Sunday, December 4, 2016

Terhindar dari Kehilangan Paspor

Dreamland Traveller Moment




Terhindar dari Kehilangan Paspor


            Paspor adalah dokumen perjalanan yang berperan sangat penting bagi siapapun di seluruh dunia yang melintasi atau singgah di negara lain. Sama halnya dengan uang, paspor adalah buku sakti yang memungkinkan kita untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Tak heran jika paspor menjadi “nyawa” kita saat traveling atau bepergian ke negara lain. Selain berisi cap ataupun visa dari negara yang pernah kita singgahi, paspor juga adalah buku sakti untuk masuk kembali ke Indonesia.

            Saat Dreamland menghadiri pameran di Shanghai dan Yiwu pada pertengahan Oktober 2016 lalu, 2 orang peserta pameran kehilangan paspor. Peserta pertama kehilangan paspor saat berkunjung ke pameran Shanghai yang luasnya 20 kali Gedung Sasana Budaya Ganesha. Mungkin akibat ramainya suasana pameran dan paspor ditaruh di kantong celana secara ala kadarnya, sehingga terjatuh tanpa diduga. Akibatnya, peserta asal Georgia ini panik dan harus pergi ke kantor polisi untuk melaporkan kehilangan paspor setelah pameran di Shanghai berakhir.

            Lain halnya dengan peserta kedua. Sehabis pameran Shanghai, hampir semua peserta meneruskan pameran ke Yiwu. Saat peserta kedua membeli tiket kereta di Shanghai Hongqiao station, dia tidak sadar bahwa paspornya terjatuh di sebuah tempat sesudah membeli tiket. Suasana stasiun Shanghai Hongqiao saat itu sangat ramai dan pastinya sangat sulit untuk menemukan paspor yang terjatuh. Sayangnya, peserta kedua baru menyadari paspornya hilang saat berada di Yiwu.

            Alhasil, alih-alih menghadiri pameran, peserta kedua justru sibuk ke kantor polisi untuk mengurus kehilangan paspor dan akan mengurus paspor baru di Kedutaan Bangladesh. Dapat dibayangkan betapa repotnya kita jika kehilangan paspor di sebuah negara, khususnya negara yang tidak dapat berbahasa Inggris seperti China. Bukan hanya panik, cemas, dan serba tidak tenang, tetapi juga proses ini memakan waktu, tenaga, dan pikiran.

            Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk terhindar dari kehilangan paspor. Tentu banyak cara yang dapat kita lakukan agar paspor tidak berpindah tangan atau terjatuh di suatu tempat tanpa kita ketahui. Berikut tips yang bisa Dreamland berikan:

- Taruh paspor di money belt atau tas pinggang dalam baju. Selain aman, paspor juga tidak akan terjatuh di sembarang tempat. Hal ini dapat dilakukan jika paspor dalam kondisi tidak akan atau sedang digunakan.

- Saat berada di keramaian, pastikan untuk meraba di mana lokasi paspor berada, khususnya di kantong baju dan celana setiap 5 menit. Jika paspor terasa tidak ada di tempatnya, kita bisa mengecek sekeliling tanpa harus berputar ke semua tempat.

- Sesudah membeli tiket kereta yang membutuhkan paspor sebagai bukti identitas, taruh kembali di tas, kantong baju, atau money belt secara aman. Pastikan tas di resleting dengan baik, paspor dimasukkan dengan tepat dan letaknya dalam pada kantong baju, atau masukkan ke dalam money belt jika tidak digunakan lagi.

            Demikian tips yang bisa Dreamland berikan, semoga kita semua terhindar dari kehilangan paspor. Apalagi jika paspor kita sudah singgah ke berbagai negara, tentu sayang rasanya jika kita harus kehilangan semua cap dan visa yang kita miliki, bukan? Selamat berwisata dan menjaga paspor dengan baik!



~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.