Wednesday, May 28, 2014

Great View, Great Iconic

Dreamland Traveller Moment


Great View, Great Iconic
            Indonesia mempunyai banyak potensi wisata alam yang unik, menarik, dan memukau. Sayangnya pemerintah yang tidak mampu mengemas potensi pariwisata ini dengan baik membuat wisata alam di Indonesia kalah pamor dibandingkan wisata alam di negara tetangga. Salah satunya adalah Kota Kinabalu. Sebagai kota yang terletak dekat dengan pantai dan gunung, Kota Kinabalu adalah kota yang sangat strategis dan mempunyai nilai tambah yang besar dalam bidang pariwisata.
            Hal ini Dreamland lihat dari pembangunan infrastruktur yang ada di Kota Kinabalu. Pemerintah membuat dermaga yang sangat apik dengan lanskap pedestrian kayu yang sangat rapi. Hal ini membuat tampilan Kota Kinabalu menjadi sangat fotogenik dan bagus untuk difoto. Berbeda dengan di Indonesia, di mana sampah dan tanaman liar menjadi pemandangan nyata yang terlihat dalam lokasi wisata yang dikunjungi. 
            Keseriusan pemerintah Malaysia inilah yang seharusnya diadaptasi oleh pemerintah Indonesia dalam mengelola pariwisata kita. Rasanya tidak hina dan membuat harga diri kita runtuh jika mengakui memang pariwisata negara jiran lebih maju dibandingkan Indonesia. Selama ini, kita terlalu percaya diri bahwa kita mempunyai segalanya, tapi segalanya itu dibiarkan begitu saja tanpa dikelola dengan benar. Akibatnya, semua wisata alam yang ada menjadi sembraut dan tidak tertata dengan rapi. Ujung-ujungnya turis ogah datang kembali ke Indonesia.
            Wisata kuliner pun ditata sedemikian rupa, sehingga pemilik usaha restoran pinggir pantai pun menjadi pusat keramaian malam di Kota Kinabalu. Kita bisa mencicipi kelezatan makanan seafood khas Kota Kinabalu dengan mudah, tanpa harus pergi ke restoran fine dining. Satu hal lagi, pemandangan kota yang bisa dilihat di Signal Hill Observatory pun dikelola secara apik, sehingga kita bisa duduk bersantai sambil melihat pemandangan Kota Kinabalu dari atas. Benar-benar patut diacungi jempol.

            Semoga saja pemerintah Indonesia yang baru bisa berbenah agar pariwisata di tanah air bisa memberikan kontribusi bagi pemasukan devisa negara kita. Ingat, great view juga harus diimbangi dengan great iconic dengan pengelolaan yang baik dari pemerintah.


~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.