Thursday, December 4, 2014

Day 6 : Miss You, Bangkok!

Dreamland Traveller


Day 6 : Miss You, Bangkok!
            Sedih rasanya mengetahui Dreamland harus meninggalkan Bangkok hari ini. Walau bagaimanapun perjalanan memiliki awal dan akhir sebagai sebuah arti bahwa tidak ada yang abadi di dunia ini. Tak terasa Dreamland harus mengemasi semua barang bawaan dan oleh-oleh untuk dibawa pulang ke tanah air. Setelah bangun pagi, mandi, sarapan, dan berganti pakaian, tiba saatnya bagi Dreamland untuk check-out dari Nasa Vegas Hotel yang menjadi tempat menginap Dreamland selama 5 malam.
            Setelah check-out, Dreamland segera menuju ke Airport Rail Link Ramkhamhaeng untuk menuju ke Bandara Suvarnabhumi. Dreamland membeli tiket seharga 35 THB dan langsung naik ke platform di atas. Begitu kereta tiba, semua bangku sudah terisi penuh, sehingga Dreamland harus berdiri sampai beberapa stasiun ke depan. Setelah perjalanan selama 25 menit, akhirnya Dreamland sampai di Bandara Suvarnabhumi.
            Sesampainya di Suvarnabhumi, Dreamland segera menuju ke lantai 1 Gate 3 untuk menaiki Shuttle Bus gratis menuju Bandara Don Mueang. Dreamland mendapat keberangkatan pukul 09.20. Setelah jam yang dimaksud tiba, bus pun langsung berangkat melalui jalan tol menuju Bandara Don Mueang. Jalanan menuju Don Mueang sangat macet dan padat. Perjalanan dalam bus pun molor menjadi 1 jam 20 menit. Bangkok memang surganya macet sama halnya dengan Jakarta.
            Tiba di Don Mueang, Dreamland segera menuju ke konter AirAsia untuk verifikasi dokumen. Setelah bertanya, rupanya hal ini tidak perlu dilakukan untuk yang sudah web check-in. Setelah itu, Dreamland melihat oleh-oleh di sekitar bandara dulu, baru masuk ke imigrasi untuk menerima cap keluar dari Thailand. Dreamland berpapasan dengan rombongan ibu-ibu dari Surabaya yang logatnya sangat medok. Bangkok memang menjadi destinasi belanja favorit orang Indonesia ya.
            Setelah melewati imigrasi, tiba saatnya untuk melewati pemeriksaan barang bawaan akhir. Akibat teledor menyimpan cairan, jadilah 2 botol sabun cair dari Nasa Vegas Hotel disita oleh petugas dan dibuang di depan mata Dreamland. Sebagai informasi, kapasitas cairan yang boleh dibawa masuk ke dalam kabin pesawat adalah 100 ml. Hal ini akan Dreamland bahas lebih lanjut dalam Dreamland Traveller Moment.
            Dengan hati yang masih syok dan kesal akibat sabun dibuang, Dreamland pun berjalan menuju Gate keberangkatan menuju Jakarta. Sambil menunggu waktu pulang, Dreamland berjalan di sekitar bandara dan melihat berbagai barang Duty Free yang dijual. Singkat kata, kami semua dipersilahkan masuk ke pesawat AirAsia. Dreamland pun langsung masuk dan duduk di tempat yang telah disediakan.
            Perjalanan selama 3 jam 30 menit pun dimulai ketika pesawat lepas landas dari Don Mueang Airport, Bangkok. Sedih rasanya harus meninggalkan Bangkok dengan berbagai cerita dan kisah yang terukir didalamnya. Apalagi Thailand tidak menjadi list destinasi Dreamland untuk tahun depan karena hampir semua wilayah Thailand sudah Dreamland kunjungi. Semoga saja Dreamland berjodoh dengan Bangkok dalam kesempatan lain. Amin.
            Dreamland mengisi waktu dengan bermain game, tidur, dan membaca buku. Setibanya di Soekarno-Hatta Airport, Dreamland segera naik ke shuttle bus yang tersedia, melewati imigrasi masuk Indonesia, hingga akhirnya melewati screening bagasi akhir. Dreamland melihat bandara Soekarno-Hatta sedang dibangun besar-besaran untuk terminal baru yang dapat menampung banyak pesawat. Semoga saja terminal baru ini diimbangi dengan landasan pacu yang baru juga supaya tidak mengantri lama buat pesawat yang landing dan take off.
Dreamland pun keluar dan menuju ke lounge (lagi) D’Green untuk makan siang sebelum pulang dengan bus Primajasa. Setelah masuk, makan nasi, dan mengobrol dengan penumpang yang akan pergi ke Phuket, Dreamland turun dan langsung membeli tiket Primajasa sebesar 90.000 IDR.   
            Bus pun datang 20 menit terlambat dari jadwal, Dreamland segera naik dan duduk di kursi yang telah ditentukan. Singkat kata, Dreamland terjebak kemacetan parah di Terminal 3 dan tol bandara. Kesembrautan lalu lintas bandara ini akan Dreamland bahas dalam Dreamland Traveller Moment. Dreamland pun mengisi waktu perjalanan 4 jam 30 menit yang melelahkan akibat macet di semua ruas jalan Jakarta di malam Sabtu ini dengan tidur.
            Sesampainya di shuttle bus Primajasa, Dreamland menunggu sebentar sebelum akhirnya dijemput keluarga untuk pulang kembali ke rumah. Senang rasanya bisa mengunjungi Bangkok secara menyeluruh dan lebih mendalam dengan beragam kisah menarik yang terukir dari tiap hari ke hari.
            Nantikan kisah perjalanan Dreamland selanjutnya yang jauh lebih seru, menantang, serta memberi arti sebuah perjalanan yang utuh hanya di Dreamland Traveller Moment!

Bangkok, Jakarta, Bandung, 14 November 2014

Dreamland Traveller

Catatan:
- Bangkok adalah ibukota Thailand yang dikenal juga dengan sebutan Krung Thep Maha Nakhon oleh orang Thai.
- Thailand menggunakan Thailand Bath (THB) sebagai mata uang yang sah.
- Nilai 1 THB saat Dreamland melakukan perjalanan adalah 375 IDR.
- Bangkok terkenal sebagai surga belanja orang Indonesia.
- Mal yang seringkali dikunjungi orang Indonesia untuk mencari oleh-oleh adalah MBK dan Platinum Mall untuk barang non branded.
- Wisata yang dapat dikunjungi di Bangkok bervariasi, mulai dari alam, kuliner, budaya, hingga theme park. List destinasi yang direkomendasikan dapat dilihat di Bangkok Trip.
- Hindari penggunaan taksi dan tuk-tuk jika tidak ingin menghabiskan dana liburan untuk transportasi, pilihlah bus dan kereta api untuk biaya transportasi yang rendah.
- Pastikan untuk menuliskan nama hotel atau destinasi dengan tulisan Thai agar orang Thai yang tidak bisa berbahasa Inggris bisa membantu kita selama perjalanan.
- Hati-hati dengan supir tuk-tuk maupun polisi gadungan yang ada di sekitar kawasan wisata karena banyak scam permata yang akan dilakukan di sini pada turis awam.
- Ucapkan kata Thailand praktis, seperti Sawasdee, Kapunka(p), dan lain sebagainya agar orang Thai merasa senang dan ramah menerima kita.

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.