Wednesday, September 4, 2013

Day 4 : Penang, I’m Coming Again!

Dreamland Traveller


Day 4 : Penang, I’m Coming Again!
            Setelah melihat wisata yang ada di Ipoh sangat minim, serta ada keperluan lain yang harus dituntaskan, Dreamland pun akhirnya memutuskan untuk pergi ke Penang hari ini. Pagi hari, Dreamland berjalan dari hotel menuju ke Medan Kidd untuk mendapatkan bus yang pergi ke Amanjaya. Harga tiketnya adalah RM 2,5. Sesampainya di Terminal Amanjaya setelah perjalanan 30 menit, Dreamland langsung menuju ke konter loket bus yang menjual bus ke Penang. 










            Dreamland mempertimbangkan jam berangkat yang lebih cepat agar bisa menikmati wisata yang lebih banyak di Penang nantinya. Harga tiket bus ke Penang adalah RM 20. Singkat kata, Dreamland masuk ke bus dan perjalanan selama 2 jam pun dimulai. Busnya sangat nyaman dan kursinya bisa ditidurkan. Perjalanan pun sama seperti dari LCCT ke Ipoh, pemandangan yang ada hanyalah perkebunan kelapa sawit dan pepohonan saja. 










            Bus berhenti terlebih dahulu di Butterworth sebelum akhirnya berhenti di Terminal Bus Sungai Nibong yang ada di Penang. Sesampainya di Penang, Dreamland bertanya terlebih dahulu jam bus termalam yang berangkat dari Penang kembali ke Ipoh. Ternyata bus ke Ipoh paling malam pukul 20.00. Dreamland pun turun dari konter penjualan tiket dan menunggu bus yang akan membawa Dreamland ke Komtar.










            Senang sekali rasanya kembali berada di Penang setelah 7 bulan lamanya tidak berkunjung ke sini. Perjalanan menuju Komtar pun ditempuh selama 40 menit. Sesampainya di Komtar, Dreamland turun dan mencari restoran terlebih dahulu untuk makan siang. Lagi-lagi karena keluarga tidak tahu triknya orang Penang mencari untung jadi deh kena tipu dan harus membayar makan dengan mahal. Peristiwa ini akan Dreamland bahas dalam Dreamland Traveller Moment. 










            Sesudah makan, Dreamland berjalan melewati Tune Hotels.com Downtown Penang yang pernah Dreamland tempati 7 bulan lalu. Setelah itu, Dreamland menuju ke salah satu toko obat di Penang yang manjur mengobati beberapa penyakit. Setelah membeli obat, Dreamland berjalan ke kedai yang menjual durian dan menikmati durian Penang yang enaknya tiada dua. Pokoknya rugi deh kalau tidak mencoba durian Penang yang lebih enak dari durian Bangkok. Tidak percaya? Coba buktikan sendiri. Waktu makan durian, Dreamland jadi teringat peristiwa penyitaan durian Penang di bandara yang sangat disayangkan. Hiks hiks…








            Dreamland pun berjalan ke Pasar Chowrasta untuk membeli sejumlah manisan dan kudapan oleh-oleh. Setelah itu, Dreamland kembali ke Komtar karena akan mengantar keluarga ke Kek Lok Si. Dreamland pun menunggu bus cukup lama sebelum akhirnya bus yang membawa Dreamland ke tujuan tiba. Harga tiketnya adalah RM 2. Perjalanan pun ditempuh selama 25 menit. Di tengah perjalanan, hujan deras mengguyur Penang, namun untungnya tidak hujan sampai Dreamland tiba di Kek Lok Si.



            Kek Lok Si memang menjadi ikon Penang yang wajib dikunjungi untuk yang baru pertama kali datang ke Penang. Kuil yang sangat megah ini memang menjadi tempat sembahyang Buddha yang dibanggakan masyarakat Malaysia. Dreamland berjalan menaiki tangga menuju Kek Lok Si yang melelahkan. Sesampainya di kuil, Dreamland menuju ke lokasi yang belum pernah Dreamland kunjungi di Kek Lok Si, yakni Kwan Im Statue yang harus diakses dengan lift khusus seharga RM 5.












            Liftnya cukup unik karena mempunyai kemiringan 45 derajat. Sesampainya di puncak, Dreamland terpukau karena bisa melihat kota Penang dari atas di sudut ini. Di atas Kek Lok Si ini berdiri megah patung Dewi Kwan Im, serta adanya kelenteng peminta permohonan. Tak hanya itu, ada juga patung shio dan kolam ikan koi. Setelah puas berfoto dan berkeliling, Dreamland segera turun ke bawah menggunakan lift dan pulang dari Kek Lok Si.
            Dreamland langsung menuju halte bus yang akan membawa Dreamland kembali ke Komtar. Setelah menunggu bus selama 10 menit, Dreamland pun diangkut ke Komtar dan makan sore terlebih dahulu di terminal bus yang satu ini. Dreamland dilayani oleh TKI asal Indonesia yang menjadi juru masak di tempat makan ini, sehingga wajar nasi gorengnya sesuai dengan lidah Dreamland.
            Sesudah makan, Dreamland pun menunggu bus yang akan membawa Dreamland ke Terminal Sungai Nibong karena waktu yang sudah hampir menunjukkan pukul 6 sore. Jalanan ternyata sangat padat dan memakan waktu perjalanan selama 1 jam sebelum akhirnya sampai di terminal antar kota ini. Dreamland langsung membeli bus ke Ipoh seharga RM 20 dan menunggu. Setelah menunggu selama 1 jam, Dreamland pun naik ke bus yang nyaman dan kebetulan sama seperti yang Dreamland pakai saat berangkat. Entah kebetulan atau apa.
            Bus pun berangkat dan akhirnya Dreamland tertidur sepanjang perjalanan ke Ipoh. Sesampainya di Ipoh, pukul 22.30, Dreamland langsung mencari taksi untuk pergi ke hotel karena bus sudah tidak beroperasi di jam ini. Saat Dreamland menanyakan harga taksi tawar menawar, dengan angkuhnya taksi yang ada di pintu keluar terminal Amanjaya ini mengatakan dengan senyum menyeringai “tidak akan ada taksi murah malam ini” dalam bahasa Malay tentunya.
            Dreamland pun mencari taksi yang lebih tahu diri dan bersahabat di bawah dan menemukan taksi termurah dengan harga RM 20 karena sudah larut malam. Dreamland pun akhirnya naik dan berangkat menuju ke Tune Hotels.com Ipoh. Jalanan sudah sepi karena larut malam, sehingga semuanya lancar sentosa. Sesampainya di hotel, Dreamland langsung beristirahat untuk mempersiapkan diri esok hari dalam kepulangan kembali ke Bandung via Kuala Lumpur.
            Senang sekali rasanya bisa kembali ke Penang dalam Ipoh Trip kali ini.

Ipoh, Penang, 26 Agustus 2013

Dreamland Traveller

Catatan:
- Penang terletak 2 jam dari Ipoh.
- Penang dapat diakses dengan bus yang ada di Terminal Amanjaya dari Ipoh.
- Terminal bus antar kota di Penang terletak di Terminal Sungai Nibong.
- Penang sangat terkenal dengan kulinernya yang murah meriah dan enak, hanya saja harus tahu tempat dan lokasinya agar tidak tertipu.
- Tempat wisata terkenal di Penang adalah Batu Ferringi, Kek Lok Si, Penang Hill, Snake Temple, dan lain sebagainya.
- Tempat wisata di Penang sangat mudah dijangkau dengan bus Rapid Penang.
- Durian Penang sangat lezat dan wajib dicoba dengan harga terjangkau.
- Selain tempat wisata, Penang terkenal sebagai destinasi kesehatan orang Indonesia yang berobat.

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.