Monday, March 11, 2013

Read The Instruction First!

Dreamland Traveller Moment


Read The Instruction First!
            Saat ini, kemajuan teknologi, informasi, dan komunikasi memungkinkan kita untuk mengenal tempat yang belum kita kunjungi secara mudah dan cepat. Tak heran begitu banyak situs di internet yang menawarkan jasa booking hotel dan penginapan dengan harga yang bisa kita sesuaikan dengan budget. Sebagai contoh, agoda.com, booking.com, dan lain sebagainya. Kita bisa memilih hotel yang kita inginkan setelah melihat harga dan fasilitas yang ditawarkan.
            Dreamland pun termasuk salah satu pengguna situs pencarian hotel tersebut. Berbekal penawaran hotel murah di booking.com dibandingkan agoda.com yang biasa Dreamland gunakan, Dreamland booking salah satu hotel yang ada di Melaka, yakni Aldy Thoo Chinatown Hotel. Saat Dreamland tiba di resepsionis hotel tersebut, awalnya semua proses berjalan dengan lancar. Namun Dreamland terkejut tatkala resepsionis menagih uang sejumlah yang ada di kertas booking.
            Apa? Dreamland mulai bingung karena situs booking.com yang Dreamland pilih telah meminta nomor kartu kredit. Bagaimana kalau Dreamland sampai membayar 2 kali biaya hotel ini? Apalagi uang yang Dreamland bawa terbatas. Lalu adu argumen pun mulai terjadi. Pihak Aldy Thoo Chinatown Hotel mengatakan bahwa booking.com mengharuskan kita membayar biaya hotel langsung di tempat. Sementara agoda.com sudah termasuk proses membayarkan hotel yang kita inapi.
            Setelah perdebatan alot selama 30 menit, Dreamland ditunjukkan sebuah syarat dan ketentuan penggunaan website booking.com yang menyebutkan bahwa kartu kredit hanya digunakan sebagai jaminan agar tamu yang sudah booking tidak walkout. Mereka akan mengenakan tarif sebesar harga kamar hari pertama sebagai jaminan agar kita menginap di hotel tersebut. Akhirnya Dreamland membayar tarif harga kamar tersebut di tempat, meskipun dalam hati masih agak mengganjal juga.
            Sebagai pengguna awam pertama kali situs booking.com, Dreamland tidak tahu sistem yang diterapkan seperti itu. Dreamland kira sistem yang digunakan sama seperti agoda.com yang sudah membayarkan tarif hotel langsung ke dalam tagihan kartu kredit. Pelajaran penting yang Dreamland dapatkan adalah baca terlebih dahulu petunjuk penggunaan setiap situs yang ada agar tidak menimbulkan kesalahpahaman nantinya.
            Begitu banyaknya situs pencarian hotel tentu memudahkan kita, hanya saja sistem yang mereka terapkan berbeda-beda, sehingga kita perlu membacanya secara seksama. Selain malu karena harus berdebat, tentu hal ini akan menghabiskan banyak waktu, bukan? Maka dari itu, penting untuk mempelajari setiap peraturan website pencarian hotel yang ada agar tidak terjadi hal serupa di kemudian hari.

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.