Thursday, September 26, 2013

Tipe Belanja Turis Indonesia

Dreamland Traveller Moment


Tipe Belanja Turis Indonesia
            Belanja adalah salah satu aktivitas yang paling disukai turis Indonesia. Tak heran rasanya jika belanja selalu menyita banyak waktu dalam rangkaian acara tur dimanapun  di seluruh dunia jika ada turis Indonesia didalamnya. Nah Dreamland akan menyimpulkan beberapa tipe belanja orang Indonesia yang pasti ditemukan hampir di semua tempat wisata. 
            Turis Indonesia itu kalau berbelanja suka bergerombol. Meskipun toko yang menjual barang serupa banyak, biasanya turis Indonesia tumplek di satu toko. Semua sibuk mencari barang dan oleh-oleh di toko yang sama. Tentu hal ini sangat menguntungkan pemilik toko jika orang Indonesia singgah didalamnya. Biasanya berbelanja suka diikuti dengan aktivitas ngerumpi, seperti saling tanya ini bagus ga? 
            Turis Indonesia itu mudah dibohongi. Saat dibawa ke toko pemerintah, baik toko giok maupun obat, banyak sekali turis yang membeli produk tersebut karena diklaim asli. Kerabat Dreamland yang tertipu dan membeli sejumlah item merasakan tidak ada manfaat dari produk yang dibeli dari China ini. Akhirnya barang tersebut hanya ditaruh sebagai pajangan dan tidak berfungsi apapun. Ingat, petugas toko pemerintah China ini sangat terlatih untuk menyakinkan konsumen terutama asal Indonesia agar membeli dalam jumlah yang besar.
            Turis Indonesia itu royal kalau berbelanja. Pokoknya kalau lihat toko saja pasti bawaannya harus beli ini dan itu. Semua harus dibeli. Akibatnya bagasinya selalu kelebihan muatan dan menjadi masalah saat pulang nanti. Kuantitas barang yang dibeli pun tidak main-main, mencapai belasan sampai puluhan karena akan dibagikan sebagai oleh-oleh pada semua kerabat. Pasti uang itu habis berjuta-juta untuk berbelanja.
            Turis Indonesia itu enggan tawar menawar. Pasar di China sebagian besar menggunakan sistem tawar menawar hingga 70%. Namun entah karena murah hati atau tidak tegaan, biasanya turis Indonesia hanya berani menawar sampai 50% saja. Padahal keuntungan pedagang itu bisa berkali-kali lipat, apalagi produk China itu rata-rata palsu semua hanya saja KWnya istimewa, sehingga menyerupai asli.
            Turis Indonesia itu suka pamer belanjaan. Pokoknya obrolan di bus itu pasti soal belanjaan kalau sesudah dari toko. Tadi saya beli itu, ini, sana, sini, atas, bawah, dan lain sebagainya sambil ditunjukkan barangnya agar terlihat elegan dan mewah. Rata-rata barang yang dibeli harganya tinggi dan kuantitasnya banyak.
            Demikian tipe belanja turis Indonesia. Adakah ciri-ciri di atas yang menyerupai tipe belanja Anda di tempat wisata?

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.