Sunday, March 22, 2015

Siaran Berita Jepang yang Ceria

Dreamland Traveller Moment


Siaran Berita Jepang yang Ceria
            Program berita yang ditayangkan di TV umumnya menampilkan kesan serius, kaku, formal, dan serba tertata dengan rapi. Kita disuguhkan presenter yang membacakan berbagai peristiwa yang terjadi dengan tutur kata EyD yang disempurnakan, jas yang rapi, serta latar belakang yang futuristik ala kantor modern. Berbeda dengan kantor berita TV yang ada di Akita Broadcasting System, siaran berita disajikan dengan latar belakang warna yang cerah. 
            Tentu hal ini menabrak pakem siaran berita yang seharusnya serius dan disajikan dalam warna gelap. Hal inilah justru yang membuat ABS Jepang berani “think out of the box” karena keluar dari kebiasaan yang dilakukan semua TV berita di dunia. Mereka mengatakan bahwa warna yang cerah akan membuat suasana hati orang yang melihat berita menjadi bahagia, bukan justru tegang karena warna berpengaruh pada otak manusia. Benar-benar pemikiran yang brilian.

            Mereka juga membuat ornamen yang cerah dan ceria agar siaran berita menjadi tontonan yang bisa dinikmati semua kalangan, bukan hanya orang dewasa dan tua. Siaran berita pun bukan menjadi tontonan yang “berat”, tapi dapat dijadikan sarana menambah informasi yang menyenangkan dan menyegarkan pikiran. Salut untuk ABS yang mampu mengimplementasikan ide secara kreatif dengan paduan dan sentuhan yang terbilang nyentrik.

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.