Monday, June 23, 2014

Tips ‘n Trick Wisata di Sydney

Dreamland Traveller


Tips ‘n Trick Wisata di Sydney
            Sebagai salah satu destinasi wisata terfavorit, terpopuler, dan termahal di Australia, Sydney mempunyai segudang tempat wisata yang bisa kita kunjungi dengan mudah. Kota yang terkenal dengan ikon Sydney Bridge dan Sydney Opera House ini memang agak tidak bersahabat dengan wisatawan dengan budget terbatas. Namun dengan pengaturan keuangan yang baik, kita dapat mengeksplorasi berbagai wisata yang ada di Sydney dengan baik dan tentu saja hemat. 
            Berikut Dreamland berikan tips dan trick seru agar wisata Anda di Sydney dapat berjalan menyenangkan tanpa membuat kantong Anda merana.
1. Transportasi di Sydney tergolong mahal dan tidak terjangkau bagi kantong orang Indonesia. Pastikan untuk membeli tiket MyMulti 1, 2, atau 3 tergantung kebutuhan Anda selama berwisata di Sydney. Jika Anda berwisata lebih dari 5 hari, sangat disarankan untuk membeli MyMulti 3 untuk menghindari biaya transportasi tambahan yang bisa memakan budget Anda selama berada di Sydney. Harga MyMulti 3 adalah 61 AUD dan bisa digunakan untuk semua moda transportasi umum di Sydney dan sekitarnya, termasuk Blue Mountains, Manly Beach, dan Wollongong.

2. Salah satu cara menghemat pengeluaran selama berada di Sydney adalah menyiapkan makanan secara mandiri. Jika Anda menginap di hostel yang mempunyai dapur, hal ini tentu akan sangat memudahkan. Makanan hemat di Sydney adalah Hungry Jack dan Fish ‘n Chip. Namun tidak disarankan makan makanan ini secara terus menerus karena tidak sehat. Upayakan membawa bekal roti dan tidak melulu makan di restoran karena harga makanan di restoran sangat mahal, yakni mencapai 10 – 20 AUD untuk satu menu makanan.

3. Bagi Anda yang mempunyai kerabat di Sydney, sebaiknya menginap di rumah kerabat karena bisa menghemat ongkos akomodasi secara signifikan. Harga penginapan di Sydney berada pada rentang 20 – 100 AUD tergantung jenis penginapannya, apakah asrama, kamar pribadi, atau hotel. Kamar double umumnya berada pada kisaran 70 – 120 AUD untuk 2 orang. Tinggal lama di Sydney akan terasa menguras kantong Anda dalam hal budget akomodasi.

4. Pastikan untuk membuat itinerary perjalanan terlebih dahulu sebelum pergi ke Sydney agar waktu yang ada bisa digunakan dengan semaksimal dan seefisien mungkin. Gabungkan destinasi-destinasi wisata yang berdekatan untuk dikunjungi dalam hari yang sama, seperti Sydney Bridge, Sydney Opera House, The Rocks, Darling Harbour, Hyde Park, dan lain sebagainya.
5. Bagi Anda yang berencana menyewa mobil selama ada di Sydney, pastikan untuk mematuhi semua rambu lalu lintas yang ada. Ingat, Australia mempunyai aturan batas kecepatan yang harus diikuti. Jika tidak, uang Anda akan terkuras untuk membayar denda yang mahal.

6. Pastikan untuk tidak membawa barang-barang yang dilarang untuk dibawa ke Sydney, seperti makanan segar, buah-buahan, sayur mayur, dan lain sebagainya. Pelanggaran akan hal ini akan membuat Anda didenda dengan nominal yang tidak sedikit dan menghancurkan budget liburan Anda selama berada di Sydney.
7. Dapatkan kupon diskon untuk masuk ke berbagai tempat wisata Sydney di konter Tourist Information yang tersebar di dekat tempat wisata Sydney. Hal ini dapat menghemat pengeluaran Anda untuk tiket masuk tempat wisata berbayar yang harganya relatif mahal di Sydney.

8. Sydney Attraction Pass (iVenture Card) dan Sydney eXplorer hop on hop off bisa menjadi salah satu alternatif jika Anda hanya mempunyai waktu terbatas di Sydney dan ingin mengunjungi semuanya sekaligus dalam 1 – 3 hari.
9. Pastikan membawa pakaian sesuai musim yang ada di Sydney. Cek cuaca di Sydney saat mau berangkat dan sesuaikan pakaian yang dibawa dengan musim. Membeli pakaian di Sydney akan mengurangi budget liburan Anda untuk hal-hal yang tidak diperlukan.

10. Souvenir dan oleh-oleh hemat bisa kita beli di Paddy’s Market. Hanya saja perhatikan jam operasional pasar karena Paddy’s Market tidak buka setiap hari, melainkan hanya akhir pekan saja.
            Demikian tips dan trick seru Dreamland bagi Anda yang mau berwisata ke Sydney. Pastikan Anda selalu menikmati dan tersenyum saat berwisata ke Sydney karena wisata Anda optimal dan kantong Anda tetap aman. Selamat berwisata ke Sydney!

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.