Wednesday, June 25, 2014

Day 1 : Sepinya Krabi dan Ao Nang Beach

Dreamland Traveller


Day 1 : Sepinya Krabi dan Ao Nang Beach
            Setelah menikmati malam di Tune Hotels.com klia2, Dreamland masih menikmati berbagai fasilitas di kamar sampai waktu check out tiba mengingat penerbangan Dreamland ke Krabi akan dimulai pukul 13.10. Tatkala waktu sudah hampir menuju pukul 11.00, Dreamland pun bergegas turun dan menyerahkan kunci kamar pada staf Tune Hotels.com yang ada di lobby. Prosesnya sangat simpel, cepat, dan mudah.


















            Sebelum pergi ke terminal keberangkatan, Dreamland berfoto dulu di ruang santai terbuka yang ada di sebelah hotel. Tempat duduk dan sofa yang disediakan sangat nyaman bagi tamu yang ingin bersantai. Setelah itu, Dreamland langsung pergi ke gateway@klia2 dengan lorong yang telah disiapkan. Dreamland makan siang di Butte Olive lagi karena menunya terjangkau dan paketnya komplit dengan harga 9,9 RM.


















            Setelah makan siang, Dreamland berjalan-jalan sejenak di gateway@klia2 sebelum akhirnya pergi ke terminal keberangkatan, melakukan document check, dan pergi ke konter imigrasi. Setelah itu, Dreamland melewati pemeriksaan bagasi tahap 1, pergi ke gate L4, melewati pemeriksaan bagasi akhir, dan akhirnya masuk ke ruang tunggu pesawat AirAsia Malaysia yang menuju ke Krabi. Tak lama kemudian kami diminta masuk dan duduk di kursi yang telah ditentukan.


















            Singkat kata, Dreamland sampai di Thailand setelah menempuh perjalanan selama 1 jam. Sepanjang penerbangan Dreamland isi dengan tidur agar energi yang ada bisa disimpan sesampainya di Krabi. Tiba di Krabi, Dreamland terpukau dengan bandara kecil yang cukup modern. Meskipun garbataranya hanya 1, tapi dipergunakan secara efektif dan efisien. Bandaranya pun bersih dan sangat nyaman untuk ukuran bandara kecil. Semoga saja Bandung bisa belajar dari bandara Krabi ya.
















            Setelah turun pesawat, Dreamland langsung berjalan menuju konter imigrasi. Sebelumnya Dreamland pergi ke toilet terlebih dahulu. Setelah mendapat cap Thailand, Dreamland langsung turun dan menuju keluar setelah melewati screening barang bawaan. Barang bawaan Dreamland sempat diminta dibuka karena diduga ada benda bawaan mencurigakan. Setelah dibuka, petugas bandara ternyata hanya menemukan magnet oleh-oleh Australia yang ternyata tersensor didalamnya.
















            Keluar dari pemeriksaan bagasi, Dreamland disambut dengan berbagai konter transportasi dan staf tur yang ada di bandara. Dreamland langsung membeli tiket bus bandara ke Ao Nang Beach seharga 150 bath. Namun Dreamland tidak menyarankan hal ini bagi Anda yang bepergian lebih dari 4 orang karena taksi jauh lebih murah jika dihitung. Bagi yang bepergian 1 – 2 orang, bus lebih murah. Dreamland pun bertanya-tanya paket tur di bandara, namun harga yang mahal membuat Dreamland mengurungkan niat untuk membeli paket tur di sini.


















            Setelah semua selesai, Dreamland pun keluar bandara Krabi, ditanya petugas bus tentang hotel Dreamland, dan akhirnya masuk ke bus yang telah menanti Dreamland di depan. Bus pun menunggu sampai hampir semua kursi terisi penuh hingga akhirnya siap untuk berangkat ke Ao Nang Beach. Sebagai info, bus ini pun akan mengantar tamu ke Krabi Town karena searah hanya saja bagi tamu yang berhenti di Krabi Town harus membayar seharga 90 bath saja. 


















            Perjalanan pun dimulai. Dreamland melihat suasana Krabi jauh lebih sepi dibandingkan Phuket. Pamor Krabi memang tidak sehebat Phuket di mata internasional. Selain itu, Krabi didominasi oleh masyarakat Thailand yang menganut agama muslim. Tak heran rasanya jika Dreamland melewati beberapa masjid selama perjalanan menuju Ao Nang Beach. Setelah bus mengantar dan berhenti di Krabi Town, barulah kami diantar ke Ao Nang Beach.


















            Hebatnya bus bandara ini adalah bus akan berhenti tepat di depan atau di seberang hotel yang kita maksud. Supir akan mengatakan nama hotel dan penumpang yang menginap di hotel tersebut dapat turun. Supir akan membantu kita menurunkan barang bawaan. Benar-benar sangat profesional. Hal ini akan Dreamland bahas dalam Dreamland Traveller Moment. Setelah beberapa penumpang turun di hotelnya masing-masing, Dreamland pun akhirnya diturunkan di seberang Aonang Smile Hotel yang menjadi hotel Dreamland selama 2 malam.






















            Dreamland pun mengucapkan terima kasih dan menyeberang jalan menuju hotel. Dreamland melakukan check in, membayar uang kamar senilai 1.400 bath selama 2 malam, dan masuk ke kamar untuk menaruh barang bawaan. Sayangnya, Dreamland mendapat kamar 404 dan harus mengangkut barang sampai lantai 4. Benar-benar sangat melelahkan. Kamarnya boleh dikatakan cukup bagus, bersih, dan sepadan dengan harga.






















            Ada balkon, diberi 2 botol air mineral di kulkas, serta lokasinya cukup dekat dengan Ao Nang Beach. Setelah istirahat sejenak, Dreamland pun langsung keluar dan berjalan di sekitar pertokoan dekat Ao Nang Beach. Sepanjang jalan, Dreamland melihat begitu banyak penjual suvenir, pancake, dan halal food. Tak ketinggalan, penjual paket tur bertebaran di mana-mana.






















            Cuaca Krabi saat Dreamland melakukan perjalanan sangat tidak bersahabat karena ombak begitu besar. Dreamland pun mencoba bertanya-tanya paket tur pada agen wisata yang ada di sepanjang jalan untuk menentukkan pilihan. Rata-rata harga paket tur jauh lebih mahal dibandingkan Phuket, meskipun mereka mengatakan sebaliknya. Tak lama setelah Dreamland menanyakan paket tur, hujan deras pun turun di Krabi.



















            Setelah meneduh dan menanyakan harga, Dreamland melanjutkan perjalanan berjalan-jalan sekitar Ao Nang Beach yang boleh dikatakan tergolong sepi. Sepanjang jalan, banyak orang Arab dan Thailand yang menawarkan makanan, namun karena belum lapar Dreamland langsung berlalu. Sepanjang jalan, bisa dihitung dengan 2 tangan turis asing yang lewat di depan Dreamland. Tidak seperti Phuket yang bisa datang berbus-bus menuju Patong Beach. Fenomena ini akan Dreamland bahas dalam Dreamland Traveller Moment.






















            Setelah mencapai ujung Ao Nang Beach yang mulai sepi keramaian, Dreamland makan terlebih dahulu di pinggir jalan. Ada gerobak jalanan yang menjual nasi goreng. Langsung deh Dreamland membeli nasi goreng seharga 50 bath tersebut. Berhubung mejanya terbatas, Dreamland duduk bersama turis asal Rusia. Sepanjang makan, kami berbincang tentang wisata dan negara Rusia. Tak lupa kami juga berfoto bersama setelah makan. Setelah itu, kami berpisah satu sama lain.






















            Dreamland pun berjalan pulang kembali ke hotel melewati pantai Ao Nang yang mulai gelap. Pantai Ao Nang ini benar-benar tidak ada apa-apanya dibandingkan Patong Beach yang sangat memukau. Tidak ada kursi santai, tidak ada konter massage, tidak ada jasa banana boat, tidak ada jasa speed boat, dan tidak ada apa-apa. Pengunjung yang datang ke Ao Nang Beach pun sangat sedikit. Mungkin ombak pantai yang berbahaya membuat orang malas pergi ke pantai di cuaca hujan seperti ini.






















            Setelah Dreamland menimbang dan mempertimbangkan cuaca, akhirnya Dreamland mengambil paket tur di sebuah konter dengan rangkaian acara mengunjungi Emerald Pool, Hot Spring Waterfall, dan Tiger Cave Temple karena tidak berbahaya dan ada di tengah kota. Paket tur ini Dreamland beli seharga 700 bath. Setelah itu, barulah Dreamland pergi ke hotel untuk beristirahat. Dreamland kembali keluar hotel untuk membeli beberapa barang yang diperlukan dan istirahat di hotel sepenuhnya dengan mandi dan menonton TV. Tak lama, Dreamland tidur untuk mempersiapkan diri esok hari mengikuti tur pada pukul 08.30.


















            Unik rasanya merasakan nuansa lain dari wisata pantai Thailand di Krabi.

Kuala Lumpur, Malaysia, Krabi, Thailand, 12 Juni 2014

Dreamland Traveller

Catatan:
- Krabi menggunakan mata uang Thailand Bath (THB) sebagai alat pembayaran yang sah.
- Kurs 1 THB saat Dreamland melakukan perjalanan adalah 370 IDR.
- Transportasi dari dan ke bandara Krabi dapat dilakukan dengan bus bandara, taksi, dan minivan.
- Harga shuttle bus bandara ke Krabi Town 90 THB dan Ao Nang Beach 150 THB.
- Harga taksi rata-rata dari dan ke bandara adalah 500 THB per mobil.
- Banyak paket tur yang dijual di Ao Nang Beach, pastikan untuk menanyakan harga terlebih dahulu ke beberapa agen tur sebelum menentukan pilihan agar mendapat harga termurah.
- Tempat wisata yang bisa dikunjungi di Krabi adalah 4 Islands, Phi-Phi Island, James Bond Island, Emerald Pool, Hot Spring Waterfall, Tiger Cave Temple, Krabi Town, Ao Nang Beach, dan Khao Kanab Nam (simbol kota Krabi).
- Banyak sekali makanan halal bagi wisatawan yang beragama muslim karena mayoritas penduduk Krabi adalah muslim.
- Kunjungi Krabi pada musim panas karena musim hujan sangat berbahaya untuk mengambil paket tur yang bernuansa laut atau pantai.

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.