Thursday, September 5, 2013

Day 5 : Sulitnya Mencapai Gua Kek Lok Tong

Dreamland Traveller


Day 5 : Sulitnya Mencapai Gua Kek Lok Tong
            Dreamland pun tiba di penghujung Ipoh Trip. Kali ini, Dreamland berencana untuk mengunjungi sebuah tempat wisata di Ipoh yang belum tereksplorasi kemarin, yakni Gua Kek Lok Tong. Gua yang satu ini dapat dikatakan sangat unik karena terdapat banyak monyet berkeliaran dan terletak dibawah gua kapur yang eksotis. Melihat informasi tersebut di brosur wisata, tentu Dreamland jadi penasaran untuk berkunjung.














            Dreamland pun keluar dari hotel. Awalnya suasana kota Ipoh biasa-biasa saja. Namun Dreamland dikejutkan dengan parade yang sedang dipersiapkan pemerintah Ipoh untuk memperingati pesta kemerdekaan Malaysia. Mereka sedang mengadakan gladi kotor untuk puncak perayaan pada akhir pekan mendatang. Akhirnya jalanan pun banyak yang ditutup dan Dreamland menikmati parade baris berbaris pelajar Ipoh di sini.














            Tentara pun tidak ketinggalan menjaga ketertiban dan keamanan acara. Dreamland pun merasa tidak enak harus menerobos gladi kotor dan disaksikan banyak mata yang sedang melihat keramaian acara ini. Akhirnya sesampainya di Medan Kidd, Dreamland naik bus jurusan Kampar 66 untuk pergi ke Gua Kek Lok Tong yang katanya berdekatan dengan Sam Poh Tong. Nah di sinilah akibat dari gladi kotor terjadi. Parade ini membuat sejumlah jalan ditutup dan kemacetan parah pun terjadi. Fenomena ini akan Dreamland bahas dalam Dreamland Traveller Moment.














            Singkat kata, sesampainya di Sam Poh Tong, Dreamland berjalan mengikuti arah panah menuju Gua Kek Lok Tong. Dreamland berpikir gua ini pasti letaknya dekat dan bisa dijangkau dengan berjalan kaki. Ternyata Dreamland salah. Setelah berjalan kaki sangat jauh selama 1 km dan bertanya sana sini, gua itu tidak kunjung ketemu juga. Kaki Dreamland mulai sakit karena pegal berputar-putar membuat Dreamland mengurungkan niat ke Gua Kek Lok Tong. Apalagi katanya jalan masuk ke Gua Kek Lok Tong adalah sejauh 3 km! Busyet mau jadi apa kaki Dreamland nantinya.














            Akhirnya tanpa hasil, Dreamland pulang kembali naik bus ke Medan Kidd. Kali ini jalanan sudah kembali lancar karena parade sudah selesai. Dreamland pun berjalan pulang kembali ke Tune Hotels.com Ipoh dan membenahi barang bawaan. Setelah itu melakukan proses check-out dan mengambil taksi menuju Terminal Amanjaya untuk pulang ke LCCT. Harga taksi pun tawar menawar hingga mendapat harga RM 15. 














            Sopir taksi bercerita banyak tentang TKI Indonesia yang awalnya datang untuk berlibur, malah ujung-ujungnya bekerja di Malaysia. Selain itu, ketertiban masyarakat Malaysia juga terbilang baik karena memberi jalan pada Ambulans, serta taat berlalu lintas meskipun jalan sangat sepi. Kebiasaan baik ini akan Dreamland bahas dalam Dreamland Traveller Moment. Tak hanya itu, beliau bercerita bahwa kebanyakan bangunan yang ada di Ipoh ini dikerjakan TKI asal Indonesia. Jadi orang-orang kitalah yang membangun Malaysia!














            Sesampainya di Terminal Amanjaya, Dreamland langsung membeli tiket bus yang menuju ke Kuala Lumpur seharga RM 20. Bus ini akan berhenti di Terminal Pudu. Dreamland pas sekali mengambil bus ini karena langsung berangkat pukul 14.30. Perjalanan selama 3 jam pun tak terasa karena bus yang nyaman. Sesampainya di Terminal Pudu yang serba sempit dan tempatnya bertingkat-tingkat, Dreamland makan sore terlebih dahulu di sebuah restoran. Kemudian Dreamland mencari bus Star Shuttle yang akan membawa Dreamland dari Pudu menuju LCCT dengan harga RM 12. 














            Jalanan di Kuala Lumpur ini sangat padat sama halnya dengan ibukota lainnya yang sangat sibuk. Tak heran bus Dreamland ke LCCT ini sampai molor 40 menit jam berangkatnya. Akhirnya setibanya bus, Dreamland langsung naik dan pulang ke bandara LCCT dengan menempuh perjalanan 1,5 jam. Bus Star Shuttle ini berhenti dulu di KLIA, sehingga memakan waktu lebih lama. Sesampainya di LCCT, Dreamland langsung masuk untuk melakukan check-in






            Saat menuju konter imigrasi, Dreamland mengalami peristiwa tidak enak dengan petugas bandara yang beretnis India. Entah mengapa koper Dreamland harus ditimbang, sementara masyarakat Malaysia yang kopernya bejibun dibiarkan begitu saja. Akibatnya Dreamland harus menata ulang koper dan direpotkan dengan peristiwa ini. Selengkapnya akan Dreamland bahas dalam Dreamland Traveller Moment. Bukan berbicara SARA atau rasis, tapi entah mengapa orang India Malaysia ini sangat tidak suka dengan orang Indonesia. Dreamland benar-benar murka dengan petugas bandara yang satu ini!
            Berhubung Dreamland tiba lebih pagi dari jam berangkat yang molor 40 menit menjadi pukul 23.10, Dreamland pun duduk santai dan menikmati Wi-Fi di LCCT. Akhirnya setelah waktu keberangkatan diumumkan, Dreamland pun masuk ke pesawat. Perjalanan selama 2 jam 5 menit pun tak terasa. Dreamland langsung berjalan ke konter imigrasi untuk mendapat cap kembali pulang di Indonesia.
            Senang sekali rasanya menjelajahi wilayah lain di Malaysia yang memberi wawasan baru bagi Dreamland! Nantikan perjalanan-perjalanan Dreamland berikutnya yang lebih seru dan memberi arti dari sebuah perjalanan hanya di Dreamland Traveller!

Ipoh, Kuala Lumpur, Bandung, 27 Agustus 2013

Dreamland Traveller

Catatan:
- Ipoh adalah ibukota dari Kerajaan Perak di Malaysia.
- Ipoh terletak di antara Kuala Lumpur dan Pulau Pinang (Penang),
- Kurs mata uang RM saat Dreamland melakukan perjalanan adalah 3.350 IDR.
- Tempat wisata yang terdapat di Ipoh, antara lain The Lost World of Tambun, Gua Tempurung, Sam Poh Tong, Kek Lok Tong, dan lain sebagainya.
- Rata-rata tempat wisata di Ipoh berjarak sangat jauh dari pusat kota dan memakan waktu 20 menit – 1 jam perjalanan.
- Ipoh terkenal dengan kenikmatan kopi putihnya yang tiada tara.
- Bus PerakTransit di Ipoh bisa digunakan untuk mengunjungi beberapa tempat wisata di Ipoh.
- Terminal bus dalam kota Ipoh terpusat di Medan Kidd.

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.