Thursday, August 8, 2013

Day 3 : Enjoy Splendid China and Shopping in Dong Men Market

Dreamland Traveller


Day 3 : Enjoy Splendid China and Shopping in Dong Men Market
            Setelah bersiap-siap dan sarapan pagi di hotel, Dreamland pun langsung diantar naik mini bus menuju lokasi wisata pertama di Shenzhen, yakni Jade Shop. Seperti biasa, berhubung toko giok ini adalah toko yang wajib dikunjungi oleh turis dan menjadi peraturan pemerintah mau tidak mau Dreamland harus mengikuti rangkaian acara ini. Hanya saja, turis Indonesia yang gemar berbelanja membuat acara menjadi sangat molor karena kita menghabiskan waktu hampir 2,5 jam di sini!
            Setelah melihat giok, kita diantar ke toko obat kali ini. Seperti biasa dengan penjelasan yang meyakinkan dan penuh teori ilmiah, kita diperiksa punya penyakit apa saja. Berhubung Dreamland sudah pernah melihat hal serupa di Beijing, Dreamland pun keluar dan menunggu saja di luar toko obat karena bosan. Di sini waktu yang dihabiskan pun mencapai 1,5 jam! Akhirnya setelah itu, Dreamland diantar makan siang di kawasan Splendid China. Akim memberikan pilihan apakah kita mau berbelanja di Dong Men Market atau tidak.
            Jika mau harus membayar 30 RMB sebagai ongkos transportasi, jika tidak langsung diantar beli tiket di Splendid China and China Cultural Village with Show. Berhubung semua peserta mau, otomatis kan Dreamland juga tidak enak dan harus ikut serta kalau tidak mau dibilang suka memisahkan diri. Akhirnya kami semua langsung berangkat ke Dong Men Market yang merupakan pusat perbelanjaan terbesar di Shenzhen. Kami diminta berkumpul pukul 18.00 di sini.
            Langsung setelah Dreamland menandai lokasi pertemuan dengan foto, Dreamland berjalan-jalan melintasi berbagai pertokoan di sini. Barang jualannya, antara lain koper, tas, baju, celana, dompet, suvenir, makanan, dan lain sebagainya. Pokoknya semua komplit di sini. Dreamland pun membeli beberapa barang yang dianggap penting dan berguna, serta harganya murah. Setelah jam berkumpul mendekati, Dreamland segera mencari jalan pulang dan duduk di dekat Akim.
            Nah bencana kegemaran orang Indonesia dimulai di sini. Sudah tahu Dong Men Market sangat besar dan lokasi berkumpul yang ditandai dengan KFC ini sulit ditemukan jika terlalu jauh, eh berbelanjanya malah naik ke atas tingkat. Akibatnya Akim jadi sibuk mencari-cari peserta tur yang hilang. KFC di Dong Men Market ini ada 3 buah, sehingga membingungkan siapapun yang baru pertama kali ke sini. Tak hanya itu, keterlambatan 2 peserta tur yang kesasar ini membuat kita terancam tidak menonton show. Oh My God! Sangat amat merugikan. Peristiwa ini akan Dreamland bahas lebih lanjut dalam Dreamland Traveller Moment.
            Sewaktu akhirnya proses cari mencari ini memakan waktu 2 jam usai, langsung deh 2 orang yang nyasar menangis bombay akibat takut tidak bisa pulang. Apalagi mereka akan langsung diantar menuju Hong Kong hari ini. Setelah itu, Dreamland dan rombongan pun langsung diantar kembali ke lokasi Splendid China untuk menonton show yang sudah sangat terlambat. Akim segera berlari menuju konter loket dan semua peserta tur masuk menonton show yang tinggal sepotong. Padahal jika menonton lebih awal, show ini pasti akan lebih bagus dan meriah.
            Sehabis show, Dreamland dan rombongan langsung diantar makan malam di kawasan Splendid China ini. Makanannya cukup enak dengan variasi sayur yang banyak. Setelah itu, kami langsung diantar ke bus untuk menuju perbatasan Lou Hu dan mengantar rombongan Jakarta pulang kembali ke Hong Kong. Dreamland ikut bersama rombongan Jakarta berhubung ingin berbelanja kembali terakhir kalinya di Lou Hu Market. Setelah sayonara, akhirnya Dreamland dan rombongan Jakarta berpisah.
            Dreamland pun berjalan-jalan kembali di Lou Hu Market untuk membeli beberapa barang yang belum sempat dibeli. Setelah itu, Dreamland berjalan kaki ke hotel. Nah sesampainya di hotel, kunci kamar Dreamland bermasalah. Otomatis Dreamland harus turun ke lobby untuk membenarkan kunci yang tidak mau membuka pintu kamar. Setelah diurus di lobby, ada insiden kecil yang terjadi. Century Plaza Hotel mempunyai beberapa penyambut tamu yang memakai topi. Nah salah satu dari mereka tiba-tiba masuk bersama Dreamland ke dalam lift.
            Awalnya Dreamland biasa-biasa saja. Tiba-tiba dia menggunakan isyarat dengan tangan, di mana jari telunjuk tangannya diapit dengan jari tengah dan jari telunjuk kiri kemudian dimaju mundurkan. Dreamland jadi bingung sendiri apa maksudnya. Apalagi hanya ada Dreamland dan penyambut tamu ini didalam lift. Seolah-olah dia mengatakan, “Mau ML ga?” Dreamland pikir dia menawarkan jasa plus plus perempuan di hotel, sudah jelas Dreamland tolak dong.
            Eh rupanya Dreamland salah besar, tiba-tiba saja dia menatap Dreamland dengan tatapan bernafsu sambil mengatakan, “You’re handsome Chinese. Piao Liang.” katanya seolah-olah mau menerkam Dreamland sambil memperagakan keinginannya lewat tangannya yang bergerak-gerak seperti itu. Untung saja Dreamland sudah sampai di lantai 11 dan langsung berlari kencang ke kamar. Hiiii, Dreamland trauma berat setelah digoda oleh gay yang terang-terangan mengajak ML di hotel ini. Peristiwa traumatis ini akan Dreamland bahas dalam Dreamland Traveller Moment.
            Setelah itu, Dreamland langsung beristirahat dan mempersiapkan diri untuk esok hari setelah terlepas dalam rangkaian acara tur. Agak mengecewakan tur hari ini akibat tidak on timenya rombongan kita dan insiden menakutkan yang terjadi pada diri Dreamland!

Shenzhen, China, 1 Agustus 2013

Dreamland Traveller

Catatan:
- Shenzhen menggunakan mata uang Ren Min Bi (RMB) sebagai alat transaksi yang sah.
- Nilai 1 RMB setara dengan 1.600 IDR saat Dreamland melakukan perjalanan.
- Secara umum, harga barang-barang di Shenzhen jauh lebih murah dibandingkan di Hong Kong.
- Turis Indonesia memerlukan visa untuk mengakses Shenzhen, tapi diurus dengan VoA (Visa on Arrival) maupun visa group jika Anda ikut tur.
- Sangat sulit menemukan orang yang bisa berbahasa Inggris di Shenzhen.
- Tempat wisata terkenal di Shenzhen, antara lain Windows of The World, Splendid China, Happy Valley Theme Park, dan lain sebagainya.
- Semua tempat wisata di Shenzhen sangat mudah diakses via MTR.

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment

Terima kasih dan selamat datang di Dreamland Traveller! Komentar, saran, dan pertanyaan dapat dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.