Saturday, June 21, 2014

Day 5 : Amazing Sydney Opera House, Sydney Bridge, dan Cantiknya Manly Beach

Dreamland Traveller

Tak terasa Dreamland tiba di hari aktif terakhir berwisata di Sydney. Sedih rasanya hanya bisa mengeksplorasi Sydney hingga hari ini, namun Dreamland berjanji akan memaksimalkan waktu yang ada dengan sebaik-baiknya. Setelah makan pagi di rumah, kami diajak berjalan mengelilingi pertokoan yang ada di Burwood, membeli sejumlah buah-buahan, dan berjalan pagi sejenak. Setelah itu, barulah kami langsung pergi ke Burwood Station untuk menuju Circular Quay Station.

Seperti biasa, perjalanan memakan waktu 30 menit. Sesampainya di Circular Quay, tiba-tiba hujan deras turun dan terpaksa Dreamland harus memakai payung untuk berjalan ke sana kemari. Destinasi pertama tujuan Dreamland adalah Manly Beach. Dreamland pun pergi ke Wharf 3 untuk masuk, namun ternyata kartu Dreamland ditolak. Dreamland pun terpaksa harus membeli tiket ferry seharga 14,8 AUD untuk return. Rupanya MyMulti 2 tidak termasuk ferry dari dan ke Manly. Hiks… jadi mahal deh. Kesalahan ini akan Dreamland bahas dalam Dreamland Traveller Moment.

Perjalanan menuju Manly ini memakan waktu 30 menit. Ferry akan berangkat on time sesuai jadwal jadi jangan sampai tertinggal karena terlalu lambat berjalan. Kapal ferry ini sendiri tergolong sederhana dan biasa-biasa saja. Ferry ini terdiri dari 2 tingkat. Dreamland duduk di lantai 2 untuk melihat panorama lautan yang ada. Ferry ini pun meninggalkan Circular Quay, menjauhi Sydney Bridge dan Sydney Opera House, dan menuju ke Manly Beach.

Sepanjang perjalanan, langit begitu kelam dan gelap karena sehabis hujan. Ketika ferry mendekati Manly, pemandangan indah pun Dreamland foto sebagai kenang-kenangan. Akhirnya kami semua tiba di Manly. Kami pun berjalan-jalan di sekitar pelabuhan, berfoto di dekat pantai, dan melihat panorama alam yang memukau di sini. Berhubung perut sudah keroncongan, kami pun memutuskan untuk makan pizza di Hugos Restaurant yang merupakan restoran pizza terbaik di Sydney.

Suasana restoran begitu hangat dan nyaman. Kami disuguhi dengan pemandangan ferry yang datang silih berganti. Selain itu juga, langit mulai terlihat cerah dan bersahabat. Sehabis makan siang, tak lupa Dreamland kembali berfoto ria. Kami melihat jadwal ferry untuk kembali ke Circular Quay dan rupanya masih tersisa 20 menit lagi. Sesudah itu, kami langsung menjelajahi sebentar Manly dengan melihat-lihat ke pinggir pantai. Suasana kotanya begitu nyaman bagi pejalan kaki.

Ada taman bermain, ada bangku, dan ada air mancur di tengah-tengah jalan pedestrian ini. Kenyamanan Manly ini akan Dreamland bahas dalam Dreamland Traveller Moment. Setelah itu, kami langsung bergegas kembali ke dermaga untuk naik ferry kembali ke Circular Quay. Kami pun menempuh perjalanan selama 30 menit kembali sebelum akhirnya mencapai Sydney kembali. Pemandangan saat mendekati Sydney Bridge dan Sydney Opera House ini menjadi rebutan banyak orang untuk berfoto.

Sesampainya di Circular Quay, kami memutuskan untuk pergi ke Neutral Bay karena di sana katanya bagus. Ya sudah, langsung kita ke Wharf yang mempunyai rute tersebut. Kartu MyMulti 2 rupanya berlaku di rute ini, sehingga Dreamland tidak perlu mengeluarkan dana tambahan untuk tiket ferry. Ferry pun berangkat dengan cepat menuju Neutral Bay. Ferry yang satu ini boleh dikatakan lebih kecil dibandingkan ferry yang digunakan pada saat pergi ke Manly.

Setelah melalui beberapa pit stop, akhirnya kami sampai di Neutral Bay. Rupanya Neutral Bay tidak ada sesuatu yang menarik. Tempat ini hanya terlihat seperti kawasan perumahan elit. Langsung kami menunggu kembali ferry selama 20 menit. Kami pun memutuskan untuk pergi ke Kirribilli yang katanya tempat tinggal Perdana Menteri Australia Tony Abbott dan menjadi kawasan elit di Australia.

Kawasan ini pun tak ubahnya Neutral Bay. Semua terlihat seperti perumahan mewah tanpa ada tempat wisata tertentu. Berhubung langit yang semakin gelap dan jadwal ferry yang semakin dekat, akhirnya kami kembali ke dermaga untuk naik ferry kembali ke Circular Quay. Kami menunggu 10 menit hingga akhirnya ferry menjemput kami di dermaga. Langit sudah sangat gelap dan malam menjelang tatkala kami menapakkan kaki di Circular Quay.

Berhubung Dreamland penasaran dengan isi dari Sydney Opera House, kami pun berjalan kaki dari Circular Quay sampai Sydney Opera House selama 15 menit. Sesampainya di kawasan Sydney Opera House, begitu banyak restoran di bawah yang menjual suasana Sydney Bridge yang terlihat sangat anggun dari tempat ini. Dreamland pun masuk ke Sydney Opera House dan melihat begitu banyak tiket pertunjukan yang dijual di sini. Suasananya cukup bagus sebagai gedung pertunjukan, namun Dreamland tidak menonton apapun di sini karena harga tiketnya mahal.

Sebagai info, jika Anda ingin tahu seluk beluk Sydney Opera House secara menyeluruh dapat mengikuti Sydney Opera House Tours selama 1 jam yang akan membawa kita mengeksplorasi berbagai tempat rahasia yang ada di gedung Sydney Opera House. Tur ini juga menginformasikan pada kita bahan apa saja yang digunakan dalam pembuatan gedung ini, suasana belakang panggung, dan hal-hal menarik yang ingin ketahui tentang Sydney Opera House.

Setelah puas melihat isi Sydney Opera House bagian depan, kami pun berjalan pulang kembali ke Circular Quay Station. Awalnya kami ingin mencoba naik bus, namun karena tidak ada bus yang mempunyai rute ke Burwood, jadi kami naik trains kembali ke Burwood Station. Seperti biasa, perjalanan memakan waktu 30 menit. Sesampainya di Burwood Station, kami berjalan kaki hingga sampai di rumah.

Kami pun menikmati makan malam sederhana di rumah, menonton film Rio 3D, dan beristirahat cepat karena esok hari Dreamland harus pulang ke Kuala Lumpur pukul 10.50.

Senang sekali rasanya melihat ikon Sydney dan Manly Beach!

Sydney, Australia, 10 Juni 2014

Dreamland Traveller

Catatan:
- Australia menggunakan mata uang Australia Dollar (AUD) sebagai alat pembayaran yang sah.
- Nilai 1 AUD saat Dreamland melakukan perjalanan adalah 10.650 IDR.
- Sydney adalah kota terbesar dan terpadat di Australia yang menjadi destinasi wisata utama wisatawan di seluruh dunia.
- Ikon utama Sydney adalah Sydney Bridge dan Sydney Opera House.
- Berbagai tempat wisata yang bisa dikunjungi di Sydney, antara lain Sydney Bridge, Sydney Opera House, The Rocks, Darling Harbour, Queen Victoria Building, Hyde Park, Blue Mountains, Jenolan Caves, Bondi Beach, Manly Beach, Sydney Tower Eye, Featherdale Wildlife Park, Taronga Zoo, Luna Park, Royal Botanic Garden, dan lain sebagainya.
- Taraf hidup di Sydney sangat tinggi, yakni mencapai 80 – 120 AUD setiap hari untuk makan, transportasi, dan penginapan.
- Vivid Sydney 2014 adalah festival cahaya yang digelar di Sydney pada 23 Mei – 9 Juni 2014.
- Terdapat berbagai moda transportasi umum yang ada di Sydney, mulai dari trains, ferry, dan bus.
- Makanan hemat di Sydney berkisar antara 6 – 10 AUD sekali makan.
- Winter di Australia cukup dingin dan disertai dengan hujan, jangan lupa membawa payung dan memakai jaket yang tebal agar tetap hangat.