Monday, March 18, 2013

Saatnya Berbicara Bahasa Tarzan

Dreamland Traveller Moment


Saatnya Berbicara Bahasa Tarzan
            Berbagai buku, artikel, tips, dan tulisan tentang perjalanan atau wisata selalu mencantumkan pesan untuk mempelajari bahasa setempat sebelum kita pergi ke tempat tersebut. Pesan ini tidak berlebihan atau mengada-ada karena Dreamland mengalami sendiri betapa sulitnya berbicara dengan orang setempat ketika berlibur di Beijing alias ibukota negara Republik Rakyat China.
            Ketika itu, Dreamland sedang menginap di salah satu hotel internasional yang jaringannya sudah terkenal di seluruh dunia, yakni Hotel Mercure di Beijing. Dreamland penasaran dan ingin tahu apa saja fasilitas yang ada di hotel ini. Langsung Dreamland turun ke resepsionis dan menanyakan di manakah letak kolam renang. “Sorry, can I ask you where is swimming pool?” tanya Dreamland sambil tersenyum.
            Resepsionis itu tidak segera menjawab. Ia malah tampak kebingungan dan menunjukkan muka tanda tanya seolah berkata “Hah?”. Tak lama kemudian, ia memanggil teman sesama resepsionis lainnya untuk mendengarkan pertanyaan Dreamland. Dreamland pun mengulangi pertanyaan yang sama pada teman resepsionis ini. Eh, dia pun tampak bingung dan memanggil lagi teman-teman lainnya.
            Akhirnya, untuk menjawab pertanyaan Dreamland yang begitu simpel dan mudah itu, Dreamland harus dikerubungi oleh 8 orang petugas hotel yang semuanya tidak bisa berbahasa Inggris. Mereka menyimak pertanyaan Dreamland seolah Dreamland sedang melawak saja dengan bahasa alien yang tidak mereka mengerti. Bayangkan Hotel Mercure ini bintang empat yang jaringannya sudah internasional, tapi resepsionis dan petugasnya semuanya tidak bisa berbahasa Inggris dan hanya cas cis cus dalam bahasa Mandarin. Waduh!
            Singkat cerita, Dreamland menggunakan bahasa tarzan dengan peragaan untuk menanyakan letak kolam renang. Mereka pun masih kebingungan dan menatap Dreamland dengan aneh. Akhirnya karena capek berakting tidak juga membuahkan hasil, Dreamland cari-cari saja sendiri letak kolam renangnya. Akhirnya ketemu juga di sudut lantai dasar hotel tersebut. Entahlah bagaimana cara mereka merekrut pegawai sampai-sampai semua orang tidak bisa berbahasa Inggris.
            Bahasa Inggris memang masih menjadi bahasa internasional nomor satu di dunia. Namun sayangnya, bahasa tersebut kadang tidak berlaku di China. Hampir semua masyarakatnya seolah tidak mau tahu atau tidak pernah belajar Bahasa Inggris, sehingga Dreamland stres jika harus berbicara dengan mereka untuk bertanya-tanya. Tak ada salahnya kita mempelajari beberapa kata atau kalimat penting dalam bahasa setempat agar tidak harus menggunakan bahasa tarzan seperti yang Dreamland lakukan. Sudah berbahasa tarzan tidak mengerti pula!

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.