Thursday, May 29, 2014

Act Like Local People

Dreamland Traveller Moment


Act Like Local People
            Tatkala Dreamland berwisata di Malaysia, tak jarang Dreamland dikira orang Malaysia karena kerapkali menggunakan Bahasa Indonesia tatkala bertanya atau membayar sesuatu. Dalam Kota Kinabalu Trip misalnya, Dreamland hanya membayar tarif kompleks Tunku Abdul Rahman Park seharga RM 3 saja. Bayangkan kalau Dreamland sampai diidentifikasi turis asing harus membayar RM 10. Petugasnya pun menanyakan “you Malaysia right?” dan tidak banyak tanya langsung memberikan tarif masyarakat lokal.
            Demikian juga saat Dreamland berada pada Kuching Trip, sayangnya Dreamland keceplosan saat membayar tarif masuk Bako National Park. Jadi deh terkena tarif 20 RM sama seperti bule. Hiks… Tapi semua itu tidak terulang karena saat naik perahu, Dreamland dapat tarif masyarakat lokal, yakni 15 RM per orang dibandingkan bule 20 RM. Coba saja kalau tarif masuknya bisa dijadikan lokal, maka akan menghemat 10 RM. 
            Penting rasanya bagi kita untuk menjadi orang lokal dalam setiap wisata yang kita lakukan. Sebagai orang asing yang diidentifikasi orang lokal, kita takkan ditandai oleh orang yang berniat jahat untuk menipu kita. Tak hanya itu, tarif masyarakat lokal pun dapat kita peroleh dan tentunya menghemat biaya yang harus kita keluarkan. Masyarakat lokal pun cenderung lebih welcome dan ramah pada kita karena dianggap sesamanya.
 


            Tidak rugi rasanya menjadi seperti orang lokal karena harga barang-barang yang kita beli pun tidak akan dimark up setinggi langit, tapi disesuaikan dengan harga yang mereka berikan pada orang lokal. Kita pun jadi tahu kebiasaan dan tradisi masyarakat setempat tanpa ditutup-tutupi oleh kebohongan yang selama ini dikemas dalam bentuk tur secara elegan dan tertata dengan rapi.

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.