Tuesday, March 5, 2013

Pertolongan Pertama Saat Liburan

Dreamland Traveller Moment


Pertolongan Pertama Saat Liburan
            Siapapun pasti ingin menikmati liburan dengan baik, lancar, aman, dan menyenangkan. Hanya saja, terkadang kita menemui kejadian tak terduga di tempat wisata yang membuat perjalanan kita menjadi terhambat dan mengecewakan. Tentu pepatah “Sedia payung sebelum hujan” sangatlah patut kita pertimbangkan mengingat kita berada di tempat baru yang jauh dari rumah tercinta. 
            Dreamland akan memberikan beberapa hal yang bisa menjadi menjadi pertolongan pertama saat liburan agar liburan kita senantiasa berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan yang berarti. Payung adalah salah satu elemen yang penting dalam berwisata. Kita tak pernah tahu cuaca di esok hari karena adanya pemanasan global yang mengacaubalaukan iklim di dunia. Pastikan Anda membawa payung ke mana pun Anda pergi agar tidak terjebak hujan dan akhirnya mengharuskan Anda untuk diam berjam-jam di suatu tempat karena tidak membawa payung.
            Selanjutnya, saat Anda berwisata ke pantai, tentu menikmati pemandangan indah, berenang, serta mengikuti berbagai olahraga air menjadi aktivitas favorit yang Anda lakukan. Jangan lupakan sunblock, obat luka, dan hansaplas di tas Anda. Mungkin berjemur di pantai menjadi aktivitas yang menyenangkan, tapi tidak lagi membuat Anda senang karena sesudahnya kulit Anda akan terbakar dan menimbulkan rasa yang sangat perih. Tentu kulit yang terbakar dan lecet ini akan mengurangi kesan menyenangkan liburan Anda, bukan? Jadi pastikan bawa sunblock jika Anda berwisata ke pantai.
            Bagi Anda yang suka bermain air di pantai, menginjak batu-batuan tajam atau digigit oleh binatang laut bisa menjadi kejadian yang tak terduga. Apalagi jika benda yang terinjak tajam dan menyobek kulit, tentu hal ini akan menghambat liburan Anda. Pastikan membawa obat luka, seperti betadine dan hansaplas untuk menutup langsung luka tersebut. Cuci bekas luka dengan air mineral yang bersih terlebih dahulu agar kuman penyakit yang ada tidak menempel dan luka dapat sembuh dengan cepat.
            Para penggemar kuliner juga harus memperhatikan barang-barang penting yang dibawa agar tidak mendapat kendala berarti selama liburan. Mencicipi berbagai makanan dari berbagai belahan wilayah di Indonesia dan dunia bisa menjadi aktivitas yang mengasyikan. Tapi jika bumbu dan rasa makanan yang dicoba tidak sesuai dan memicu rasa sakit perut yang menjadi, tentu akan menjadi sebuah hambatan besar untuk melanjutkan liburan. Maka dari itu, pastikan untuk membawa obat sakit perut, obat mencret, dan obat maag bagi Anda yang menderita maag. Meskipun tidak langsung menyembuhkan, namun bisa membantu meringankan dan tidak menghambat acara liburan secara total.
            Selalu gunakan alas kaki yang nyaman selama berwisata. Jauhkan sepatu berhak tinggi dan sepatu yang tidak nyaman agar terhindar dari terkilir selama berwisata. Bayangkan saja jika kita harus menaiki gedung atau objek wisata yang tinggi, seperti Great Wall, Kek Lok Si Temple, dan lain sebagainya. Bukan saja membuat kaki kita cepat pegal dan terancam terkilir, tetapi juga mengancam keselamatan jiwa kita yang berpotensi terjatuh jika tersandung. Jadi bergayalah pada tempatnya dan pastikan kenyamanan saat sedang berwisata.
            Bagi yang mengalami gangguan penglihatan jarak jauh, lebih baik menggunakan kacamata dibandingkan lensa kontak saat berwisata. Selain lebih praktis karena tidak perlu membawa peralatan mencuci lensa dan air yang digunakan untuk membasuhnya, Anda juga menghindarkan diri dari iritasi mata yang mungkin dialami jika terkena debu yang pekat atau kelilipan. Tentu liburan yang ada menjadi tidak menyenangkan karena sibuk mencari obat mata untuk mata yang iritasi dan perih. Gunakan kacamata agar lebih aman dan nyaman, sehingga tidak merepotkan diri kita juga pada akhirnya.
            Pastikan membawa gadget yang memungkinkan kita untuk mengakses peta dan arah tujuan dalam berwisata. Hal ini akan memudahkan kita untuk menuju lokasi wisata, sekaligus menghindarkan diri kita dari penipuan orang setempat yang ingin merampas uang turis yang berkunjung ke wilayah mereka. Gadget juga akan memudahkan kita untuk mengetahui nilai mata uang yang sedang berlaku, menentukan wilayah yang akan dikunjungi beserta jaraknya, serta berkomunikasi dengan keluarga di rumah.
            Semoga pertolongan pertama yang kita siapkan pada saat liburan ini mampu menolong dan menjadikan liburan kita lebih seru, menyenangkan, dan lancar tanpa adanya gangguan yang berarti. Selamat mempersiapkan diri dalam merencanakan liburan yang oke!

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.