Saturday, September 28, 2013

Hati-Hati Copet di Shenzhen

Dreamland Traveller Moment


Hati-Hati Copet di Shenzhen
            Peringatan itu sudah Dreamland dapatkan dari pemandu tur di Hong Kong. Taraf hidup yang tinggi dan sulitnya mencari nafkah di Shenzhen dan Hong Kong membuat banyak copet berkeliaran di kedua wilayah ini. Hati-hati copet di kedua negara ini bisa bervariasi dalam bentuk siapapun, baik pengemis, orang tua, maupun anak muda. Anda harus waspada dan cermat melihat gerak-gerik mencurigakan orang-orang. Apalagi jika ada dalam keramaian.
            Salah satu peserta tur hampir saja kecopetan tatkala ada 2 anak muda yang tiba-tiba mendekati terus meraba kantongnya. Untung saja tidak ada dompet yang ditaruh di sana, sehingga mereka pulang dengan tangan kosong. Ciri-ciri pencopet itu adalah anak muda yang dicat warna-warni dengan baju bermerk tiruan. Mereka akan mendekati kita pelan-pelan dan langsung berlari tatkala sudah menandai lokasi tempat barang berharga kita.
            Pastikan untuk menaruh barang berharga kita di depan. Jangan pakai perhiasan tatkala jalan-jalan di pasar yang ramai karena akan menarik para pelaku kejahatan. Pencopet di Shenzhen dan Hong Kong tahu bagaimana caranya merobek tas dengan rapi untuk mengeluarkan isinya yang berharga bahkan tatkala kita sedang berjalan sekalipun. Makanya jangan taruh tas di belakang. Selalu awasi dan cermati orang-orang di sekitar Anda.
            Ada lagi copet dengan wujud orang tua yang menggendong anak. Dia terus menerus mengikuti kita. Dreamland sih sudah tahu trik seperti itu, sehingga dengan cepat berlalu dari orang semacam ini. Hati-hati juga dengan orang yang berpura-pura terjatuh dan minta ditolong karena anak buah orang ini siap mengambil barang berharga Anda tatkala menolong orang yang jatuh ini. Banyak trik yang dilakukan pencopet agar bisa menjalankan misinya dengan baik. Jangan pasang jiwa kebaikan Anda di sini karena tidak berlaku pahala apapun, melainkan bisa berbuah petaka untuk Anda.
            Jangan jadikan jalan-jalan di Hong Kong dan Shenzhen sebagai ajang fashion show untuk memamerkan kekayaan, melainkan berpakaianlah sewajarnya agar para pelaku kejahatan tidak mengincar harta Anda. Semoga Anda terhindar dari serangan copet di kedua wilayah ini!

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.