Monday, February 17, 2014

Tips ‘n Trick Wisata di Manila

Dreamland Traveller


Tips ‘n Trick Wisata di Manila
            Sebagai ibukota Filipina, potensi wisata Filipina memang masih belum tergarap dengan baik dibandingkan ibukota-ibukota lainnya di kawasan Asia Tenggara, seperti Kuala Lumpur di Malaysia, Singapore, Bangkok di Thailand, dan lain sebagainya. Namun Manila memiliki beberapa objek wisata menarik yang bisa kita kunjungi untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita. Nah supaya wisata kita di Manila semakin oke dan seru, yuk kita lihat beberapa tips dan trik berwisata di Manila agar liburan kita semakin efektif dan efisien.
          
1. Tempat wisata di Manila sangat mudah diakses dengan menggunakan LRT dan MRT. Pastikan untuk mempelajari peta Manila terlebih dahulu agar bisa menentukan pilihan tempat wisata yang terdekat dengan LRT atau MRT tertentu. Ongkos LRT dan MRT pun sangat hemat, yakni hanya 12 hingga 15 peso untuk jarak dekat dan jarak jauh.

2. Cobalah untuk naik jeepney di Manila. Transportasi umum yang menyerupai angkot dengan motif yang atraktif ini bisa membawa kita ke berbagai tempat wisata dengan hemat dan murah meriah. Soal bahasa jangan khawatir karena supir jeepney rata-rata bisa berbahasa Inggris dengan baik dan akan memberitahu kita di mana harus turun. Tarifnya pun sangat hemat, yakni hanya 8 peso hingga 13 peso tergantung dari jarak yang kita tempuh.

3. Pilihlah hotel di lokasi yang dekat keramaian, seperti Ermita dan Malate. Kawasan Makati kurang disarankan karena sepi, banyak klub malam, serta sulit mencari makanan.
4. Cicipilah berbagai fast food unik yang ada di Manila, seperti Jollibee, Chowking, dan lain sebagainya yang menawarkan berbagai menu menarik yang tidak ada di Indonesia. Harganya secara umum lebih murah dibandingkan dengan fast food di Indonesia.

5. Hati-hati dengan scamming yang ada di Manila, mulai dari supir taksi yang tidak mempunyai kembalian, hingga tuk-tuk yang menjebak. Bacalah berbagai pengalaman wisatawan yang sudah pergi ke Manila agar menambah kewaspadaan dan kesiapan dalam menghadapi berbagai kemungkinan yang ada. Siapkan uang receh agar tidak ada alasan bagi supir taksi untuk tidak mengembalikan uang kita.
6. Kondisi jalanan di Manila sama seperti di Jakarta. Hati-hati tatkala menyeberang jalan dan jangan lupa bawa masker karena debu jalanan di Manila sangatlah pekat dan bau.

7. Bagi wisatawan muslim jangan lupa untuk menanyakan kandungan bahan makanan terlebih dahulu sebelum makan karena mayoritas menu makanan di Filipina mengandung daging babi.
            Semoga tips dan trik yang Dreamland berikan membuat wisata kalian di Manila semakin enjoy dan menyenangkan ya! Mabuhay Manila!

~ oOo ~

2 comments:

  1. jadi pengen nehh ke manila tp boleh gak merokok di jalan jangan2 kyak di singapure neraka bagi perokok.........

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bebas merokok di jalan umum kalau di Manila. Sangat berbeda jauh dengan di Singapore, di mana merokok harus dilakukan di zona khusus merokok.

      Delete

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.