Sunday, June 1, 2014

Serangan Motor di Saigon

Dreamland Traveller Moment


Serangan Motor di Saigon

            Jika ditanya negara mana yang mempunyai populasi motor terbanyak setelah Indonesia, mungkin jawabannya adalah Vietnam! Ya motor menjadi moda transportasi yang mudah ditemukan di seluruh negara Vietnam ini, termasuk didalamnya Saigon. Kerumunan motor yang berlalu lalang dengan sangat cepat di jalan raya membuat kita sebagai pejalan kaki harus ekstra waspada dalam menyeberang jalan yang umumnya lebar dan luas di Saigon.
            Kita harus melihat ke kanan, kiri, depan, dan belakang sekaligus karena laju motornya sangat cepat dan sulit bagi kita untuk menyeberang. Menyebalkannya lagi, motor ini bisa melaju dengan bebas di trotoar sekalipun! Sebagai pejalan kaki tentu kita harus waspada di manapun kita berada karena motor bisa melaju di semua tempat. Akibat banyak motor ini juga polusi udara Saigon ini sangat parah dan banyak asap kendaraan bermotor yang beterbangan di udara. Angka kecelakaan kendaraan bermotor ini pun tinggi karena kesembronoan pengemudi motor dan orang yang tidak melihat ketika menyeberangi jalan.
            Tak heran rasanya jika penjualan masker di negara ini sangat laris manis dengan beragam desain yang lucu, unik, dan menarik karena debu yang sangat pekat. Di sisi lain, kebanyakan pengemudi motor di Saigon ini masih memakai helm batok, bukan helm full face yang ada di Indonesia. Ada juga pengemudi yang tidak pakai helm dan suka sulap salip layaknya di Indonesia. Pokoknya melihat motor di Saigon sama halnya dengan melihat laju motor di Jakarta.
            Pokoknya tatkala berada di Saigon, perhatikan semua arah karena bisa jadi motor sedang berjalan ke arahmu! Waspadalah! Waspadalah!

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.