Monday, September 2, 2013

Day 2 : Indahnya Sam Poh Tong dan Gua Tempurung

Dreamland Traveller


Day 2 : Indahnya Sam Poh Tong dan Gua Tempurung
            Hari kedua pun tiba dengan cepat. Saatnya Dreamland bersiap untuk mengeksplorasi lebih jauh berbagai tempat wisata menarik yang ada di Ipoh. Dreamland pun berjalan kaki dari Tune Hotels.com Ipoh menuju ke Medan Kidd untuk menuju lokasi wisata pertama, yakni Sam Poh Tong. Dreamland melihat kota Ipoh hanya ramai di malam hari, terutama di restoran Chinese saja. Selain itu, kebanyakan masyarakat Ipoh menggunakan kendaraan pribadi dibandingkan dengan transportasi umum.
            Dreamland berjalan melewati alun-alun, bangunan kuno Ipoh, serta Ipoh Railway Station yang sangat legendaris. Dreamland masuk ke dalam stasiun kereta api Ipoh ini untuk melihat-lihat. Ternyata bangunan yang begitu megah ini hanya dipakai sebagian kecilnya saja. Sementara itu, hotel kuno stasiunnya sedang direnovasi dan sudah tidak digunakan lagi. Halaman stasiun kereta api ini sangat luas dan nyaman, sehingga wajar tatkala malam hari digunakan sebagai tempat nongkrong masyarakat Ipoh.
            Dreamland pun melanjutkan perjalanan menuju ke Medan Kidd untuk mendapatkan bus yang membawa Dreamland ke Sam Poh Tong. Setelah berjalan melewati kantor polisi Ipoh, akhirnya Dreamland sampai juga di Terminal Medan Kidd. Dreamland bertanya-tanya dan akhirnya mendapatkan informasi untuk naik bus jurusan Kampar 66 untuk menuju Sam Poh Tong. Dreamland pun masuk dan membayar RM 2.
            Perjalanan pun memakan waktu 25 menit. Dreamland diberitahu untuk berhenti di halte bus tertentu yang dekat dengan Sam Poh Tong dengan memencet bel. Dreamland turun dan akhirnya berjalan menuju kuil terdekat terlebih dahulu, yakni Ling Sen Tong. Kuil ini boleh dikatakan cukup bagus dan terawat. Lokasinya juga unik, yakni tepat di bawah gunung kapur yang megah. Arsitektur dan ornamen didalamnya cukup oke dan fotogenik. Banyak patung-patung Buddha yang dibuat di sini.
            Setelah puas berkeliling kuil Ling Sen Tong, Dreamland beranjak ke kuil berikutnya untuk berfoto dengan keunikan kuil yang berdiri megah dekat gunung kapur. Akhirnya Dreamland pun tiba di lokasi wisata utama, yakni Sam Poh Tong. Kuil yang satu ini memang paling unik dibandingkan kuil lainnya karena letaknya yang masuk mulut gua kapur, serta terdapatnya kuil rahasia didalam. Kita tidak dikenakan biaya untuk masuk. Kita bisa melihat kolam yang penuh berisi kura-kura, serta berfoto dengan kuil yang terletak di antara tebing gunung kapur yang curam. Pemandangan yang sangat indah dan eksotis. Dreamland berjalan menelusuri berbagai keindahan yang ada di Sam Poh Tong ini dengan menaiki tangga ke atas untuk melihat pemandangan yang lebih luas.
            Setelah puas, Dreamland pun keluar dan menuju ke halte bus kembali untuk mendapatkan bus yang menuju ke Gua Tempurung. Dreamland sempat kebingungan karena bus di Ipoh ini sangat jarang dan arahnya sangat membingungkan. Dreamland bertanya ke sana kemari, namun tidak mendapatkan jawaban yang cukup memuaskan. Akhirnya dengan modal nekad, Dreamland naik bus terusan Kampar 66 untuk menuju Gua Tempurung dan ternyata bus ini sejurusan dengan lokasi tersebut!
            Berhubung cuaca yang sangat panas, Dreamland pun sempat tertidur di bus. Sistem pembayaran di PerakTransit ini tidak menggunakan baki dengan uang pas, melainkan ada kenek bus yang akan menagih tarif sesuai jarak yang ditempuh. Setelah menempuh perjalanan selama 1 jam, akhirnya Dreamland diberhentikan di pintu masuk terluar dari Gua Tempurung. Ternyata untuk mengakses Gua Tempurung ini harus berjalan selama 2 km! Astaga!
            Berhubung tidak ada bus dan taksi yang melayani ke Gua Tempurung, serta tidak mungkin meminta tumpangan pada kendaraan pribadi yang mendominasi masuk keluar gua, akhirnya Dreamland berjalan kaki sejauh 2 km dengan matahari yang bersinar sangat terik. Memprihatinkan memang tempat wisata yang satu ini sangat sulit dijangkau oleh turis asing. Dreamland akan bahas fenomena ini dalam Dreamland Traveller Moment.
            Singkat kata, sesampainya di Gua Tempurung setelah berjalan kaki selama 40 menit, Dreamland sudah kepayahan karena kaki serasa sudah mau potong sana sini. Berhubung jam tutup gua tinggal sebentar lagi, Dreamland pun langsung membeli tiket seharga RM 6 untuk petualangan singkat Golden Flowstone.
Dalam tur ini, Dreamland dibawa masuk ke dalam gua raksasa yang cukup megah. Banyak sekali turis lokal Malaysia yang berkunjung ke sini dan mungkin hanya Dreamland yang termasuk orang asing. Hiks… Selanjutnya, pemandu menerangkan berbagai bentuk gua yang merepresentasikan bentuk tertentu. Itu ada lumba-lumba tidur, ada kaki gadis, ada kepala banteng, dan lain sebagainya dalam bahasa Malay. Ternyata perjalanan tur ini sangat singkat dan tidak menantang sama sekali, sehingga terkesan sangat garing.
Tentu jika dibandingkan dengan Gua Naga Kuning di Changsha, China yang pernah Dreamland kunjungi, Gua Tempurung ini tidak ada apa-apanya sama sekali. Tapi lumayan lah jadi Dreamland tahu Gua Tempurung yang digembor-gemborkan dalam brosur wisata Ipoh ini. Akhirnya Dreamland pun berjalan pulang ke luar gua dan berusaha mencari tumpangan agar terhindar dari perjalanan yang melelahkan kaki. Namun semua orang Malaysia tampaknya begitu sibuk dengan dirinya sendiri jadi terpaksa Dreamland harus jalan kaki lagi sejauh 2 km!
Lagi-lagi Dreamland melewati jalan yang sama untuk jalan kaki dengan sangat melelahkan. Kalau rindang sih masih mending. Ini jalannya seperti highway di negara bagian Amerika dalam film dan matahari bersinar sangat terik, sehingga rasanya seperti di sauna alam. Pokoknya sepulang dari Ipoh, muka Dreamland jadi menghitam karena panasnya matahari di sini. Singkat kata, setelah berjalan tertatih-tatih, akhirnya Dreamland sampai di pinggir jalan utama. Namun tantangan masih berlanjut, yakni Dreamland harus menunggu bus yang akan membawa Dreamland kembali ke kota selama 1 jam!
Bus di Ipoh ini pokoknya sangat tidak nyaman karena frekuensinya yang jarang dan haltenya yang jaraknya sangat jauh. Setelah bersusah payah jalan, sekarang bersusah payah mencari bus. Benar-benar sengsara ala gembel! Taksi pun tidak lewat satupun di jalan ini. Singkat kata, Dreamland mendapatkan bus setelah menunggu lama dan akhirnya sampai di Medan Kidd dengan kondisi yang mengenaskan bercucur peluh.
Dreamland langsung makan malam terlebih dahulu, kemudian menuju ke hotel untuk beristirahat sejenak karena kaki yang sangat pegal. Setelah itu, malamnya Dreamland berkunjung ke mal yang ada di dekat hotel untuk berbelanja beberapa barang. Malam pun semakin larut dan Dreamland pun memutuskan untuk beristirahat untuk mempersiapkan diri esok hari dalam menikmati wisata Ipoh yang lain.
Senang sekaligus capek rasanya menjelajahi Sam Poh Tong dan Gua Tempurung!

Ipoh, 24 Agustus 2013

Dreamland Traveller

Catatan:
- Ipoh adalah ibukota dari Kerajaan Perak di Malaysia.
- Ipoh terletak di antara Kuala Lumpur dan Pulau Pinang (Penang),
- Kurs mata uang RM saat Dreamland melakukan perjalanan adalah 3.350 IDR.
- Tempat wisata yang terdapat di Ipoh, antara lain The Lost World of Tambun, Gua Tempurung, Sam Poh Tong, Kek Lok Tong, dan lain sebagainya.
- Rata-rata tempat wisata di Ipoh berjarak sangat jauh dari pusat kota dan memakan waktu 20 menit – 1 jam perjalanan.
- Ipoh terkenal dengan kenikmatan kopi putihnya yang tiada tara.
- Bus PerakTransit di Ipoh bisa digunakan untuk mengunjungi beberapa tempat wisata di Ipoh.
- Terminal bus dalam kota Ipoh terpusat di Medan Kidd.

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.