Wednesday, September 11, 2013

Onsen ala Garut di Tirtagangga Cipanas Garut

Dreamland Traveller

Onsen ala Garut di Tirtagangga Cipanas Garut
            Berhubung Dreamland tidak melakukan tradisi mudik, Dreamland mengisi libur Lebaran ini dengan kegiatan yang positif. Kali ini, Dreamland berencana mengunjungi sebuah destinasi yang dekat dengan Bandung dan dikenal dengan pemandian air panasnya. Apalagi kalau bukan Garut.
            Perjalanan bermula ketika Dreamland dan keluarga berangkat dari rumah menuju Garut pada pukul 14.00. Perjalanan menuju Garut H-1 Lebaran ini sangat lancar. Jalanan begitu lenggang tanpa adanya kemacetan dan mobil dapat dengan cepat menuju Garut hanya dalam waktu 1 jam saja.
            Setibanya di Garut, Dreamland dan keluarga langsung beranjak menuju pemandian air panas Cipanas Garut. Tentu saja tempat yang dipilih adalah Hotel Tirtagangga Garut mengingat kualitas air panas dan kolam terapi yang paling oke ada di tempat ini. Dreamland sampai pukul 15.30 dan langsung masuk ke area kolam renang. Tarif masuk per orang hari ini adalah 20.000 IDR, sementara kalau hari libur dan besar harganya 25.000 IDR.
            Dreamland langsung berganti pakaian dan masuk ke kolam terapi. Kolam terapinya sangat panas mungkin karena pengaruh aktivitas vulkanik Gunung Guntur yang sedang tinggi. Dreamland menikmati rendaman air panas yang merilekskan pikiran dan badan dengan sempurna. Badan terasa lebih segar dan ringan setelah berendam air panas.
            Memang air panas Garut ini sangat berkhasiat untuk menghilangkan migrain, sakit kepala, stroke, dan berbagai penyakit kulit lainnya. Seandainya saja penataan dan pemandangannya langsung ke arah pegunungan mungkin akan terasa seperti onsen di Jepang (Dreamland belum pernah ke Jepang hanya melihat dari foto onsen-onsen yang ada di Jepang), namun kemasannya ala Garut tentunya. Onsen van Garut. Hehehe…
            Kunjungan kali ini terasa menyenangkan karena kolam renang dan kolam terapinya boleh dikatakan cukup sepi. Tidak ramai dan tidak terlalu banyak pengunjung, sehingga terasa seperti milik pribadi. Setelah berendam dan berenang selama 2,5 jam, Dreamland pun mandi dan mempersiapkan diri untuk pulang kembali ke Bandung.
            Senang sekali rasanya mengisi libur Lebaran dengan relaksasi air panas di Cipanas Garut! Nantikan destinasi berikutnya yang lebih seru dan memberi banyak wawasan hanya di Dreamland Traveller!

Bandung, Garut, 7 Agustus 2013

Dreamland Traveller

Catatan:
- Garut dapat diakses dengan jasa transportasi bus dari Bandung.
- Lokasi Cipanas Garut sebagian besar hanya dilewati kendaraan pribadi. Bisa memakai delman atau angkot jika sudah sampai di Garut untuk menuju lokasi ini.
- Terdapat banyak pilihan pemandian air panas dengan tingkat harga yang bervariasi. Pilihlah yang sesuai dengan budget Anda.
- Hati-hati dengan orang yang iseng mencuci mobil Anda jika parkir di luar hotel atau penginapan karena akan terkena biaya 10.000 – 20.000 IDR. Jika tidak ingin dicuci, parkirlah didalam hotel.
- Harga kolam renang yang ada bervariasi dari 7.000 – 30.000 IDR tergantung tempat yang Anda pilih dan fasilitas yang didapatkan.
- Bawalah banyak air minum jika ingin berendam karena badan akan terasa sangat haus dan membutuhkan asupan air yang banyak.



~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.