Thursday, June 26, 2014

Day 2 : Beningnya Emerald Pool dan Capeknya Mendaki Tiger Cave Temple

Dreamland Traveller


Day 2 : Beningnya Emerald Pool dan Capeknya Mendaki Tiger Cave Temple
            Tiba saatnya bagi Dreamland untuk menikmati wisata di Krabi. Setelah bangun pagi, bersiap-siap, dan sarapan pagi sekadarnya, Dreamland langsung menunggu di lobby hotel karena akan dijemput pukul 08.30 untuk ikut city tour. Acara tur hari ini adalah mengunjungi Hot Spring Waterfall, Emerald Pool, dan terakhir Tiger Cave Temple. Dreamland pun dijemput tatkala jam menunjukkan pukul 08.45. Begitu masuk minivan, ternyata sudah ada tamu lain yang ada didalam.


















            Supir rupanya masih menjemput beberapa tamu sebelum akhirnya kita benar-benar berangkat ke Hot Spring Waterfall. Perjalanan pun ditempuh selama 1 jam hingga akhirnya Dreamland sampai di Hot Spring Waterfall. Hot Spring Waterfall ini boleh dikatakan sangat biasa-biasa saja. Keunikan tempat ini hanyalah ada simbol tempat dan penataan kolam air panas yang teratur, selebihnya air panas ini masih kalah dibandingkan Cipanas Garut. Tiket masuk tempat wisata ini adalah 90 THB per orang, tapi sudah termasuk dalam biaya tur.


















            Dreamland melihat banyak turis asing tertarik untuk berendam di air terjun yang membawa air panas alam. Berhubung Dreamland tidak membawa baju renang dang anti, Dreamland hanya merendam kaki saja dan melihat-lihat orang yang berendam. Setelah 45 menit, akhirnya kami semua berkumpul ke minivan untuk menuju tempat wisata selanjutnya, yakni Emerald Pool. Di Hot Spring Waterfall, Dreamland juga bertemu dengan Tick dan mamanya sebagai turis Thai asal Chiang Mai. Tak lupa kami berfoto bersama. Hehehe…


















            Selanjutnya kami menuju ke Emerald Pool yang berjarak 10 menit dari Hot Spring Waterfall. Sesampainya di Emerald Pool, supir memberi kami waktu 1 jam untuk mengeksplorasi berbagai tempat wisata yang ada di kawasan ini. Tarif masuk Emerald Pool bagi orang asing dewasa sendiri adalah sebesar 200 THB, hanya saja karena Dreamland ikut tur kita tidak perlu lagi membayar apapun. 






















            Emerald Pool ini sangat unik karena airnya sangat jernih. Dreamland harus berjalan sejauh 800 m sebelum akhirnya sampai di kolam yang bisa dipakai berenang oleh turis. Memang airnya sangat bersih dan jernih. Setelah melihat-lihat Emerald Pool, Dreamland dan Tick bersama-sama pergi ke Blue Pool yang terletak agak jauh dari Emerald Pool. Dreamland harus melewati pepohonan di hutan dan lumpur sebelum akhirnya sampai di lokasi wisata yang satu ini. Blue Pool ini sangat unik karena kolamnya mengeluarkan buih jika kita bertepuk tangan sangat kencang.
























            Tak hanya itu, kolam ini berlumpur dan mempunyai warna biru terang yang khas. Sayangnya, kita dilarang berenang di sini karena sangat berbahaya. Setelah puas melihat kolam biru, Dreamland pun kembali ke Emerald Pool dan langsung menuju ke tempat pertemuan semula untuk menikmati makan siang yang disediakan di restoran Kruw Rimthan yang ada di sekitar lokasi parkir Emerald Pool.






















            Supir melayani kami dengan mengantarkan makanan sebanyak 3 macam dan 1 piring buah nanas segar. Setelah makan siang, kami pun kembali ke minivan untuk melanjutkan perjalanan ke lokasi wisata terakhir, yakni Tiger Cave Temple. Perjalanan selama 1 jam ini membuat Dreamland mengantuk dan tertidur sepanjang perjalanan. Sesampainya di lokasi Tiger Cave Temple, kami diberikan waktu 2 jam untuk mengeksplorasi dan mendaki 1.237 anak tangga ke Buddha di atas.




























            Dreamland langsung memanfaatkan waktu yang tersedia dengan berfoto dengan patung Dewi Kwan Im yang ada, kemudian ornamen-ornamen patung yang ada. Setelah itu barulah Dreamland menjajal tantangan menaiki 1.237 anak tangga yang sangat melelahkan. Sepanjang perjalanan, Dreamland berhenti dan naik kembali tangga yang tersedia. Tangga yang sudah ditempuh dapat kita lihat angkanya di sepanjang tangga yang ada. Benar-benar acara yang sangat melelahkan.






























            Perjuangan mencapai puncak Tiger Cave Temple ini akan Dreamland bahas secara detail dalam Dreamland Traveller Moment. Sesama peserta tur sama-sama mendaki, istirahat bersama, namun jauh meninggalkan Dreamland dan sampai terlebih dahulu di puncak. Uniknya sesampainya di atas, ada free Wi-Fi dan free minuman yang disediakan. Dreamland pun memanfaatkan koneksi internet ini untuk mengecek e-mail dan melihat internet sejenak. 




























            Pemandangan dari Tiger Cave Temple ini memang sangat memukau. Kita bisa melihat deretan pegunungan Karst secara utuh dari atas. Tak hanya itu, ada juga patung Buddha dan stupa yang berdiri kokoh di sini. Dreamland bertanya-tanya bagaimana cara membangun patung di tempat setinggi ini. Apalagi menaiki anak tangga Tiger Cave Temple saja sudah menghabiskan banyak energi yang sangat melelahkan. 
















































            Setelah puas melihat pemandangan di atas, Dreamland pun turun perlahan-lahan menuruni 1.237 anak tangga yang ada. Tentu proses turun ini jauh lebih mudah dibandingkan naiknya yang sangat sulit. Jika naik tangga ke atas membutuhkan waktu selama 1 jam, turun hanya membutuhkan waktu 20 menit saja. Sesampainya di bawah, rupanya Dreamland sudah ditunggu semua rombongan tur untuk menuju tempat selanjutnya. Dreamland pun segera masuk minivan untuk menempuh perjalanan.
















































            Dreamland kira acara tur sudah berakhir dan kita akan diantar ke hotel masing-masing. Rupanya supir membawa kami ke tempat shopping pemerintah untuk berbelanja oleh-oleh. Kepiawaian pemerintah untuk memasukkan acara shopping ke dalam acara tur akan Dreamland bahas dalam Dreamland Traveller Moment. Setelah membeli sejumlah oleh-oleh, Dreamland dan peserta tur pun diantar kembali ke hotel masing-masing. Kami semua berpamitan satu sama lain. Acara tur pun berakhir.






































































            Dreamland pun beristirahat sejenak di hotel sebelum akhirnya keluar untuk mencari makan malam dan berjalan-jalan sejenak di Ao Nang Beach terakhir kalinya sebelum pulang. Dreamland pun memutuskan untuk makan malam di sebuah restoran Halal Food dekat hotel menu nasi dengan daging sapi asam manis seharga 95 THB. Harga yang cukup mahal untuk sepiring makanan di Thailand. Setelah makan dengan kenyang, Dreamland berjalan-jalan sejenak di pertokoan sebelum akhirnya kembali ke hotel untuk beristirahat.














































































            Senang sekali rasanya melihat keindahan Emerald Pool dan mendaki Tiger Cave Temple yang sangat amat melelahkan hari ini.

Krabi, Thailand, 13 Juni 2014

Dreamland Traveller

Catatan:
- Krabi menggunakan mata uang Thailand Bath (THB) sebagai alat pembayaran yang sah.
- Kurs 1 THB saat Dreamland melakukan perjalanan adalah 370 IDR.
- Transportasi dari dan ke bandara Krabi dapat dilakukan dengan bus bandara, taksi, dan minivan.
- Harga shuttle bus bandara ke Krabi Town 90 THB dan Ao Nang Beach 150 THB.
- Harga taksi rata-rata dari dan ke bandara adalah 500 THB per mobil.
- Banyak paket tur yang dijual di Ao Nang Beach, pastikan untuk menanyakan harga terlebih dahulu ke beberapa agen tur sebelum menentukan pilihan agar mendapat harga termurah.
- Tempat wisata yang bisa dikunjungi di Krabi adalah 4 Islands, Phi-Phi Island, James Bond Island, Emerald Pool, Hot Spring Waterfall, Tiger Cave Temple, Krabi Town, Ao Nang Beach, dan Khao Kanab Nam (simbol kota Krabi).
- Banyak sekali makanan halal bagi wisatawan yang beragama muslim karena mayoritas penduduk Krabi adalah muslim.
- Kunjungi Krabi pada musim panas karena musim hujan sangat berbahaya untuk mengambil paket tur yang bernuansa laut atau pantai.

~ oOo ~

2 comments:

  1. itu cari tour nya juga pas di ao nang beach nya ???

    ReplyDelete
  2. Dreamland mencari tour di area Aonang Beach saat itu. Di area Ao Nang Beach banyak travel agent yang melayani tour Island hopping dan city tour. :)

    ReplyDelete

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.