Sunday, December 14, 2014

Changi Airport Tanpa Kata Delay

Dreamland Traveller Moment


Changi Airport Tanpa Kata Delay
            Sebagai salah satu bandara internasional di dunia yang menjadi penghubung antara Asia Tenggara dan dunia, Changi Airport termasuk bandara yang sibuk dalam hal lalu lintas udara. Banyak frekuensi penerbangan membuat efisiensi waktu antar keberangkatan dan ketibaan menjadi suatu hal yang mutlak untuk diperhatikan. Tak heran rasanya jika on time menjadi prinsip dasar yang dipertahankan Changi Airport dalam melayani penumpang.
            Hal ini Dreamland alami tatkala Dreamland berada di Changi Airport dalam rangkaian Indochina Trip. Waktu itu Dreamland sedang menunggu keberangkatan pesawat menuju Bangkok, Thailand. Dreamland menghabiskan waktu transit dari penerbangan Jakarta – Singapore dan Singapore – Bangkok di Changi Airport dengan menikmati berbagai fasilitas yang ada. 
            Setelah jam keberangkatan sudah hampir tiba, Dreamland segera masuk ke ruang tunggu keberangkatan untuk masuk ke ruang tunggu akhir. Tepat 1 jam sebelum jam penerbangan, ruang tunggu akhir sudah dibuka dan petugas sudah siap melayani dengan pemeriksaan barang bawaan akhir, serta penyobekan boarding pass. Benar-benar sangat professional dan sigap pelayanan Changi Airport ini.
            Tak hanya itu, 10 – 20 menit sebelum jam keberangkatan, penumpang sudah diminta masuk ke dalam pesawat untuk duduk di kursi yang telah ditentukan. Setelah itu, proses penghitungan penumpang dimulai dan gerbang masuk pesawat pun ditutup. Tepat seperti jam keberangkatan, pesawat sudah meninggalkan garbatara dan menuju landasan pacu. Tak heran rasanya jika jam ketibaan yang tertera di boarding pass selalu pas atau hanya kurang lebih dari 5 menit.
            Konsekuensi dari on time ini adalah Changi Airport tidak mentolerir keterlambatan dalam bentuk apapun. Hal ini membuat kita displin dan sadar waktu dengan tidak berleha-leha di fasilitas atau berbelanja di toko duty free. Selain itu, kita juga dituntut melihat jam dan bertanggung jawab untuk pesawat yang kita tumpangi karena boleh dikatakan Changi Airport sangat luas dan membutuhkan waktu untuk pergi ke ruang tunggu keberangkatan dari imigrasi.
            Hal ini sangat berbeda dengan Bandara Soekarno-Hatta yang juga sangat sibuk oleh penerbangan domestik, tapi keberangkatan seringkali molor dari jadwal karena kurangnya landas pacu yang memadai dan pesawat yang mengantri akibat menunggu landing pesawat lainnya dari negara atau daerah lain. Justru yang ada pengelola bandara malah membangun terminal baru, bukan membenahi landasan pacu yang jauh lebih vital dan krusial bagi lalu lintas udara. Wajar rasanya kalau delay menjadi kata yang lekat disematkan pada Bandara Soekarno-Hatta tercinta.
            Semoga saja on time Changi Airport ini dapat menular pada Bandara Soekarno-Hatta suatu hari nanti. Semoga.

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.