Tuesday, March 5, 2013

Mendambakan Taman Kota yang Asri

Dreamland Traveller Moment


Mendambakan Taman Kota yang Asri
            Taman merupakan salah satu elemen penting yang kehadirannya tidak bisa dilepaskan dari sebuah kota. Selain berfungsi sebagai paru-paru kota, taman juga berfungsi sebagai sarana rekreasi, interaksi, dan olahraga yang baik bagi masyarakat yang tinggal di dalamnya. Maka dari itu, taman kota kerapkali menjadi indikator dari kesehatan dan kelestarian alam dari kota itu sendiri. 
            Dreamland Traveller sangat senang sempat singgah dan menikmati taman kota di negara tetangga, yakni Singapore dalam rangkaian Singapore Getaway Trip pada bulan Oktober 2012 lalu. Dreamland berhenti di stasiun MRT Chinese Garden dan langsung berjalan menuju taman kota yang terletak 100 meter dari stasiun MRT. Nuansa oriental langsung terasa tatkala Dreamland melangkahkan kaki masuk ke kompleks taman yang ada di Chinese Garden ini.
            Chinese Garden di Singapore ini sangat rapi, teratur, dan terawat dengan baik. Terdapat pekerja yang sedang membenahi tata letak pohon yang ada. Tak hanya itu, taman ini juga memiliki tema tersendiri yang sangat unik. Sebut saja, Bonsai, Japanese Garden, Statue, Turtoise, dan lain sebagainya. Ada juga danau buatan dengan gedung Chinese yang menyerupai bentuk pelabuhan mini yang sangat eksotis. Pemandangan yang sangat menyejukkan mata.
            Gedung tertinggi di Chinese Garden adalah sebuah pagoda yang memungkinkan kita melihat isi dari Chinese Garden ini. Taman kota ini sangat nyaman untuk digunakan sebagai sarana relaksasi dan olahraga karena udaranya yang sejuk. Dreamland betah karena Chinese Garden ini jauh dari hiruk pikuk keramaian Orchard Road dan Chinatown yang sangat ramai. Selain itu juga, tanaman dan jalan yang ada di sini sangat rapi dan teratur.
            Pada area Japanese Garden, terdapat bangunan Jepang yang menggambarkan jenis tanaman yang ada didalamnya. Selain itu, ada juga jembatan-jembatan yang sangat indah yang dapat digunakan untuk latar belakang berfoto. Dreamland juga melihat danau buatan yang dihuni oleh burung bangau yang dapat menjadi objek fotografi yang oke. Singapore memang patut diacungi jempol dalam mengelola taman kotanya dengan baik.
            Berkaca dari Chinese Garden di Singapore, Bandung sebenarnya juga memiliki taman kota. Hanya saja, keberadaan taman kota ini sendiri mulai terancam oleh keberadaan para investor yang mau mendirikan bisnis. Pemerintah yang tidak berpihak pada kesejahteraan masyarakat dan mementingkan pihak swasta membuat taman kota di Bandung menjadi semakin sempit, sumpek, dan kumuh.
            Dago Pakar merupakan salah satu taman atau bahkan hutan kota terbesar di jantung kota Bandung. Pepohonan yang ada di taman kota Bandung ini boleh dikatakan sangat lebat dan angker. Dreamland saja sedikit takut untuk mengakses lokasi ini karena jalannya seperti masuk ke hutan, serta nuansa mistisnya sangat terasa begitu kental. Apalagi adanya kehadiran Gua Jepang dan Gua Belanda semakin menambah nuansa seram taman kota yang satu ini. 
            Selain itu, Dago Pakar juga sulit diakses dengan kendaraan umum. Jarang sekali masyarakat yang mau berwisata ke lokasi ini karena jarang dibersihkan dan sangat tidak terawat. Sampah bertebaran di mana-mana, serta dedaunan menutupi jalanan seolah-olah kita sedang berada di hutan rimba. Dreamland bahkan khawatir kalau ada ular yang melintas atau binatang liar lain yang bisa mengancam keselamatan.
            Sebagai orang Bandung, Dreamland bahkan hanya pernah berkunjung sekali dan harus berpikir berulang kali untuk mengunjunginya lagi karena lokasinya yang tidak menarik dan terawat dengan baik. Sangat disayangkan padahal jika Dago Pakar bisa dikelola dan dirawat dengan baik, Dreamland yakin Dago Pakar bisa menjadi salah satu wisata alam yang ditawarkan pada turis mancanegara.
            Saat ini Dreamland mungkin hanya bisa berharap taman kota di Indonesia mampu dirawat dan dikelola dengan baik oleh pemerintah seperti Chinese Garden di Singapore. Sayang rasanya jika negara yang begitu berlimpah oleh kekayaan alam ini harus kalah oleh Singapore yang luasnya hanya sebesar Bandung, tapi mampu menampilkan taman kota yang prima dan sedap dipandang. Semoga Dago Pakar dapat direvitalisasi agar taman kota yang asri bisa segera hadir di kota Dreamland Traveller tercinta!

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.