Saturday, March 21, 2015

Toilet Kereta Bintang Lima

Dreamland Traveller Moment

Toilet Kereta Bintang Lima
            Toilet umum biasanya identik dengan aroma tak sedap, kotoran yang tidak dibersihkan, hingga kondisi yang mengenaskan. Rupanya hal ini tidak berlaku pada Shinkansen Komachi 21 yang Dreamland naiki saat berangkat dari Stasiun Tokyo menuju Stasiun Akita. Tatkala Dreamland menggunakan toilet, kondisinya sangat bersih dan mewah. Ada urinoir dalam ruang kecil dengan wastafel ala mal. Ada juga kamar mandi dengan kloset yang dilengkapi dengan berbagai tombol layaknya di hotel. 
            Kita tak perlu menutup hidung karena bau toilet yang tidak sedap karena toilet yang ada di Shinkansen ini sangat higienis dan tidak berbau. Sistem pembuangan air yang berfungsi dengan baik, budaya masyarakat Jepang pengguna toilet yang displin setelah menggunakan toilet, serta infrastruktur toilet yang mewah membuat Dreamland serasa tidak berada di kereta yang sedang berjalan ketika menggunakan toilet. Benar-benar patut diacungi jempol.
            Memang sulit menuntut hal yang sama diberlakukan di Indonesia, tapi setidaknya budaya penggunaan toilet yang bersih sudah seharusnya diterapkan sejak dini agar kondisi toilet umum tidak serta merta dicap kumuh, berbau, dan kotor.

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.