Thursday, March 19, 2015

Barisan ala Pramuka di Stopan

Dreamland Traveller Moment


Barisan ala Pramuka di Stopan
            Hukum dibuat untuk dilanggar. Pepatah ini mungkin biasa kita dengar di Indonesia yang “hobby” melanggar aturan yang dibuat dengan berbagai alasan yang ngeles. Hal berbeda justru Dreamland temukan sebaliknya tatkala berkunjung ke Jepang. Saat Dreamland mau membawa barang ke dalam truk barang, ada sebuah fenomena menarik yang Dreamland temui. Orang Jepang dengan sangat tertib, rapi, dan teratur berbaris menunggu lampu stopan yang berwarna merah. Padahal kondisi jalan saat itu sangat sepi dan bisa saja melenggang menyeberang tanpa menunggu lampu hijau berganti warna.
            Anehnya, mereka tetap tenang menunggu dengan tertib. Bahkan kalau boleh dikatakan antriannya pun menyerupai barisan pramuka, meskipun di lampu stopan sekalipun. Benar-benar kedisplinan dan ketaatan pada aturan yang sangat patut diacungi jempol. Coba saja hal ini terjadi di Indonesia, bisa jadi orang sudah berlarian menyeberang sekalipun lampu hijau menyala selagi sepi. Alasannya ya hemat waktu, biar ga panas, dan sejuta alasan ngeles lainnya.
            Simpel memang menunggu lampu stopan hijau hingga berubah warna menjadi merah agar bisa menyeberang. Tapi bukankah kedisplinan itu awalnya sebuah kebiasaan kecil yang ditanamkan sejak dini. Jika displin saja sudah bisa diterapkan pada hal kecil, maka bukan tidak mungkin displin pada hal yang besar jauh lebih baik dan teratur, bukan? Dreamland benar-benar salut untuk kedisplinan orang Jepang dalam hal antri mengantri ini.

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.