Tuesday, September 3, 2013

Day 3 : Asyiknya Bermain Air di Lost World of Tambun

Dreamland Traveller

Day 3 : Asyiknya Bermain Air di Lost World of Tambun
            Pagi pun tiba dengan cepat di Ipoh. Tiba saatnya bagi Dreamland untuk menggali lebih jauh wisata yang ada di kota tua yang satu ini. Dreamland segera bersiap-siap dan keluar dari hotel. Berhubung hari ini adalah hari Minggu, tepat di depan Tune Hotels.com Ipoh ini digelar pasar barang kuno di Memory Lane. Barang-barang yang dijual cukup menarik, yakni mulai dari pakaian, minuman, barang antik, album kuno, sampai mata uang lama. Sangat direkomendasikan bagi Anda para kolektor barang antik dan kuno.
            Dreamland melanjutkan perjalanan ke Medan Kidd untuk mengambil bus yang akan membawa Dreamland ke daerah Tambun. Singkat kata, setelah melewati berbagai bangunan kuno Ipoh, Dreamland pun tiba juga di Medan Kidd. Dreamland mengambil bus jurusan Tanjung Rambutan seharga RM 1,6 untuk menuju lokasi Lost World of Tambun yang sangat terkenal di Ipoh ini. Perjalanan pun ditempuh selama 30 menit.
            Sesampainya di Tambun, Dreamland pun diberitahu untuk berhenti di halte bus tertentu karena tepat melewati Lost World of Tambun. Dreamland pun berhenti dan berjalan menuju kawasan Lost World of Tambun. Sesampainya di Lost World of Tambun, Dreamland langsung membeli tiket masuk seharga RM 48. Lokasi tempat wisata yang satu ini sangat jauh dari pusat kota Ipoh dan sempat membuat Dreamland bingung untuk mencari bus pulang.
            Lost World of Tambun ini terdiri dari berbagai tema, mulai dari Tiger Valley, Team Building Park, Water Park, Petting Zoo, Amusement Park, Swan Lake, Tin Valley, Hot Springs & Spa, dan Animal Care Centre. Dreamland melihat begitu banyak orang berpakaian renang berlalu lalang di sini. Sebelum masuk tempat bermain, kita akan diperiksa tas terlebih dahulu. Minuman dan makanan yang ada larangan dibawa masuk toh buktinya dibiarkan lolos begitu saja. Mungkin hanya formalitas belaka pemeriksaan ini.
            Pertama-tama Dreamland bermain di wilayah Amusement Park yang mempunyai berbagai wahana bermain layaknya di karnaval. Mainannya cukup oke, meskipun beberapa ada yang cukup garing dan tidak menarik. Lumayan untuk mengisi waktu bermain secara efektif. Permainannya sendiri ada anting-anting, perahu yang diputar-putar, komedi putar, kora-kora mini, dan roller coaster yang tidak ada seram-seramnya sama sekali.
            Setelah puas bermain sampai 3 kali masing-masing wahana, Dreamland naik kereta keliling untuk melihat apa saja yang ada di Lost World of Tambun ini. Setiap lokasi kita diperkenalkan apa saja fasilitas dan kegiatan yang ada didalamnya. Lost World of Tambun ternyata kecil jika dibandingkan dengan tempat wisata yang ada di Indonesia. Sesudah puas berkeliling dan berfoto ria. Tiba saatnya untuk bermain air!
            Dreamland pun langsung berganti pakaian renang dan menaruh barang-barang berharga di loker. Harga sewa loker cukup mahal, yakni RM 10. Dreamland langsung meluncur ke kolam ombak yang terletak di tengah lokasi wisata. Selain itu juga, berendam di Hot Spring & Spa. Sayangnya airnya entah kenapa panasnya tanggung sekali dan tidak seperti di Cipanas Garut yang benar-benar panas. Uniknya di sini ada Jacuzzi terbuka, serta kolam uap di gua, sehingga terkesan sangat menarik.
            Setelah itu, Dreamland beranjak ke kolam luncur untuk menikmati roller coaster air yang ada. Awalnya Dreamland takut tenggelam karena tidak bisa berenang. Ternyata kolamnya sangat cetek dan perahu airnya tetap mengapung. Dreamland pun menikmati permainan ini sampai 10 kali. Capeknya hanya harus membawa perahu itu naik cukup tinggi hingga akhirnya sampai di puncak. Nanti di atas, petugas akan membantu mendorong perahu itu agar meluncur di trek yang telah ditentukan. Treknya sendiri ada 4, yakni terbuka, semi terbuka, semi tertutup, dan tertutup. Paling seru yang tertutup karena kita tidak bisa melihat apapun! Bikin ketagihan.
            Sesudah capek meluncur, Dreamland pun kembali berendam lagi di Hot Springs selama 1 jam dan memperhitungkan waktu karena takut tidak ada bus. Akhirnya jam 5 sore, Dreamland berkemas dan membenahi diri untuk keluar dari Lost World of Tambun. Cukup seru juga menikmati wisata air di wilayah Tambun ini. Dreamland pun keluar dan mencari bus. Sebelumnya Dreamland mampir dulu ke Giant yang ada dekat Lost World of Tambun untuk membeli beberapa keperluan.
            Di halte bus, Dreamland duduk bersama TKI Indonesia. Rupanya mereka sudah menunggu bus lebih awal dari Dreamland. Dreamland pun menanti bus dengan sabar. Bus tak kunjung datang juga. Bayangkan selama 1,5 jam Dreamland menunggu berharap ada bus, tapi tidak datang juga! Akhirnya Dreamland masuk lagi ke Giant karena perut yang sudah keroncongan untuk makan terlebih dahulu dan setelah itu masih penasaran untuk mendapatkan bus.
            Akhirnya karena murka sudah menunggu selama 2 jam, Dreamland pun naik taksi menuju ke hotel. Fenomena ini akan Dreamland bahas dalam Dreamland Traveller Moment. Ipoh memang daerah Malaysia yang sangat buruk dalam penyediaan bus umum karena banyaknya kendaraan pribadi yang berseliweran di sini. Sesampainya di hotel, Dreamland langsung beristirahat untuk mempersiapkan diri esok hari pergi ke Penang.
            Senang sekali bisa menikmati wisata air di Lost World of Tambun, sekaligus menjawab rasa penasaran Dreamland akan tempat yang sering diiklankan di majalah wisata ini!

Ipoh, 25 Agustus 2013

Dreamland Traveller

Catatan:
- Ipoh adalah ibukota dari Kerajaan Perak di Malaysia.
- Ipoh terletak di antara Kuala Lumpur dan Pulau Pinang (Penang),
- Kurs mata uang RM saat Dreamland melakukan perjalanan adalah 3.350 IDR.
- Tempat wisata yang terdapat di Ipoh, antara lain The Lost World of Tambun, Gua Tempurung, Sam Poh Tong, Kek Lok Tong, dan lain sebagainya.
- Rata-rata tempat wisata di Ipoh berjarak sangat jauh dari pusat kota dan memakan waktu 20 menit – 1 jam perjalanan.
- Ipoh terkenal dengan kenikmatan kopi putihnya yang tiada tara.
- Bus PerakTransit di Ipoh bisa digunakan untuk mengunjungi beberapa tempat wisata di Ipoh.
- Terminal bus dalam kota Ipoh terpusat di Medan Kidd.



~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.