Monday, May 12, 2014

Bagusnya Bahasa Inggris Pinoy

Dreamland Traveller Moment


Bagusnya Bahasa Inggris Pinoy
            Bahasa adalah alat komunikasi yang ampuh untuk menyampaikan pesan. Tak heran rasanya jika menguasai bahasa asing membuat kita selangkah lebih maju dalam menyambut persaingan di era modern dibandingkan mereka yang tidak bisa berbahasa asing. Hal inilah yang Dreamland tangkap dari keseharian masyarakat Filipina. Dreamland salut sekali dengan masyarakat Filipina yang fasih sekali berbahasa Inggris. Hampir di semua tempat, Dreamland melihat orang Filipina fasih menjawab pertanyaan Dreamland dengan bahasa Inggris.
            Wajar rasanya jika tenaga kerja Filipina sangat terpakai di luar negeri, seperti di Hong Kong, Malaysia, Singapore, dan negara lainnya karena mereka mempunyai nilai tambah dalam hal bahasa. Bahasa Inggrisnya pun sangat jelas dan diucapkan dengan aksen yang tepat, sehingga kita tidak kebingungan ketika berbicara dengan orang Filipina. Anak sekolah, petugas gereja, satpam, sampai orang-orang di jalan hampir semuanya mampu menjawab dengan bahasa Inggris.
            Seandainya saja masyarakat Indonesia pun dilengkapi dengan kemampuan berbahasa Inggris, minimal untuk percakapan sehari-hari saja. Kita takkan terlihat gagap dan gugup saat berhadapan dengan bule. Turis pun tidak merasa takut berkunjung ke Indonesia karena masih bisa berkomunikasi dengan masyarakat setempat. Satu hal lagi, di Manila turis asing tidak didiskriminasi dan diperas saat naik transportasi umum, seperti jeepney. Orang lokal bayar 8 peso, kita pun bayar 8 peso. Dreamland salut dengan pinoy!

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.