Tuesday, November 10, 2015

Danau Tazawa yang Jernih

Dreamland Traveller Moment


Danau Tazawa yang Jernih
            Sebagai salah satu destinasi utama di Akita, Danau Tazawa menjadi salah satu wilayah yang Dreamland kunjungi bersama keluarga Gen tatkala berada di kota Semboku. Dengan mobil, kami parkir di pinggir jalan dan menikmati suasana danau yang begitu tenang, damai, dan bersih. Menurut informasi, Danau Tazawa merupakan danau terdalam di Jepang, sehingga tidak pernah membeku di musim dingin. Danau yang ditandai dengan ikon patung perempuan berwarna emas ini juga menjadi tempat rekreasi warga Jepang yang menyenangkan.
            Tatkala turun dan melihat air Danau Tazawa secara langsung, Dreamland terkejut melihat kejernihan air yang sangat bening. Ikan-ikan begitu riang menyambut makanan yang diberikan anak Gen dan temannya. Meskipun banyak dikunjungi turis, tidak ada satupun sampah makanan atau snack yang mengambang di Danau Tazawa. Benar-benar sangat mengagumkan. Kesadaran orang Jepang dalam menjaga lingkungan memang patut diacungi jempol.
            Jika Dreamland membandingkan kondisi Danau Tazawa dengan Danau Toba di Medan yang pernah Dreamland kunjungi saat kecil, tentu ada keprihatinan tersendiri bagi Dreamland. Selain airnya coklat, terkadang saat menuju Pulau Samosir, Dreamland menemukan banyak sampah plastik yang mengambang dan tersangkut ke perahu. Belum lagi tumbuh-tumbuhan liar yang terbawa dan tersangkut di perahu menjadi pemandangan yang tidak enak dilihat. Sangat amat disayangkan rasanya.
            Semoga saja kesadaran paling dasar, yakni buang sampah pada tempatnya segera diterapkan masyarakat Indonesia di semua tempat wisata agar kebersihan dan kualitas tempat wisata yang kita tawarkan pada turis asing mampu membuat mereka betah berada lama di Indonesia. Jangan sampai kita hanya menjadi penuntut sejati pemerintah, tetapi kitalah aktor pembuang sampah di lokasi wisata. Yuk kita wujudkan Danau Toba yang sejernih Danau Tazawa!

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.