Monday, December 29, 2014

Menikmati Wahana Trans Studio Bandung

Dreamland Traveller


Menikmati Wahana Trans Studio Bandung
            Sebagai orang Bandung, Dreamland belum pernah sekalipun masuk dan bermain di Trans Studio Bandung. Meskipun taman bermain indoor ini sudah dibuka sejak 18 Juni 2011, entah mengapa rasanya kok sulit sekali untuk menikmati wahana yang ada. Dalam periode 3,5 tahun terakhir, Dreamland malah justru sudah bermain di berbagai theme park outdoor lainnya yang letaknya ratusan hingga ribuan km dari Bandung. Sebut saja, Dunia Fantasi di Jakarta, Universal Studios Singapore di Singapore, Legoland Malaysia di Johor Bahru, Everland di Korea Selatan, hingga terakhir Siam Park di Bangkok.
            Mungkin karena jaraknya relatif dekat, Dreamland justru jadi malas dan tidak tertarik bermain. Padahal orang Jakarta dan luar kota banyak sekali berbondong-bondong masuk ke Trans Studio Bandung untuk bermain. Terlepas dari itu semua, Dreamland kali ini mencoba bermain di Trans Studio Bandung. Awalnya Dreamland membeli voucher TSB di salah satu situs seharga 75.000 untuk weekday. Namun karena tidak terpakai sampai periode peak season, jadilah Dreamland harus menambah 100.000 untuk tiket setiap orang. Jadi total harga tiketnya 175.000 untuk 1 orang.
            Dreamland bermain bersama kakak dan saudara Dreamland untuk mencoba semua wahana yang ada di Trans Studio Bandung. Kerumunan orang yang ramai dan penuh sesak menjadi pemandangan umum yang terlihat di Trans Studio Bandung. Kondisi ini justru kontras dengan Trans Studio Mall yang boleh dikatakan agak sepi. Dreamland pun mulai mencoba wahana-wahana yang ada di TSB.
            Wahana pertama yang Dreamland coba adalah Yamaha Racing Coaster. Wahana roller coaster 1 arah ini memang menjadi wahana terfavorit karena tantangan dan sensasi yang diberikan. Dreamland mengantri hampir 45 menit sebelum akhirnya hujan datang mengguyur Kota Bandung. Alhasil antrian di depan Dreamland bubar dan orang yang terlanjur duduk di roller coaster diminta untuk turun karena kondisi cuaca yang tidak memungkinkan untuk operasional wahana.
            Sudah capek-capek antri terpaksa harus bubar. Hiks… Benar-benar apes memang kalau cuaca hujan seperti ini. Selanjutnya karena tidak bisa menaiki wahana Yamaha Racing Coaster, Dreamland mengantri di wahana Giant Swing. Awalnya Dreamland agak ngeri-ngeri sedap melihat ayunan bandul yang dihempaskan sangat tinggi itu. Tapi ternyata wahana ini tidak seseram yang Dreamland kira dan cukup menyenangkan. Hanya saja, kita harus melepas tas dan kacamata sebelum menaiki wahana ini.
            Selanjutnya, Dreamland beranjak ke wahana Jelajah. Wahana yang mirip Niagara-gara di Dufan ini boleh dikatakan cukup seru karena ada 2 turunan, yakni turunan pendek dan turunan tinggi yang menyenangkan. Hanya saja, kita akan sedikit basah tatkala menaiki wahana ini karena cipratan air. Setelah keluar dari wahana, alangkah terkejutnya Dreamland melihat mesin pengering badan dihargai 30.000 untuk 1 kali penggunaan. Benar-benar sangat mahal!
            Selanjutnya, Dreamland berjalan menuju wahana Negeri Raksasa. Wahana ini mirip wahana Hysteria. Antrian wahana ini cukup panjang, yakni sekitar 30 menit. Tatkala duduk di bangku yang tersedia, kita akan dibawa ke atas dan dihempaskan kembali ke bawah beberapa kali. Uniknya ada tayangan film di atas yang membuat kita tidak sadar akan segera dihempaskan ke bawah. Benar-benar seru dan menyenangkan wahana ini.
            Dreamland pun pergi ke wahana selanjutnya, yakni Special Effects Action. Dreamland benar-benar beruntung bisa masuk wahana ini karena Dreamland adalah orang terakhir yang masuk sebelum akhirnya pintu masuk ditutup. Wahana ini menyajikan pertunjukan yang diadakan hanya 1 kali, yakni pukul 14.30 saja. Kita akan disajikan pertunjukan aksi ekstrim bermain motor dan efek spesial dari suatu film.
            Menariknya kita dibawa ke sebuah skenario cerita film, di mana ada pencuri yang dikejar-kejar polisi. Ada penjahat yang ditembak menjatuhkan diri, pom bensin yang terbakar, hingga hidran air yang copot hingga menyemburkan air. Benar-benar sangat menarik. Sayangnya pertunjukan ini sangat singkat, sehingga agak kurang puas. Setelah selesai, Dreamland langsung menuju ke Trans Studio Science Centre.
            Boleh dikatakan wahana ini cukup menarik dan interaktif karena kita disajikan beberapa alat peraga yang menunjukkan keunikan ilmu pengetahuan. Kita bisa turut serta mengoperasikan mesin-mesin yang ada secara menarik. Ada mesin yang bisa menunjukkan wajah kita di usia 70 jika terpapar sinar ultraviolet, merokok, atau terkena obesitas. Ada juga alat peraga untuk melihat ilusi optik dan masih banyak lainnya. Sangat edukatif dan menarik.
            Sesudah itu, Dreamland menuju ke wahana Super Heroes 4D. Tapi karena antriannya panjang sekali jadi Dreamland mengurungkan niat. Kebetulan parade Zoo Crew akan segera dimulai, sehingga Dreamland melihat parade yang cukup menarik ini terlebih dahulu. Sesudah parade usai, Dreamland pun masuk ke wahana Si Bolang Adventure. Wahana ini boleh dikatakan sangat garing bagi Dreamland karena hanya patung-patung Bolang keliling Indonesia yang dikhususkan untuk anak-anak saja.
            Selanjutnya, Dreamland menuju ke wahana Dunia Lain. Di antara semua wahana yang Dreamland naiki, ini adalah wahana yang paling tidak direkomendasikan. Sudah antriannya panjang, kita hanya dibawa naik kereta ke patung-patung yang tidak seram. Selain itu, efek takutnya benar-benar tidak ada sama sekali. Jadinya wahana ini sangat garing buat Dreamland.
            Selesai wahana Dunia Lain, Dreamland menaiki wahana Sky Pirates yang untungnya tidak mengantri. Wahana ini akan membawa kita berkeliling Trans Studio Bandung dari atas. Sesudah puas berkeliling, Dreamland pun memutuskan untuk keluar dari Trans Studio Bandung karena sudah dijemput. Sebelumnya Dreamland mampir ke Trans Broadcast Museum untuk sekadar melihat proses pembuatan film di Trans Corps.
            Akhirnya Dreamland pun berjalan pulang dan melihat wahana Yamaha Racing Coaster masih ditutup karena hujan. Memang bukan rejekinya buat main wahana itu ya. Secara umum dapat disimpulkan bahwa Trans Studio Bandung kurang menarik dan mempunyai efek wow yang Dreamland rasakan secara personal. Dreamland sendiri lebih senang bermain di Dunia Fantasi yang ruangannya terbuka karena terasa luas dan tidak sumpek.
            Kelebihan TSB terletak pada musim hujan, kita masih bisa bermain hampir semua wahana yang ada, kecuali Yamaha Racing Coaster. Hanya saja, wahana di TSB sedikit dan kapasitas ruangannya kecil. Hanya saja, sebuah pengalaman menarik bisa bermain di Trans Studio Bandung dan mencoba wahana-wahana yang ada. Senang rasanya akhirnya Dreamland bisa bermain di taman bermain yang ada di kota sendiri.

Bandung, 22 Desember 2014

Dreamland Traveller

Catatan:
- Trans Studio Bandung terletak di Trans Studio Mall yang ada di Jalan Gatot Subroto, Bandung.
- Harga Tiket Masuk Trans Studio Bandung adalah 150.000 IDR untuk hari biasa (Senin – Jumat) dan 250.000 IDR untuk akhir pekan dan hari libur.
- Biasanya Trans Studio Bandung mengadakan promo yang bekerja sama dengan Bank Mega atau kuis di sosial media yang bisa memberikan diskon untuk harga tiket masuk.
- Semua pembayaran di kawasan Trans Studio Bandung menggunakan Mega Card yang dapat diisi ulang di konter yang tersedia.
- Harga makanan yang ada di Trans Studio Bandung relatif mahal, yakni 30.000 IDR ke atas untuk ayam, nasi, dan pepsi standar.
- Pastikan untuk tidak membawa makanan dan minuman dari luar karena akan disita petugas di pintu masuk.
- Datanglah lebih pagi ke TSB agar dapat bermain semua wahana yang ada didalam.

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.