Sunday, May 11, 2014

Tips ‘n Trick Wisata di Brunei

Dreamland Traveller


Tips ‘n Trick Wisata di Brunei
            Sebagai salah satu negara terkecil di Asia Tenggara yang sangat memegang teguh hukum syariat Islam, Brunei adalah destinasi wisata yang kurang diperhitungkan di Asia Tenggara. Kurangnya promosi dan pasifnya pemerintah dalam mengemas pariwisata membuat Brunei masih sepi wisatawan asing. Akibatnya sangat sedikit traveler yang bisa menuliskan kisah perjalanannya di Brunei secara lengkap dan detail.
            Meskipun demikian, Brunei patut kita kunjungi dengan arsitektur mesjidnya yang sangat memukau dan sejarah negaranya yang sangat menarik untuk diketahui. Nah supaya kunjungan Anda ke Brunei dapat berjalan dengan lancar dan hemat, Dreamland akan membagikan tips dan trik seru yang bisa membuat liburan Anda lebih cerdas.
1. Bagi Anda wisatawan yang bepergian dengan budget terbatas, pilihlah Pusat Belia sebagai penginapan selama berada di Brunei. Pusat Belia adalah hostel termurah dan terbaik dengan harga BND 10 per orang per malam. Jika Anda yang menginginkan kenyamanan dan privasi, banyak hotel mahal yang ada di pusat kota, seperti Brunei Hotel, Radisson Hotel, dan Terrace Hotel.   
2. Transportasi ke seluruh wilayah Brunei Darussalam sangat mudah dengan menggunakan bus umum yang ada di Terminal Bas Bandar Seri Begawan. Kita bisa melihat rute bus secara jelas di papan yang ada di pinggir tempat parkir bus atau ruang tunggu. Tarifnya pun sangat terjangkau, yakni hanya 1 BND saja, baik jauh maupun dekat. Jangan pernah gunakan taksi karena tarifnya sangat mahal dan bisa menguras keuangan Anda.

3. Patuhi aturan yang berlaku di Brunei. Sebagai negara dengan penerapan syariat Islam yang sangat ketat, Brunei menerapkan hukuman dan denda yang sangat besar bagi siapapun yang melanggar. Bagi laki-laki, jangan menggunakan celana pendek tatkala berjalan-jalan ke tempat umum. Kita juga dilarang berjalan bersama lawan jenis di malam hari. Jika melanggar, denda ratusan BND dan hukum dirajam, dicambuk, dan disiksa sudah siap menanti kita di pengadilan Brunei.
4. Brunei mempunyai cuaca yang sangat panas dan lembap. Pastikan membawa topi, sunblock, dan payung karena matahari bersinar sangat terik di sini. Jangan sampai kulit Anda gosong sepulang dari Brunei karena meremehkan hal ini.
5. Mata uang Singapore Dollar (SGD) diterima sebagai alat pembayaran yang sah di Brunei. Dibandingkan membeli Brunei Dollar (BND) yang sulit dijual di Indonesia, alangkah lebih baik jika kita membeli SGD saja karena sama-sama bisa dipergunakan untuk membayar berbagai keperluan selama berada di Brunei Darussalam. Rasio perbandingan SGD dan BND adalah 1 : 1.
6. Pakailah pakaian yang sopan selama mengakses mesjid yang ada di Brunei untuk menghargai masyarakat di Brunei. Jangan lupa pelajari tata krama setempat agar tidak mendapat teguran. Mesjid di Brunei mempunyai jam berkunjung tersendiri bagi wisatawan non muslim yang ingin berkunjung. Etikanya kita tidak boleh memfoto interior mesjid, kecuali tidak ketahuan petugasnya. Hehehe…
Semoga tips dan trik yang Dreamland berikan dapat memberikan kenangan tersendiri bagi Anda selama berlibur di Brunei. Selamat berkunjung dan berwisata ke Brunei Darussalam!

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.