Thursday, January 28, 2016

Terowongan Pembelah Gunung

Dreamland Traveller Moment




Terowongan Pembelah Gunung


            Pengalaman menarik yang Dreamland alami selama berwisata di Taiwan adalah banyak terowongan yang membelah gunung. Jika biasanya terowongan di bawah gunung ini hanya berjarak maksimal 100 – 300 m, Dreamland justru merasa begitu banyak terowongan bawah gunung yang jaraknya mencapai 1 km karena tidak kunjung sampai di ujungnya. Keunikan dari terowongan bawah gunung di Taiwan adalah terdapat jalur evakuasi yang dibuat setiap sekian ratus meter dengan tanda khusus. Sungguh sebuah pembuatan jembatan yang sangat brilian.

            Satu hal yang menjadi kekaguman Dreamland adalah bagaimana cara orang Taiwan membuat terowongan pembelah gunung secara aman tanpa takut longsor atau terowongan ini ambruk akibat menahan beban gunung yang sangat berat tentunya. Tentu butuh perencanaan yang sangat matang dengan teknologi pembuatan terowongan yang canggih agar terowongan yang dibuat dapat dilalui dengan aman oleh kendaraan yang melintas. Belum lagi pembuatan jalur evakuasi yang diperhitungan secara cermat untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Hal ini membuat Dreamland salut dengan pembuat terowongan pembelah gunung ini.

Tentu dapat dibayangkan seandainya tidak ada terowongan pembelah gunung di Taiwan, maka jarak tempuh antar wilayah dapat menghabiskan waktu lebih banyak hingga belasan jam karena harus mengambil jalur memutar. Semoga saja pada saatnya nanti ada terowongan pembelah gunung di Indonesia juga agar ada beberapa jalur yang bisa dipangkas jarak tempuhnya secara efisien dan efektif, tentu dengan perencanaan yang matang.



~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.