Saturday, May 31, 2014

Let’s Read The Rules!

Dreamland Traveller Moment


Let’s Read The Rules!
            Sebagai seorang traveler yang bepergian secara mandiri, sudah sepatutnya kita membaca aturan main yang ada di suatu negara. Salah satunya adalah tentang apa saja barang yang boleh dan tidak boleh dibawa ke dalam kabin. Sayangnya entah karena terlalu sibuk mempersiapkan barang bawaan, lupa, atau tidak mau tahu, sehingga peristiwa yang sama selalu terulang berkali-kali, hingga akhirnya membuat barang bawaan yang dianggap “terlarang” dibawa ke kabin pun harus dibuang secara sia-sia di depan petugas bandara.
            Hal ini Dreamland saksikan tatkala mengantri masuk ke Gate E2 di Changi Airport yang akan membawa Dreamland ke Ho Chi Minh City. Di depan Dreamland, kebetulan ada 2 orang Indonesia yang bergaya layaknya model. Nah mbak-mbak model ini entah baru pertama kali keluar negeri atau lupa menaruh atau tidak tahu menahu aturan, sehingga barang bawaannya terpaksa harus dibuka di depan petugas bandara dan dikeluarkan isinya. Rupanya dia membawa sebuah sampo berukuran besar dan gunting kuku (meni pedi) di kopernya. 
            Sayang sekali rasanya kan kalau kita sudah beli dan bawa jauh-jauh dari Indonesia, akhirnya berakhir di tong sampah di Changi Airport. Kita semua menyaksikan bagaimana sampo dan gunting kuku itu dibuang oleh petugas bandara ke dalam tong sampah di depan mata. Akhirnya dengan langkah gontai, mereka melanjutkan masuk ke dalam ruang tunggu, mungkin sambil ngedumel atau menyesali kebodohan mereka tidak memindahkan barang-barang tersebut ke bagasi.
            Sama halnya tatkala Dreamland berangkat dari Jakarta melalui Terminal 3 di Soekarno-Hatta International Airport. Begitu banyak botol minum, kaleng minum, parfum mewah, hand body, dan barang-barang lainnya yang terpaksa dikeluarkan dan dibuang karena melebihi 100ml yang ditentukan oleh pihak bandara. Padahal sudah jelas-jelas terpampang nyata kalau di setiap bandara di seluruh dunia, cairan yang diperbolehkan masuk ke kabin hanya 100ml. Hal inilah yang tidak diperhatikan oleh penumpang yang baru pertama kali berjalan-jalan ke luar negeri secara MANDIRI, bukan dengan tur yang tahu serba beres.
            Setidaknya tulisan ini menjadi pelajaran bagi traveler lainnya agar tidak serta merta membuang-buang barang bawaan di bandara, kecuali memang Anda sudah sangat kaya dan merasa tidak membutuhkan barang tersebut. Yuk taati aturan main yang ada di bandara agar perjalanan kita lancar sentosa!

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.