Sunday, December 11, 2016

Demam 11-11 di China

Dreamland Traveller Moment




Demam 11-11 di China


            Sebagai negara dengan jumlah populasi terbesar di dunia, China mempunyai pasar e-commerce yang sangat luas. Salah satu fenomena yang sering Dreamland lihat adalah banyaknya mahasiswa yang membeli sesuatu secara online di toko online, seperti Taobao.com, JD.com, dan masih banyak lainnya. Tak heran rasanya setiap hari Dreamland selalu melihat mahasiswa menenteng paket yang dikirim dari toko online di tempat pengambilan barang khusus yang tersebar di beberapa tempat di kampus.

Salah satu tren yang booming terlihat adalah hari belanja online yang terjadi pada 11 November 2016. Banyak sekali mahasiswa yang sibuk melihat internet untuk berburu barang yang mereka inginkan saat 11.11 dimulai. Saking banyaknya orang yang mau berbelanja di beberapa website toko online sampai-sampai website pun down dan barang yang dihunting pun habis dalam hitungan detik saja pada pukul 00.00.

Bukan hanya fenomena saat 11.11 terjadi, tapi juga pengambilan barang selang 2 - 4 hari setelah 11 November. Antrian panjang mengular saat mahasiswa mengambil barang di tempat pengambilan barang khusus layaknya antrian sembako. Masing-masing terlihat sumringah saat melihat barang yang mereka beli tiba di kampus. Belanja tiap mahasiswa pun tidak tanggung-tanggung. Ada yang berbelanja 500 hingga 2.000 CNY hanya dalam hitungan jam saja!

Mengingat sebentar lagi Dreamland pulang ke Indonesia, Dreamland sendiri tidak tertarik untuk membeli apapun karena akan kebingungan bagaimana cara membawa barang-barang yang dibeli ke Indonesia. Apalagi jatah bagasi Dreamland pun sangat terbatas. Tapi yang jelas, demam 11.11 di China ini sangat terasa begitu hebohnya dan tentunya toko online yang berpartisipasi kebanjiran order yang luar biasa banyak hanya dalam 1 hari.



~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.