Sunday, May 25, 2014

Majukan Pariwisata, Hidupkan Pengrajin

Dreamland Traveller Moment


Majukan Pariwisata, Hidupkan Pengrajin
            Tatkala Dreamland berada pada masa tunggu antara Manila Trip dan Kota Kinabalu Trip, Dreamland berkesempatan untuk mencoba bus KL Hop-On Hop-Off. Seperti biasa, bus keliling kota yang diadopsi oleh berbagai negara ini mengunjungi berbagai tempat wisata menarik yang ada di Kuala Lumpur, mulai dari KLCC, KL Tower, National Museum, National Monument, dan lain sebagainya. Hingga tiba pada pemberhentian yang unik, yakni Karyaneka.
            Pemandu bus menjelaskan fungsi tempat ini sebagai sentra kerajinan dan kain tradisional yang sangat unik dan khas dalam Bahasa Inggris. Berkat penjelasan itu pula rata-rata turis bule memutuskan untuk turun di tempat belanja pemerintah ini untuk melihat proses pembuatan kain tradisional secara langsung. Mereka tertarik dengan batik, songket, dan kawan-kawannya yang diproduksi di sini.
            Sebagai orang Indonesia, tentu fenomena ini adalah sebuah tamparan telak bagi pariwisata kita. Sebagai negara asli pencipta kain-kain tradisional tersebut, mengapa tetangga kita yang justru piawai dalam mempromosikan kain tersebut. Wajar dong kalau akhirnya satu per satu budaya kita nantinya dicaplok oleh Malaysia karena ketidakpedulian kita untuk melestarikan budaya bangsa. Harus diakui, Malaysia memang sangat pandai mengemas wisata agar terlihat kaya akan budaya dan tradisi, meskipun itu semua kepunyaan Indonesia.
            Semoga saja pemerintah kita sadar dan terbuka matanya akan hal ini. Jangan sampai pejabat negara hanya pelesiran ke luar negeri dengan alasan studi banding, tapi nyatanya tidak memberikan kontribusi apa-apa demi perkembangan pariwisata di tanah air. Mari kita galakkan pariwisata Indonesia dan hidupkan pengrajin yang ada di Indonesia agar mereka dihargai dan bisa menjadi agen penyelamat tradisi Indonesia yang sudah hampir punah dan mau dicaplok tetangga kita.

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.