Tuesday, December 30, 2014

Pengalaman Mengurus Paspor Online

Dreamland Traveller


Pengalaman Mengurus Paspor Online
            Dewasa ini, mengurus paspor jauh lebih mudah dibandingkan 5 tahun yang lalu. Proses pendaftaran dan administrasi paspor yang telah disederhanakan membuat Dreamland tidak kesulitan dalam membuat paspor baru. Kebetulan paspor Dreamland habis halaman dan habis masa berlaku pada 16 Juli 2015. Dreamland pun penasaran untuk mencoba membuat paspor secara online melalui website bandung.imigrasi.go.id pada tab Layanan Publik.
            Saat Dreamland membuat paspor online, kantor imigrasi Klas I Bandung hanya ada di Jalan Surapati No. 82 Bandung. Ternyata setelah paspor selesai, Menteri Hukum dan HAM meresmikan kantor imigrasi kedua di Gedung Bina Citra Lt.3 yang terletak di Jalan Soekarno Hatta No. 162 yang jaraknya sangat dekat dengan rumah Dreamland. Hiks… kenapa dibukanya sesudah Dreamland membuat paspor ya.
            Proses pembuatan paspor online ini sangat mudah. Kita hanya perlu mengisi formulir yang ada di link Layanan Paspor Online. Kita cukup mengisi jenis permohonan (paspor baru, penggantian, atau hilang), jenis paspor (24 halaman, 48 halaman, atau e-Paspor), lokasi kantor imigrasi, dan data diri. Setelah itu, kita diminta membayar aplikasi paspor online ke Bank BNI sebesar 355.000 IDR atau 360.000 IDR ditambah dengan biaya administrasi bank (Dreamland mengambil paspor biasa 48 halaman). Pembayaran paspor online ini hanya bisa dilakukan di teller dan tidak bisa dilakukan melalui internet banking.
            Sebagai informasi, e-Paspor TIDAK bisa dibuat di kantor imigrasi kelas I Bandung dan hanya bisa dibuat di Jakarta, Surabaya, dan Batam. Sedih sekali karena itu berarti Dreamland harus tetap membuat visa jika pergi ke Jepang atau negara lain yang menerapkan bebas visa bagi pemegang e-Paspor. Setelah membayar, kita akan diberikan nomor jurnal untuk dimasukkan kembali ke dalam website untuk menentukan jadwal kunjungan ke kantor imigrasi. Batas waktu yang diberikan adalah 2 minggu setelah aplikasi disetujui untuk datang ke kantor imigrasi.
            Keuntungan pembuatan paspor online adalah kita tahu apa saja persyaratan yang harus dibawa ke kantor imigrasi tanpa harus bolak balik, mulai dari fotokopi kartu keluarga, KTP, paspor lama (jika penggantian), dan berbagai persyaratan lainnya yang bisa dicek di formulir yang dikirimkan di e-mail. Jangan lupa siapkan materai 6.000 untuk menandatangani formulir yang diberikan di kantor imigrasi.
            Setelah itu, Dreamland datang sesuai jadwal dan mengambil nomor antrian, khusus aplikasi paspor online. Di sinilah keuntungan lainnya, yaitu paspor online antriannya lebih cepat dibandingkan mereka yang mengajukan paspor secara manual yang antriannya bejibun. Tapi secepat-cepatnya pun jika datangnya siang bisa-bisa baru difoto pada sore hari. Dreamland saja datang hari Rabu, 3 Desember 2014 pukul 08.30 baru difoto dan wawancara pada pukul 13.40 akibat dapat nomor antrian 96.
            Singkat kata, Dreamland difoto, diambil sidik jari, dan ditanya mau apa bikin paspor. Setelah itu, Dreamland diberikan resi pengambilan paspor pada Senin, 8 Desember 2014. Proses pun selesai. Ingat, fotokopi KTP, paspor harus dilakukan bolak balik dan di 1 lembar yang sama secara utuh dalam ukuran kertas A4. Jangan sampai kita harus fotokopi ke belakang karena kesalahan penyiapan dokumen pembuatan paspor ini.
            Dreamland pun datang kembali ke Kantor Imigrasi Klas I Bandung pada Senin dan mengambil nomor antrian untuk pengambilan paspor. Meskipun datangnya sudah pagi jam 07.40, antriannya pun sudah sangat panjang. Alhasil Dreamland menunggu selama 2 jam sebelum akhirnya dipanggil. Paspor Dreamland pun sudah jadi dan siap digunakan. Jika kita ingin mengambil paspor lama, sediakan materai 6.000 LANGSUNG untuk ditempel di surat pernyataan agar bisa diambil dengan mudah tanpa tertumpuk arsip jika ditunda.
            Akhirnya, proses pembuatan paspor pun selesai dan Dreamland siap kembali berpetualang di tahun 2015 dengan paspor yang baru! Semoga saja e-Paspor sudah bisa dibuat di Bandung di tahun 2019 saat Dreamland harus perpanjang paspor berikutnya ya.

Timeline Pengajuan Paspor Online
30 November 2014 – Dreamland isi formulir pengajuan paspor online di website bandung.imigrasi.go.id
1 Desember 2014 – Dreamland membayar biaya pembuatan paspor sebesar 360.000 IDR di Bank BNI
3 Desember 2014 – Dreamland datang ke Kantor Imigrasi Klas I Bandung untuk menyerahkan kelengkapan dokumen dan syarat-syarat pembuatan paspor, serta difoto dan diminta sidik jari
8 Desember 2014 – Dreamland mengambil paspor baru yang sudah jadi di Kantor Imigrasi Klas I Bandung

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.