Monday, December 19, 2016

Tourist Scam di Shanghai

Dreamland Traveller Moment




Tourist Scam di Shanghai


            Sebagai kota metropolitan dan perdagangan terbesar di China, Shanghai menjadi magnet pariwisata bagi wisatawan asing. Tak heran rasanya jika Dreamland menemukan banyak sekali turis asing yang berwisata di Shanghai, khususnya Nanjing Road yang terkenal dengan banyaknya pertokoan modern dengan brand ternama, seperti Gucci, Nike, Adidas, Etude House, Disney, dan masih banyak lainnya.

            Sayangnya, keramaian turis asing ini dimanfaatkan oleh oknum China yang tidak bertanggung jawab untuk meraih keuntungan dengan cara yang tidak baik. Saat Dreamland hendak bertanya ke polisi lalu lintas di mana letak The Bund saat berjalan di Nanjing Road, tiba-tiba ada ibu-ibu yang mendadak nyerocos mendadak menjawab pertanyaan Dreamland. Padahal saat itu Dreamland sedang bertanya ke polisi lalu lintas.

            Melihat Dreamland pergi dengan orang asing, ibu China ini malah tambah semangat. Hebatnya ibu ini bisa berbahasa Inggris dengan baik. Dia pun dengan agresif menawarkan jam tangan, massage, dan berbagai jenis jualan lainnya. Dreamland pun tidak menggubris, segera berlalu dan berjalan meninggalkan Nanjing Road. Ibu ini pun langsung mendekati turis asing lainnya dan menawarkan hal serupa. Rupanya beliau mengincar turis yang kebingungan dan baru pertama kali ke Shanghai.

            Saat Dreamland berjalan mendekati The Bund, ada sekumpulan orang China yang sangat mencurigakan berkumpul di satu titik dekat bangunan bank. Begitu turis asing lewat, mereka langsung menghampiri dan menawarkan barang dagangan di toko yang mereka wakili. Hebatnya lagi pakaian mereka sangat rapi layaknya orang terhormat dan aktingnya pun sangat sempurna. Mereka bisa berbahasa Inggris dengan sangat baik.

            Begitu sampai di foto spot Shanghai TV Tower, lagi-lagi ada sekumpulan perempuan layaknya model yang tampaknya mengincar bos-bos atau turis asing, belum lagi ada oknum, khususnya orang China yang sudah berumur 40an, tampaknya mengincar turis asing dengan bahasa Inggris yang sangat mumpuni. Sungguh Dreamland salut dengan gerombolan gangster yang berusaha menjebak turis asing ini dengan kemampuan memikat mereka yang sudah dilatih sedemikian rupa.

            Tentu sebagai turis asing kita perlu waspada dengan berbagai gerak gerik mencurigakan dari orang yang terlihat baik dan akan menolong saat berada di Shanghai karena kebaikan orang China di Shanghai layaknya udang di balik batu. Jangan sampai kita terlena untuk menggunakan jasa mereka dan justru kehilangan harta benda yang kita bawa atau bahkan nyawa. Waspadalah! Waspadalah!



~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.