Sunday, September 1, 2013

Day 1 : Menikmati Ketenangan Kota Tua Ipoh

Dreamland Traveller

Day 1 : Menikmati Ketenangan Kota Tua Ipoh
            Dreamland Traveller kembali hadir di penghujung bulan Agustus 2013 untuk menyajikan nilai-nilai kehidupan yang Dreamland dapatkan dari setiap trip yang Dreamland lakukan. Kali ini, Dreamland mengunjungi salah satu wilayah bagian dari Malaysia yang termasuk dalam Kerajaan Perak. Wilayah ini terkenal dengan ketenangan dan unsur historis dari setiap bangunan yang ada didalamnya. Apalagi kalau bukan kota tua Ipoh. Selain itu, Ipoh juga terkenal dengan kopi putihnya yang sangat nikmat dan bercita rasa tinggi.





            Perjalanan bermula ketika Dreamland berangkat dari rumah menuju Bandara Internasional Husein Sastranegara pada pukul 07.00 WIB. Dreamland harus mengejar pesawat AirAsia tujuan Bandung – Kuala Lumpur pukul 08.00. Seperti biasa setibanya di bandara, Dreamland langsung masuk untuk menjalankan proses keberangkatan, mulai dari membayar airport tax senilai 75.000 IDR, cap imigrasi, hingga akhirnya menunggu di ruang tunggu bandara yang sudah sangat familiar bagi Dreamland.







            Satu hal yang menarik perhatian Dreamland saat berangkat kali ini adalah tersedianya 2 komputer yang bisa digunakan untuk mengakses internet. Sebuah kemajuan bagi Bandara Internasional Husein Sastranegara memang, namun sayangnya fasilitas Wi-Fi dan komputer ini malah tersedia di tempat yang “salah” alias lantai tempat konter memasukkan bagasi. Padahal seyogianya penumpang akan memerlukan hiburan saat berada di ruang tunggu. Semoga pihak bandara bisa melakukan pembenahan dan pemasangan Wi-Fi di tempat yang tepat ya.







            Akhirnya setelah menunggu delay selama 20 menit, Dreamland pun masuk ke pesawat dengan berjalan kaki. Dreamland menempuh perjalanan selama 2 jam 5 menit sebelum akhirnya tiba di bandara LCCT Kuala Lumpur. Sesampainya di LCCT yang sebenarnya kurang layak disebut bandara karena kondisinya lebih mirip terminal bus, Dreamland langsung berjalan menuju ke gedung imigrasi untuk mendapatkan cap masuk negara Malaysia. Suasana bandara begitu lenggang sehingga Dreamland pun dapat melewati proses ini dengan cepat dan mudah. 





            Dreamland langsung berjalan keluar melewati tempat pengambilan bagasi, hingga akhirnya tiba di tempat pembelian tiket bus. Berhubung kali ini perjalanan Dreamland mengambil fokus utama di Ipoh, maka Dreamland langsung menuju konter bus Star Shuttle jurusan Ipoh. Sayangnya Dreamland terlewat bus pukul 11.45, sehingga harus menunggu sampai pukul 02.00. Dreamland pun akhirnya mengisi waktu dengan makan di Taste of Asia, serta berbelanja di supermarket yang ada di bandara. Setelah waktu hampir menunjukkan pukul 02.00, Dreamland langsung menuju ke platform 7 dan naik ke bus setelah menyerahkan tiket. Tiket bus langsung ke Ipoh dari LCCT ini harganya RM 42.





            Bus pun berangkat dan akhirnya perjalanan ke Ipoh pun dimulai. Sepanjang perjalanan, Dreamland melihat hanya pepohonan sawit yang ada di kanan kiri jalan. Dreamland salut dengan pemerintah Malaysia yang bisa menyediakan jalan tol yang menghubungkan setiap kota besar di Malaysia tanpa adanya hambatan yang berarti. Semua jalan tol di Malaysia hampir menyerupai tol Cipularang. Hal ini akan Dreamland bahas dalam Dreamland Traveller Moment. 






            Dreamland diberi kesempatan istirahat 1 kali untuk ke toilet di rest area sebelum akhirnya sampai di Terminal Amanjaya Ipoh setelah menempuh perjalanan selama 3 jam 30 menit. Sebagai info, bus antar kota di Malaysia ini sangat nyaman. Jarak antar kursinya sangat luas dan bisa dipakai untuk melonjorkan badan. Pokoknya perjalanan selama apapun takkan terasa pegal ataupun capek karena fasilitas busnya memang sangat oke. Semoga saja bus antar kota Indonesia bisa seperti di Malaysia ya. Kebersihan dan ketertiban penumpangnya pun patut diacungi jempol.




            Sesampainya di Terminal Bus Amanjaya yang merupakan markas dari bus antar kota di Ipoh, Dreamland terkagum-kagum dengan terminal bus yang dibuat sangat nyaman. Fasilitasnya hampir menyerupai bandara dengan adanya hotel transit, serta sarana bermain yang oke. Sama halnya dengan Terminal Bersepadu Selatan di Kuala Lumpur yang sangat bagus. Fenomena ini akan Dreamland bahas dalam Dreamland Traveller Moment. 




            Berhubung Dreamland masih buta arah dengan terminal bus yang satu ini, Dreamland pun akhirnya memutuskan untuk keluar dari terminal menuju ke pusat perbelanjaan Mydin yang sangat besar dan terletak di seberang Terminal Amanjaya ini. Di Mydin, Dreamland berjalan-jalan sejenak melihat mal, selain itu juga berbelanja sejumlah barang kebutuhan pokok. Dreamland melihat harga barang kebutuhan pangan di sini tetap stabil dan tidak naik drastis seperti di Indonesia. Sebuah pertanyaan besar mengapa pemerintah Malaysia bisa melakukan stabilisasi harga kebutuhan pokok, sementara pemerintah Indonesia tidak. Hal ini akan Dreamland bahas dalam Dreamland Traveller Moment.




            Setelah puas berjalan-jalan dan berbelanja, Dreamland pun makan malam terlebih dahulu di food court yang ada di Mydin mal ini. Selanjutnya Dreamland pun langsung mencari bus yang akan membawa Dreamland ke kota. Boleh dikatakan Terminal Amanjaya ini sangat amat tidak strategis tempatnya karena terletak di luar pusat kota Ipoh, sehingga kalau kemalaman kita terpaksa harus naik taksi. Untungnya bus PerakTransit tiba-tiba berhenti di jalan dan rutenya sesuai dengan hotel yang Dreamland tempati. Cihuy! Dreamland pun naik dan membayar RM 2,9 untuk menuju ke Tune Hotels.com Ipoh.
            Sepanjang perjalanan, Dreamland melihat kota Ipoh ini begitu sepi. Jauh dari hingar bingar keramaian Kuala Lumpur dan Penang, Ipoh sangatlah tenang di malam hari. Bangunan kunonya berjejer rapi sepanjang jalan. Ada yang dirawat dengan baik, ada juga yang dibiarkan seperti hutan belantara sehingga memberi kesan seram tatkala melintas didepannya. Dreamland melewati Ipoh Railway Station yang legendaries sebelum akhirnya bus memberhentikan Dreamland dekat Tune Hotels.com Ipoh. 
            Sesampainya di Tune Hotels.com Ipoh, Dreamland langsung melakukan proses check-in dan beristirahat karena hari yang sudah larut malam. Lokasi Tune Hotels.com Ipoh ini sangat strategis karena berada di pusat kota Ipoh. Pokoknya sangat direkomendasikan bagi Anda yang mendapatkan harga promo dan mau berlibur di Ipoh. Dreamland mendapat kamar nomor 419 dan akhirnya Dreamland membaringkan tubuh untuk mempersiapkan diri esok hari dalam rangkaian Ipoh Trip. 

            Senang sekali rasanya bisa mengunjungi dan menikmati ketenangan di kota tua Ipoh yang legendaris!

Bandung, Ipoh, 23 Agustus 2013

Dreamland Traveller

Catatan:
- Ipoh adalah ibukota dari Kerajaan Perak di Malaysia.
- Ipoh terletak di antara Kuala Lumpur dan Pulau Pinang (Penang),
- Kurs mata uang RM saat Dreamland melakukan perjalanan adalah 3.350 IDR.
- Tempat wisata yang terdapat di Ipoh, antara lain The Lost World of Tambun, Gua Tempurung, Sam Poh Tong, Kek Lok Tong, dan lain sebagainya.
- Rata-rata tempat wisata di Ipoh berjarak sangat jauh dari pusat kota dan memakan waktu 20 menit – 1 jam perjalanan.
- Ipoh terkenal dengan kenikmatan kopi putihnya yang tiada tara.
- Bus PerakTransit di Ipoh bisa digunakan untuk mengunjungi beberapa tempat wisata di Ipoh.
- Terminal bus dalam kota Ipoh terpusat di Medan Kidd.


~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.