Monday, January 25, 2016

Bisu dalam Tur Mandarin di Taiwan

Dreamland Traveller Moment




Bisu dalam Tur Mandarin di Taiwan


            Bahasa adalah alat yang penting untuk berkomunikasi. Tak heran rasanya jika salah satu ketakutan banyak orang ketika berwisata ke negara lain adalah tidak bisa bahasa setempat yang asing, sehingga takut tersasar, bingung, atau ditipu orang. Sama halnya dengan Dreamland yang mengikuti tur berbahasa Mandarin ketika berada di Taiwan. Mengingat waktu kunjungan yang terbatas dan ingin kemudahan selama berwisata, jadi Dreamland mengambil tur land only. Sayangnya tur land only yang tersedia hanyalah berbahasa Mandarin. Dengan berbagai pertimbangan, akhirnya Dreamland tetap ikut tur ini.

            Begitu Dreamland masuk bus di hari pertama tur, langsung deh serasa tersesat di lingkungan yang asing ketika mendengar tur guidenya bicara dalam bahasa Mandarin. Belum lagi pesertanya semua bisa berbahasa Mandarin, kecuali Dreamland. Meskipun keturunan Tionghua, Dreamland sendiri tidak pernah belajar dan dibiasakan berbahasa Mandarin di rumah, sehingga wajar dong jika tidak bisa berbahasa Mandarin sama sekali. Untungnya ada orang Tionghua USA dalam rombongan ini, sehingga bisa membantu Dreamland menerjemahkan kata-kata tur guide dalam Bahasa Inggris.

            Alhasil sepanjang jalan saat tur guide menerangkan, Dreamland hanya bengong dan melihat pemandangan di jendela saja karena tidak mengerti apapun. Belum lagi saat tur guide menerangkan jam berkumpul atau informasi penting lain, Dreamland harus menanyakan ke peserta yang bisa bahasa Inggris agar tidak salah informasi. Mau bercanda, berdialog, atau bertanya pun jadi serba sulit karena tidak tahu bagaimana berbahasa Mandarin. Pokoknya terpaksa membisu sepanjang perjalanan dan acara tur.

            Semoga saja Dreamland segera menguasai bahasa Mandarin, sehingga tidak membisu ketika berwisata di Taiwan atau China Daratan ya!



~oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.