Thursday, January 29, 2015

Tips ‘n Trick Wisata di Taiwan

Dreamland Traveller


Tips ‘n Trick Wisata di Taiwan
            Sebagai negara kecil yang berada di sebelah timur Tiongkok, Taiwan mempunyai banyak sekali wisata alam indah yang layak untuk dikunjungi. Melihat Taroko National Park di Hualien, Sun Moon Lake yang eksotis di Nantou, hingga tebing curam yang indah sepanjang Suhua Highway National Road. Tak hanya itu, Taiwan juga kaya akan wisata budaya dan sejarah lewat berbagai monumen, museum, dan bangunan bersejarah yang ada didalamnya.
            Negara yang mempunyai slogan “Time for Taiwan” ini memang sangat menarik untuk dikunjungi. Apalagi kita selalu disambut dengan ramah dan penuh senyum oleh orang Taiwan tatkala meminta bantuan atau menanyakan arah jalan. Tentu guna memaksimalkan wisata Anda secara mandiri di Taiwan, Dreamland akan membagikan beberapa tips dan trik berharga yang bisa diterapkan agar wisata Anda di Taiwan dapat berjalan dengan lancar, tentunya hemat dalam hal budget.

1. Taiwan mempunyai sistem transportasi yang terintegrasi dengan baik satu dengan yang lainnya. Taipei mempunyai Taipei Metro, High Speed Railway, bus, dan gondola (area Taipei Zoo). Kaohsiung mempunyai MRT, High Speed Railway, dan bus umum. Sementara itu, Taichung mempunyai BRT (mirip dengan TransJakarta). Umumnya semua tempat wisata utama dapat diakses dengan moda transportasi umum, sehingga memudahkan kita untuk menjelajahi Taiwan dengan maksimal.

2. Taiwan mempunyai EasyCard yang berfungsi sebagai dompet uang elektronik ketika menaiki berbagai moda transportasi di Taipei. Pastikan untuk membeli EasyCard jika sering menggunakan MRT atau bus umum agar tidak bolak balik membeli tiket single trip. Selain itu, keuntungan lainnya dalam EasyCard adalah kita mendapat diskon 20% untuk setiap rute yang ditempuh. Sayangnya jika digunakan kurang dari 5 kali dari periode 3 bulan akan dikenakan service charge sebesar 20 TWD jika dikembalikan depositnya.

3. Bawalah pakaian sesuai musim yang ada di Taiwan. Salah membawa kostum akan berakibat aktivitas jalan-jalan kita menjadi terganggu dan tidak maksimal karena sibuk mencari pakaian di Taiwan. Rata-rata harga pakaian di Taiwan cukup mahal dan dapat menguras isi dompet, khususnya untuk pakaian musim dingin yang berkisar 500 – 1.000 TWD ke atas.

4. Cobalah berbagai macam kuliner yang dijual di Taiwan. Cara termudah untuk mencicipi berbagai kudapan yang ada adalah dengan mengunjungi berbagai pasar malam yang ada di setiap kota di Taiwan, mulai dari Shilin Night Market di Taiwan, Taoyuan Night Market di Taoyuan, Leo Ho Night Market di Kaohsiung, Fong Jia Night Market di Taichung, dan Ziqiang Night Market di Hualien. Pastikan tanya harga makanan terlebih dahulu sebelum membeli agar tidak dihargai secara mahal dengan harga turis.

5. Perhatikan etika yang ada di sebuah objek wisata. Ada lokasi wisata yang memperbolehkan kita mengambil foto secara bebas, ada pula yang melarang kita mengambil foto karena dianggap sakral. Selain itu, Martyr’s Shrine juga mengharuskan kita untuk tetap tenang dan tidak berisik agar tidak menganggu petugas yang menjaga kuil selama 1 jam penuh dalam sikap sempurna. Mematuhi etika akan menghindarkan kita dari ditegur dan dimarahi yang bisa membuat mood travelling kita menjadi jelek.

6. Pilihlah hotel atau penginapan yang dekat dengan MRT atau terminal bus. Hal ini akan memudahkan mobilitas kita dalam mengunjungi berbagai tempat wisata yang ada di suatu tempat secara menyeluruh. Memilih penginapan yang jauh dari keramaian dan MRT akan memakan waktu perjalanan yang lebih lama dan tidak efisien.

7. Kuasai sedikit istilah dalam Bahasa Mandarin, baik dari angka, percakapan umum, dan kata-kata penting agar tidak kebingungan ketika menanyakan suatu hal pada penduduk lokal. Meskipun rata-rata orang Taiwan (umumnya kaum muda) mampu berbahasa Inggris, tak ada salahnya mempelajari bahasa setempat agar lebih jelas dan memudahkan diri kita sendiri ketika jalan-jalan.

8. Wi-Fi umumnya tersedia hampir di seluruh fasilitas umum yang ada di Taiwan. Komunikasi dengan sanak saudara dan keluarga pun tidak perlu dikhawatirkan dengan adanya fasilitas yang diberikan pemerintah Taiwan ini.

9. Pastikan untuk mengecek suatu objek wisata sebelum dikunjungi, seperti kuil, kebun binatang, ataupun museum agar tidak mengalami kekecewaan ketika mengunjunginya. Perhatikan jam operasional, hari libur, dan jumlah biaya yang harus dibayar agar dapat disesuaikan antara ekspetasi dengan hal yang didapatkan dari tempat-tempat tersebut.

10. Taiwan memberlakukan dengan ketat larangan merokok hampir di semua tempat wisata. Pastikan untuk mematuhi aturan ini atau Anda akan didenda hingga 6.000 TWD.

11. Bawalah kantong belanja ketika akan membeli barang di Carrefour atau toko lainnya agar tidak usah membeli kantong plastik. Hampir semua supermarket resmi tidak memberikan kantong plastik secara cuma-cuma dan harus membayar 2 – 3 TWD untuk satu kantong plastiknya.

12. Semua panduan perjalanan, peta, dan informasi penting lainnya dapat diperoleh dari Tourist Information Centre yang ada di setiap objek wisata utama di sebuah kota. Pastikan Anda mengunjunginya untuk mendapatkan informasi lengkap tentang suatu hal yang perlu Anda ketahui. Mereka akan dengan senang hati membantu Anda menemukan hal yang dibutuhkan.

            Demikian tips dan trik yang bisa Dreamland berikan. Semoga wisata Anda di Taiwan dapat berjalan dengan lancar, menyenangkan, dan memberi arti penting sebuah perjalanan yang memperkaya hidup Anda. It’s Time for Taiwan!

Taiwan Trip, 6 – 14 Januari 2015

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.