Monday, September 9, 2013

Hutan di Tengah Kota

Dreamland Traveller Moment


Hutan di Tengah Kota
            Ruang terbuka hijau (RTH) adalah elemen yang sangat penting dalam tata letak suatu kota. Dengan adanya RTH, kota akan mendapat suplai oksigen yang memadai bagi warganya. Kita bisa menghirup udara segar, mereduksi gas karbon dioksida hasil pembakaran kendaraan bermotor, serta menjadikan kota lebih hijau lewat hadirnya RTH ini. Pastinya RTH juga mempercantik dan menjadikan kehidupan kota seimbang, baik dari segi kelestarian maupun kemajuan kota.
            Hal ini terlihat saat Dreamland melakukan perjalanan dalam rangkaian Singapore and Johor Bahru Trip beberapa waktu yang lalu. Saat itu, Dreamland baru saja keluar dari MRT Labrador Park. Dreamland melihat pemandangan yang sangat kontras antara sisi sebelah kiri dan kanan. Sebelah kiri, pepohonan yang rimbun menghiasi pemandangan dengan sangat indah. Sementara itu, di sebelah kanan, puluhan apartment dan gedung pencakar langit menghiasi jalanan. Dreamland kagum ternyata Singapore mempunyai hutan di tengah kota.
            Dreamland pun berjalan-jalan di sekitar Labrador Park. Penataan hutan kota ini juga dilakukan dengan sangat rapi dan nyaman. Pijakan demi pijakan dibuat dari kayu berkualitas tinggi. Tidak ada sampah, coretan, maupun fasilitas umum yang rusak di sini. Nyanyian burung dan tiupan angin mewarnai perjalanan Dreamland di Labrador Park ini. Perjalanan sejauh 1 km pun tak terasa karena jalanan yang sangat lancar dan menyenangkan. 
            Tak hanya itu, tatkala Dreamland memasuki Labrador Nature Reserve yang menyerupai peninggalan zaman perang di Pantai Pangandaran, Dreamland melihat pemerintah Singapore sangat memperhatikan kelestarian tempat ini. Terbukti dari adanya pekerja yang senantiasa membersihkan taman dengan baik. Tak hanya itu, di setiap tempat bersejarah terdapat papan informasi tentang asal muasal lokasi tersebut. Sangat menarik dan menambah wawasan. 
            Suasana hutan kotanya pun tidak menyeramkan, tetapi sangat nyaman karena pijakannya pun ditata sedemikian rupa, sehingga keselamatan kita terjamin. Tak ketinggalan ada penyediaan kamar kecil dan pancuran air minum gratis yang menambah nilai dari lokasi wisata yang satu ini. Dreamland sangat salut dengan kepiawaian pemerintah Singapore dalam menjadikan segala sesuatunya nyaman. Tatkala Dreamland berjalan pulang, terlihat sangat kontras sekali pemandangan hutan dan kota yang menyatu menjadi satu.
            Coba saja bandingkan dengan hutan kota yang ada di Bandung. Babakan Siliwangi rencananya akan dibangun menjadi restoran atau mal oleh investor. Pemerintahnya pun seolah memberikan izin saja, meskipun rakyat sudah menentang hal tersebut. Wajar kalau akhirnya Bandung menjadi kota yang panas dan tidak layak lagi disebut “Paris van Java” karena pemerintah yang semena-mena menggusur hutan kota menjadi ladang uang.
            Tak hanya itu, pemerintah Indonesia di perkotaan itu paling tidak tahan kalau ada lahan kosong atau hutan yang menganggur. Daripada jadi hutan, mendingan jadi mal kan bisa dapat uang buat masuk kantong. Pikiran itulah yang membuat hutan kota dibabat total menjadi hutan beton. Akibatnya, banjir dan panas pun harus dinikmati bersama rakyat kota sebagai buah dari perbuatan yang tidak cinta akan lingkungan hidup.
            Wajar kalau akhirnya kota besar di Indonesia menjadi kota yang sumpek dan panas. Semua hutan kota dimusnahkan karena dianggap tidak fungsional menghasilkan rupiah. Padahal pemerintah mempunyai staf yang notabene mengerti tata letak kota yang baik membutuhkan hutan kota yang lestari. Entahlah uang kadang menggelapkan hati dan pikiran pemerintah, sehingga tega menghancurkan hutan kota yang menjadi sumber oksigen kita.
            Belajar dari Singapore, kota yang baik bukanlah kota yang terdiri dari banyak mal dan hutan beton di mana-mana, melainkan kota yang mampu menyeimbangkan antara alam dan kemajuan zaman. Salut rasanya melihat Singapore yang mampu memadukan hutan dan kota dalam satu lokasi yang sama, namun saling menguntungkan satu sama lain dan menjadi perpaduan yang sempurna bagi kehidupan kota yang ideal!

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.