Friday, March 20, 2015

Shinkansen Tanpa Kata Delay

Dreamland Traveller Moment


Shinkansen Tanpa Kata Delay
            Budaya jam karet memang sudah mendarah daging dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Kereta api, pesawat, busway, bus, dan berbagai moda transportasi lainnya tak luput dari urusan penundaan atau delay karena berbagai faktor. Belum lagi kebiasaan datang mepet ke kantor, sekolah, kampus, dan tempat rapat membuat budaya ini menjadi kebiasaan buruk yang membudaya. Alhasil, banyak pekerjaan yang seharusnya bisa dikerjakan dalam satu hari, bisa jadi molor ke hari berikutnya karena delay ini.
            Tentu sebagai orang yang dibesarkan dengan budaya lelet dan lamban ini, Dreamland terkejut melihat semua moda transportasi di Jepang yang sangat on time. Saat Dreamland menunggu Shinkansen yang dijadwalkan berangkat pukul 13.20, Shinkansen datang jam 13.15. Setelah semua penumpang yang turun di Stasiun Tokyo meninggalkan kereta, kita pun diminta masuk dan duduk di tempat yang telah ditentukan. Begitu jam tepat menunjukkan pukul 13.20, Shinkansen pun berangkat meninggalkan Stasiun Tokyo.
            Jangan harap jika Anda terlambat 1 menit, atau bahkan 1 detik sekalipun, Shinkansen akan berhenti untuk membuka pintu. Shinkansen akan benar-benar langsung tancap gas meninggalkan stasiun yang bersangkutan tanpa tapi-tapi dan alasan apapun. Maka wajar jika Shinkansen pun tiba di Akita tepat pukul 17.08, tanpa kurang 1 menit atau lebih 1 menit pun. Benar-benar budaya yang sangat menghargai arti waktu dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. 
            Andai saja budaya tepat waktu ini bisa dibudayakan sejak dini pada masyarakat Indonesia, yakinlah bahwa SDM Indonesia menjadi lebih produktif dan kreatif dalam berkarya untuk kemajuan bangsa. Kita tidak dididik menjadi orang yang malas, melainkan orang yang displin dari segi sikap, perilaku, dan etika. Bukankah orang yang menghargai waktu adalah orang yang menghargai hidupnya sendiri bernilai? Yuk kita tiru Jepang dalam soal budaya tepat waktu ini.

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.