh mahasiswa lokal yang membaca buku. Jika biasanya kita membaca buku hanya selama 30 menit, eh ini bisa berjam-jam, bahkan bisa sampai perpustakaannya mau ditutup pun masih saja bertahan. Entah keranjingan baca buku atau bagaimana, Dreamland sendiri tidak habis pikir.

           Belum lagi saat Dreamland tanya pada mahasiswa lokal apa yang dilakukan saat liburan. Jawabannya pun sangat mengejutkan. Entah mempersiapkan ujian, baca buku, atau membuat tugas di kelas. Ketika diajak main pun rata-rata jawabannya menolak dan selalu saja bilang sibuk. Dreamland kok jadi merasa bingung sendiri dengan pola belajar mahasiswa China yang sangat over ini.

           Sayangnya, meskipun studyaholic mereka bagus, mereka sangat pemalu dan takut bertemu dengan orang asing karena takut berbicara bahasa Inggris. Sungguh entah Dreamland yang malas atau mereka yang terlalu kerajinan belajar. Dreamland sendiri tidak bisa berkata apa-apa.



~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.